Inspirasi dari Generasi X yang Melirik P2P Lending

0
314

Berangkat dari rasa ingin tahu dan ingin mendapatkan pendapatan tambahan tanpa mengganggu jam kerja, Pramana Sukmajati mencari-cari alternatif pengembangan dana. Maklum, pria generasi x ini dididik sebagai tenaga siap kerja, baik perusahaan swasta maupun pemerintah sehingga pendapatan bulanan akan segitu-gitu saja.

Kini, Pramana meski sibuk memimpin sebuah perusahaan tetapi tetap bisa mendapatkan passive income yang memuaskan. Bahkan total pendapatan bunga bersih selama menjadi pemberi dana pinjaman (lender) di Akseleran sudah lebih dari Rp40 juta. Bagaimana cerita dibalik kesuksesan Pramana?

Berikut kutipan hasil wawancara Pramana Sukmajati selaku Lender Akseleran bersama Rimba Laut selaku Senior Vice President Corporate Communication Akseleran dalam program Special Guest yang berjudul “Generasi X yang Melirik P2P Lending” berikut ini:

1. Bagaimana awal mula perkenalannya dengan Akseleran?
Saya pertama kali mengenal Akseleran dari adik-adik Saya. Kebetulan sedang berbincang-bincang sekitar 2 tahun lalu, dan ketika itu Saya aktif mencari cara mengembangkan dana yang “nyantai”, yang akhirnya menemukan beberapa platform dan adik Saya merekomendasikan Akseleran. Lalu Saya rasa perlu riset apakah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)? Ketika itu sudah berizin dan terdaftar oleh OJK. Kemudian, setelah melihat interfacenya, akhirnya Saya memutuskan worth to try, tetapi secara bertahap. Setelah Saya melihat performanya bagus dan sesuai dengan yang Saya bayangkan, jadinya Saya masuk ke Akseleran.

2. Pengalaman paling berkesan selama jadi Lender di Akseleran?
Paling utama bagi Saya adalah user interface dan keterbukaan informasi. Saya paling cocok dengan Akseleran karena Saya pernah coba dengan platform lain, tapi Akseleran yang paling pas dengan yang Saya inginkan, seperti informasi yang disampaikan cukup detail, siapa borrowernya. Performa dia punya perusahaan dan bisa liat kinerja keuangannya serta return yang ditawarkan lalu model pembayarannya. Bahkan tenor hingga agunannya. Tak kalah penting, sekarang adanya proteksi asuransi, apalagi sekarang proteksi asuransi dari 85% menjadi 90% saat ini.

Hal yang cukup penting juga adalah adanya riwayat si borrower melakukan peminjaman di Akseleran, dan performa pengembalian dananya. Itu yang menurut Saya menarik dan cukup memuaskan keingintahuan Saya. Sehingga Saya bisa melacak dan memantau progres setiap dana yang Saya pinjamkan,

Saya akui memang dalam pendanaan ada beberapa kali borrower telat, tapi yang Saya suka dari Akseleran selalu menginformasikan baik melalui email maupun aplikasi, serta menjelaskan apa yang akan dilakukan agar dana kembali dan apa yang sedang Akseleran lakukan, jadi informasi itu yang menurut Saya menarik dan penting. Seiring waktu, saya terus melakukan top up dan Saya merasa yakin.

Di sisi lain, Saya juga running company, jadi Saya tahu performa perusahaan tergantung pada banyak hal, dan ketika Saya melakukan sendiri di perusahaan ada banyak risiko yang Saya hadapi, tapi jenis pengembangan dana seperti ini menurut Saya memangkas semua effort Saya, dibandingkan Saya melakukan sendiri. Dengan masuk ke Akseleran kita punya risiko yang lebih kecil karena ada yang memantau dan menjaga dana kita yakni tim Akseleran. Jadi hal-hal ini yang membuat Saya merasa terpuaskan mengembangkan dana di Akseleran.

Saksikan Juga:
26 Tahun Nilai Pendanaan Miliaran Rupiah
2 Tahun Jadi Lender Akseleran 0% NPL

3. Berapa total pendapatan bunga bersih yang sudah Anda terima?
So far Saya happy, Saya masuk 23 desember 2018 kemudian dari sisi pendanaan sudah mencapai ratusan juta selama hampir 2 tahun dengan sudah lebih dari 300 pinjaman yang diberikan dan mayoritas beragunan invoice financing. Total pendapatan bunga bersih sebesar Rp40.255.975 dengan rata-rata tenor pinjaman yang Saya pilih sekitar 4 bulan.

4. Seberapa penting bagi Anda melakukan pengembangan dana di Akseleran?
Generasi Saya sebenarnya dididik untuk menjadi karyawan yang disiapkan untuk bekerja di perusahaan atau pemerintahan. Tetapi kalau kita hanya bersandar pada 1-2 sumber pendapatan tentu kita cukup “berat” ya, karena kita mengenal seberapa besar kebutuhan kita.

Maka dengan adanya platform seperti Akseleran memberi peluang yang sangat bermanfaat untuk generasi Saya agar bisa merancang masa depan lebih luas. Dengan opsi ini, kita bisa mendapatkan sumber pendapatan lain yang pasif income, dan bayangan masa depannya jadi luas tidak hanya terbatas pada aktif income atau tempat kita bekerja.

5. Apa yang akan Anda sampaikan ke orang lain tentang Akseleran?
Saya akan bilang Akseleran adalah salah satu sumber pengembangan dana yang efektif dan bisa disesuaikan dengan tipe pribadi masing-masing. Tetapi tergantung karakter masing-masing. Mengingat jenis pengembangan dana yang lain mungkin memiliki risiko cukup besar, contoh seperti saham, saham memang menjanjikan tingkat pengembalian yang tinggi tapi risiko yang dihadapi juga tinggi.

Tetapi jenis pengembangan dana di Akseleran bisa dikatakan tidak setinggi saham, tapi membuat kita lebih tenang. Maka ini bisa dijadikan sumber teknik pengembangan dana yang relatif terukur dan tetap bisa dikerjakan dengan menyesuaikan keseharian kita meski kita masih berstatus bekerja di perusahaan. Saya sendiri baru mengakses Akseleran ketika malam atau ketika sarapan, jadi bisa disesuaikan dengan gaya kita sendiri, kalau saham kita harus aktif di saat jam kerja. jadi akan sangat sulit untuk memecah konsentrasi. Nah kalau Akseleran bisa jam berapapun kita mau.

Maka bagi yang belum bergabung dengan Akseleran lalu ingin mencobanya, silakan. Mengingat Akseleran adalah alternatif untuk pengembangan dana. Tetapi balik lagi ke pribadi masing-masing, apakah ingin memanfaatkan atau tidak, tetapi Saya pribadi sudah melakukannya sejak hampir 2 tahun lalu. Pertama kali gabung, Saya juga tidak langsung total, tetapi karena dari karakter Saya yang main aman dan Saya sudah mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, akhirnya saat ini Saya sudah “total”. Tetapi balik lagi ke pribadi masing-masing, setiap orang memiliki pilihan.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]