Membuat Brand Atau Menjadi Reseller, Mana yang Lebih Menguntungkan?

0
898
Membuat Brand Atau Menjadi Reseller

Ada banyak cara untuk menjalani bisnis di era yang serba canggih ini. Bisa menjadi reseller dengan menjual kembali produk orang lain, ataupun membuat brand mu sendiri. Untuk menentukan mana yang lebih cocok untukmu, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari keduanya

1. Menjadi Reseller

Reseller adalah orang yang menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi. Dengan menjadi reseller, kamu tidak perlu pusing memikirkan pembuatan produk dan juga tidak perlu repot memikirkan inovasi dan perubahan terhadap produk. Kamu juga bisa menentukan stok sesuai modal yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya produksi. Kamu bisa mendapatkan keuntungan secara langsung tanpa harus memikirkan biaya lain-lain seperti produksi, packaging, dan sebagainya.

Meski begitu, ada beberapa kekurangan menjadi reseller, misalnya kamu tidak bisa mengubah harga karena harus mengikuti ketentuan supplier. Kamu juga tidak bisa berinovasi atau melakukan perubahan bentuk produk. Kualitas produk menjadi hal yang tidak bisa kamu kontrol, bisa saja barang yang kamu terima kurang memenuhi standar. Kekurangan lainnya adalah jumlah stok barang yang tidak bisa kamu prediksi.

2. Membuat Brand Sendiri

Membuat brand sendiri berarti kamu perlu memikirkan dari hulu ke hilir mengenai produk yang hendak dipasarkan. Kelebihan membuat brand sendiri adalah kamu memiliki hak penuh terhadap produk yang dijual sehingga kamu bisa menuangkan kreatifitas ke konsep produk dan penjualan. Kamu juga bisa merubah dan memberikan inovasi kepada produk kapanpun sesuai keinginan. Kamu juga mungkin memiliki pelanggan sendiri yang sesuai target marketmu.

Sementara kekurangan membuat brand sendiri adalah kamu membutuhkan relatif lebih banyak waktu, tenaga, dan uang untuk melakukan riset. Selain itu kamu juga perlu berusaha membangun brand hingga dikenal masyarakat. Kamu juga harus melakukan pengaturan produksi dan terdapat kemungkinan barang yang tidak lolos quality control sehingga tidak layak jual.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut