Fenomena Manusia Virtual di Tiongkok

0
576
Fenomena Manusia Virtual di Tiongkok

Dari customer service hingga industri hiburan, banyak perusahaan di Tiongkok mulai menggunakan manusia virtual sebagai pengganti manusia. Baidu, perusahaan raksasa teknologi Tiongkok, juga mengklaim bahwa produksi manusia virtual meningkat sebanyak dua kali lipat sejak tahun lalu. Lalu apa itu manusia virtual dan berapa harganya?

Manusia virtual adalah kombinasi dari animasi, teknologi suara, dan pembelajaran mesin yang menciptakan manusia digital yang dapat bernyanyi dan bahkan berinteraksi dalam siaran langsung. Di Tiongkok sendiri, pembeli manusia virtual didominasi oleh media pemerintah, perusahaan jasa keuangan, dan pariwisata lokal. Tujuan manusia virtual sendiri adalah untuk menghasilkan konten melalui content creator atau influencer yang bebas dari skandal. Dalam 1 tahun terakhir, 36% konsumen sudah menonton pertunjukan dari influencer virtual atau selebriti digital.

Industri manusia virtual diharapkan terus tumbuh 50% setiap tahunnya hingga 2025, dan diperkirakan akan bernilai Rp112 triliun pada tahun tersebut. Dengan kemajuan di bidang teknologi, biaya produksi manusia virtual menurun sekitar 80%. Biaya pembuatan manusia virtual 3D adalah sebesar ¥100.000 atau sekitar Rp223 Juta, sementara manusia virtual 2D adalah sebesar ¥20.000 atau sekitar Rp45 Juta. Pada Agustus 2022, pemerintah Beijing menyatakan rencana untuk membangun industri manusia menjadi industri yang bernilai lebih dari ¥50 miliar atau sekitar Rp113 triliun pada 2025

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut