Perkembangan Katalog hingga Muncul E-Katalog!

0
87
Katalog Adalah

Katalog adalah daftar yang memuat nama suatu benda sekaligus informasi yang terkait dengan benda tersebut. Informasi dalam katalog disusun secara teratur dan berurutan untuk memudahkan orang lain untuk melihatnya. Katalog barang biasanya dilengkapi dengan spesifikasi dan harga jualnya.

Katalog yang umum dikenal adalah katalog manual yang dicetak dalam berbagai bentuk. Ada katalog yang berbentuk seperti lembaran, ada pula yang dibuat dalam bentuk buku. Semakin banyak produk yang dijual, semakin besar pula ukuran katalog. Ini berarti biaya membuat katalog juga akan semakin mahal.

Perkembangan Katalog Menjadi E-Katalog

Katalog adalah alat yang dibuat untuk menjadi promosi produk kepada target yang dituju. Katalog manual disebar dengan berbagai cara. Ada yang membagikan katalog secara langsung kepada end user, ada juga yang meletakkan katalog di tempat tertentu. Pembagian katalog seperti ini kini dianggap kurang efektif karena tidak mencapai sasaran.

Selain itu, biaya membuat katalog tidak murah. Apabila feedback yang diperoleh tidak berbanding lurus, perusahaan hanya mengeluarkan uang secara sia-sia. Masalah lain pada katalog adalah memiliki waktu expired sehingga harus diperbaharui terus-menerus.

Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah membuat e-katalog. Secara umum, fungsi e-katalog sebenarnya sama dengan katalog adalah mempromosikan produk. Hanya saja, e-katalog merupakan katalog yang dibuat dalam bentuk elektronik dan dapat diakses secara online. Kehadiran e-katalog membuat kegiatan promosi produk lebih efisien dan optimal.

Mengenal Keunggulan E-Katalog

Dibandingkan katalog, e-katalog memiliki sejumlah keunggulan yang menguntungkan, baik bagi konsumen maupun pengusaha. Apa saja di antaranya?

Mudah Diakses

Bayangkan jika Anda adalah konsumen yang ingin berbelanja di sebuah toko dan ingin mengetahui jenis produk yang tersedia beserta harganya. Jika toko tersebut hanya memiliki katalog manual, Anda tentu harus datang langsung untuk mendapatkannya atau mencarinya di tempat yang menyediakan katalog tersebut.

Berbeda halnya jika toko juga memiliki e-katalog yang bisa diakses secara online. Dengan mudah, konsumen bisa mengecek ketersediaan produk secara real time dan membandingkan harga produk yang satu dengan yang lain secara mudah. Kemudahan ini secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap penjualan.

Bisa Langsung Update

Karena faktor tertentu, harga suatu barang bisa naik dan turun. Ada yang terjadi secara mendadak, misalnya pada barang-barang kebutuhan utama dan stok sedikit. Dalam kondisi ini, pengusaha harus sigap mengubah harga barang pada katalog supaya calon pembeli mengetahuinya.

Perubahan tersebut dapat dilakukan secara langsung pada e-katalog tanpa mengubah keseluruhan informasi. Anda juga tidak perlu menunggu hingga waktu expired seperti pada katalog manual untuk melakukan perubahan. Hal ini membuat perusahaan lebih fleksibel dan taktis sehingga peluang untung lebih besar.

Baca juga: Kenali 6 Investasi Aman dan Menguntungkan Bagi Pemula

Informasi Lebih Transparan

Dengan e-katalog, informasi mengenai produk bersifat lebih transparan. Hal ini berpengaruh saat perusahaan menjadi partner pengadaan barang bagi lembaga atau organisasi tertentu. Dengan nilai yang tertera secara jelas, proses pengadaan barang akan berlangsung dengan transparan.

Melalui e-katalog, pengusaha juga dapat menyertakan informasi yang lebih detail pada penjelasan produk. Dengan demikian, calon pembeli dapat mengenal produk secara lengkap sebelum memutuskan untuk membelinya. Hal ini akan membuat tingkat kepuasan pembeli lebih naik lagi.

Menjangkau Pasar Lebih Luas

Keunggulan lain e-katalog adalah dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan menggunakan jaringan internet, e-katalog bisa disebar ke berbagai penjuru tanpa terbatas jarak dan waktu. Setiap orang yang terhubung dengan internet dapat mengakses informasi produk pada e-katalog kapan saja dan di mana saja. Keunggulan ini membuat perusahaan berpeluang meraih penjualan yang lebih tinggi. 

Biaya Lebih Murah

Untuk membuat katalog fisik, pengusaha perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Berbeda halnya dengan e-katalog yang bisa diubah dengan mudah tanpa harus mencetak ulang. Efisiensi biaya ini akan membuat pengeluaran perusahaan lebih hemat, tetapi dengan hasil yang lebih optimal.

Jadi, perkembangan zaman membuat katalog kini beralih bentuk menjadi e-katalog. Adanya e-katalog juga lebih memenuhi kebutuhan konsumen karena mudah diakses dan lebih detail. Ini merupakan langkah yang penting bagi kemajuan perusahaan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]