Monetisasi Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Menerapkannya

1
1377
Monetisasi Adalah

Bisnis menjadi salah satu bentuk investasi yang bisa dibilang menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Terlebih di era digital yang serba canggih seperti sekarang, bisnis berbasis daring pun menjadi kian marak. Mungkin Anda pernah mendengar istilah monetisasi saat membicarakan tentang pemasaran digital. Apa artinya?

Monetisasi adalah aktivitas yang mengubah semua hal menjadi sebuah alat untuk menghasilkan uang. Adanya monetisasi membuat Anda mampu mendapatkan uang dari konten yang berada di website Anda. Uang tersebut bisa berasal dari konten yang Anda buat dan unggah di media sosial, seperti Youtube, Facebook, TikTok, atau Instagram. 

Jadi, Monetisasi Adalah?

Singkatnya, monetisasi adalah suatu proses yang berlangsung pada suatu aktivitas yang dapat mengonversikan sesuatu sebagai uang. Adapun arti lain dari monetisasi adalah mengubah atau mengoperasikan blog yang semula hanya digunakan untuk menulis dan menyalurkan ekspresi menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan uang. 

Selain itu, monetisasi juga dapat diartikan sebagai pemanfaatan blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Akan tetapi, proses yang perlu dijalani bukan menjadi hal yang mudah. Anda harus melalui banyak cara untuk melakukan monetisasi. Misalnya dengan menjadi seorang influencer atau memasang iklan pada Google AdSense. 

Jenis Monetisasi Website Blog

Ada beberapa jenis monetisasi yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan penghasilan melalui website blog, yaitu:

Jenis pertama dari monetisasi adalah paid per click atau disingkat PPC. Jenis ini memungkinkan Anda mendapatkan uang cukup dengan satu kali klik. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memasang banner maupun iklan baris di dalam website Anda. Jadi, apabila ada pengunjung atau user yang mengklik iklan tersebut, secara otomatis Anda akan dibayar. 

Jenis monetisasi berikutnya adalah paid to click atau lebih akrab disebut PTC. Apabila PPC memungkinkan Anda mendapatkan uang dari pengunjung yang melakukan klik pada iklan yang Anda pasang di website, PTC bekerja dengan cara yang berkebalikan. Singkatnya, Anda bisa mendapatkan bayaran klik cukup dengan membuka tautan yang sudah disediakan oleh situs broker sebelumnya. 

Akan tetapi, penghasilan yang Anda dapatkan dengan metode ini cenderung lebih sedikit daripada metode PPC. Ini karena adanya batasan yang diberlakukan dalam mengklik tautan. 

Ada pula paid per survey atau PPS yang merupakan jenis monetisasi yang cukup populer. Cara ini berarti Anda hanya bisa mendapatkan bayaran setiap kali melakukan survei. Jadi, Anda wajib menjadi responden dan melakukan pengisian survei di website milik broker. Setelahnya, barulah Anda bisa mendapatkan bayaran.

Pilihan berikutnya ada paid per review atau PPR yang berarti mendapatkan bayaran setelah melakukan  ulasan review dari suatu produk atau jasa. Setelahnya, Anda diwajibkan memasang sebuah tautan dengan memakai anchor text, barulah Anda bisa mendapat bayaran. 

Bisa dikatakan, PRR menjadi jenis monetisasi yang tercepat untuk mendapatkan uang. Namun, syarat yang harus dipenuhi adalah Anda harus memiliki blog sendiri. Tak hanya itu, blog Anda harus populer dan sudah punya pagerank atau Alexa Rank dengan angka yang sangat tinggi. 

Baca juga: Digital Marketing: Pengertian, Kelebihan, Jenis, dan Strategi

Cara Penerapan Monetisasi Website Blog

Lalu, bagaimana menerapkan monetisasi dalam website blog Anda supaya bisa mendapatkan penghasilan? Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba:

Menjual Produk

Sebuah blog tentu berisi konten-konten pilihan yang Anda buat. Namun, ternyata konten juga bisa menjadi sarana menjual produk terbaik yang bisa Anda pilih. Terlebih jika konten Anda sudah memiliki banyak pengikut, tentu Anda bisa berfokus pada penjualan produk berdasarkan tema tertentu.

Melakukan Afiliasi

Penerapan selanjutnya dalam monetisasi adalah melakukan afiliasi. Ini menjadi salah satu cara pemasaran secara daring yang cukup populer karena bisa membantu menghasilkan pendapatan dan mudah dilakukan. Tentunya, afiliasi bisa menjadi cara untuk monetisasi pada blog yang cukup efektif. 

Sederhananya, afiliasi dilakukan dengan cara mengiklankan produk milik orang lain melalui referensi tautan yang ditaruh dalam konten blog Anda. Jadi, setiap kali terjadi transaksi melalui tautan tersebut, Anda akan mendapat komisi dari penjual. 

Menggunakan Google AdSense

AdSense merupakan platform beriklan yang dioperasikan Google. Jika Anda memanfaatkan platform ini, Anda dapat menaruh iklan banner di mana pun di blog Anda. Setiap ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan tersebut, Anda akan mendapatkan bayaran. Jadi, monetisasi adalah cara mendapatkan penghasilan melalui website. Namun, Anda pun bisa melakukannya pada akun sosial media, seperti Youtube maupun Facebook. Selamat mencoba!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.