Apa Sih yang Dimaksud Ekonomi Mikro?

0
79
Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro merupakan sebuah ekonomi yang khusus mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan dengan penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual belikan. Hal ini juga secara langsung akan berpengaruh terhadap pengambilan suatu keputusan dalam penawaran maupun permintaan barang atau jasa.

Dari definisi tersebut hal tersebut bertujuan bagi sebuah perusahaan yaitu menganalisa pasar dan bagaimana mengatur sebuah mekanisme untuk membentuk harga produk maupun jasa. Selain dari tujuan itu, ekonomi mikro juga memiliki beberapa komponen dalam bisnis.

3 Komponen Penting Ekonomi Mikro dalam Bisnis

Dengan 3 komponen utama ini biasanya diterapkan dalam bisnis diantaranya: 

  • Interaksi dalam Pasar Barang

Perekonomian terdiri dari berbagai pasar salah satunya yaitu pasar barang. Penjual dan pembeli biasanya membuat sebuah kesepakatan harga dalam interaksi pasar barang.

Ekonomi mikro ini cukup penting perannya untuk mendalami interaksi yang terjadi di pasar dimana secara lebih jauh dapat mempengaruhi kebijakan pengambilan keputusan terkait harga produk dalam perusahaan.

  • Kebiasaan dari Penjual dan Pembeli

Kebiasaan dari penjual dan pembeli merupakan komponen penting dalam ekonomi mikro, hal ini berkaitan dengan munculnya perilaku produsen dan konsumen di pasar dengan tujuan yang berbeda-beda. 

Karenanya dari komponen ini perlu membahas bagaimana seorang konsumen harus memenuhi kebutuhannya dengan pendapatan yang dimiliki, sedangkan untuk produsen dapat berupaya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

  • Interaksi dalam Pasaran

Adanya interaksi konsumen dan produsen yang saling melibatkan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, modal maupun kewirausahaan.

Landing Page Ebook

Peran Ekonomi Mikro dalam Bisnis

Komponen-komponen tersebut cukup penting perannya dan beberapa komponen tersebut dapat diterapkan dalam bisnis. Selain komponen, ekonomi mikro juga memiliki beberapa peran dalam bisnis seperti:

  • Membuat Kebijakan

Salah satu peran ekonomi mikro ini adalah dengan menjadi sebuah pondasi untuk membuat kebijakan perusahaan dalam pengelolaan sumber daya seperti mengelola harga dan upah. Adanya kebijakan dalam perusahaan juga dapat menjadikan perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang strategis dan inovatif.

  • Menyusun Prediksi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dari beberapa komponen yang disebutkan salahnya satunya adalah sebagai sumber informasi interaksi dalam pasar. Sehingga dengan adanya ekonomi mikro, maka perusahaan tersebut dapat menyusun strategi serta memprediksi jalan kedepan perusahaan tersebut.

Arti prediksi di sini adalah kemungkinan yang akan terjadi di pasar, salah satu contohnya perubahan terkait trend produk.

  • Memahami Perilaku Konsumen

Secara tidak langsung peran ini akan sangat terlihat apabila perusahaan dapat mengerti kemauan dan kebutuhan dari konsumen. Karenanya, tentu saja ini akan berpengaruh terhadap kemampuan produk atau jasa yang dapat bertahan di pasar.

  • Mengetahui Perputaran Barang

Ekonomi mikro ini dapat menjadi sebuah alat untuk mengetahui perputaran produk. Apabila ingin bertahan di pasar, maka perusahaan tersebut dapat mengawasi produk yang dipasarkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecurangan yang dapat terjadi.

  • Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Produktivitas sebuah perusahaan akan dapat tercapai apabila ada dorongan dari berbagai aspek seperti dengan SDM yang berkualitas, produk yang lebih terjamin dan lainnya. Sehingga dengan meningkatnya produktivitas, tentu akan berbanding dengan meningkatnya keuntungan perusahaan dengan lebih optimal.

Dari pembahasan mengenai komponen serta peran yang dimiliki ekonomi mikro untuk bisnis, membuktikan bahwa ekonomi mikro memiliki banyak manfaat untuk perekonomian.

Bantu Usaha Mikro dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran, Hanya Mulai dari Rp100 ribu!

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi (+62812-9799-7917) dan (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here