Bruto: Pengertian, Manfaat, dan Fungsi

0
11703
Bruto Adalah

Tentunya Anda sudah akrab dengan istilah bruto. Itu karena bruto adalah istilah yang sering dijumpai dalam dunia perhitungan, seperti matematika dan ekonomi. Jika berbicara soal bruto di bidang matematika, istilah ini sering disebut-sebut bersama dengan netto dan tara.

Jika ditilik sisi segi ekonomi, bruto digunakan sebagai tolok ukur perkembangan ekonomi negara. Pendapatan nasional yang diperoleh negara dipengaruhi oleh segala kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh penduduk. Maka dari itu, dibutuhkan alat ukur yang disebut Produk Domestik Bruto (PDB) dan Produk Nasional Bruto (PNB).

Lalu, apa pengertian, manfaat, dan fungsi dari bruto? Mari simak penjelasan ringkasnya di bawah ini!

Apa Itu Bruto?

Secara umum, bruto adalah berat kotor. Anda pasti sering melihat tulisan netto di balik kemasan produk, bukan? Netto hanyalah berat bersih atau bobot isi. Sementara itu, tara merupakan berat kemasan produk. Jika netto dan tara dijumlahkan maka akan menghasilkan bruto.

Adapun istilah PDB dan PNB di bidang ekonomi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Gross Domestic Product atau Produk Domestik Bruto adalah total nilai barang dan jasa yang dihasilkan dalam periode tertentu dan dalam suatu wilayah. Beberapa faktor yang dipakai untuk menghitung GDP, antara lain, nilai impor, nilai ekspor, konsumsi oleh pemerintah, konsumsi investor, konsumsi perusahaan, upah, nilai sewa, bunga modal, dan profit.

PDB terdiri dari dua jenis, yaitu harga tetap dan harga berlaku. PDB riil atau harga tetap berarti jumlah keseluruhan harga barang yang diproduksi sebuah negara dan dinilai menurut harga yang berlaku di periode tertentu. Sementara itu, PDB nominal atau harga berlaku memiliki pengertian yang hampir sama dengan jenis riil, tetapi dinilai berdasarkan harga yang berlaku ketika penilaian dilaksanakan.

Berikutnya, Gross National Product atau Produk Nasional Bruto adalah keseluruhan nilai dari barang dan jasa yang diproduksi oleh penduduk dalam negeri maupun luar negeri. PNB diukur dengan beragam faktor, seperti PDB dan produk domestik yang dihasilkan oleh WNA serta WNI.

Manfaat dari Bruto

  • Memperhitungkan laju perkembangan ekonomi suatu negara

Manfaat yang pertama dari bruto adalah sebagai alat ukur pertumbuhan ekonomi nasional. Berkat perhitungan bruto, suatu negeri dapat menganalisis berbagai data demi mengoptimalkan faktor-faktor tertentu. Semua itu dilakukan supaya mencapai kemajuan negara.

  • Mengetahui struktur perekonomian nasional

Suatu negara dapat mengkaji hasil bruto lebih lanjut agar dapat mencermati struktur perekonomian nasional. Dengan begitu, pemerintah akan lebih mudah memperbaiki sektor-sektor dalam negeri.

  • Memudahkan dalam membandingkan ekonomi antarnegara

Masing-masing negara di dunia memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri. Berkat adanya bruto, kedua poin tersebut dapat lebih mudah dibuktikan. Semakin tinggi nilai PDB sebuah negara maka semakin unggul pula dibandingkan negara lain. Saat ini pun telah dikenal G7 dan G20, yaitu kumpulan negara dengan kekuatan ekonomi terbaik di dunia.

  • Memudahkan pemerintah dalam merumuskan kebijakan

Setiap kebijakan yang diambil pemerintah haruslah didukung dengan landasan yang kuat. Apabila sampai mengambil tindakan tanpa mengandalkan data yang akurat, risiko kegagalan kebijakan bisa saja terjadi. Angka bruto yang tinggi menunjukkan seberapa besar angka produksi serta tingginya daya beli masyarakat.

Baca juga: Mengenal Istilah-istilah dalam Dunia Investasi

Apa Fungsinya?

  • Indikator kegiatan produksi

Bruto berfungsi sebagai alat penghitung nilai tambah dari semua kegiatan produksi. Itu artinya, bruto dapat menunjukkan tingkat balas jasa terhadap faktor-faktor produksi.

  • Indikator jumlah produk dalam periode tertentu

Fungsi berikutnya dari bruto adalah sebagai tolok ukur total nilai barang dan jasa yang dihasilkan dalam kurun waktu tertentu. Fungsi ini tidak termasuk perhitungan untuk periode sebelumnya. Dengan demikian, perbandingan untuk masing-masing periode menjadi lebih mudah.

  • Alat ukur efektivitas kebijakan negeri

Bruto juga berfungsi sebagai pengukur efektivitas kebijakan yang diciptakan oleh pemerintah. Hal ini bertujuan agar perekonomian domestik dapat berjalan lebih lancar.

Sekian pembahasan mengenai pengertian, manfaat, serta fungsi dari bruto. Bruto adalah alat ukur yang penting bagi banyak hal, terutama di bidang perekonomian negara. Oleh karena itu, sangat perlu mempelajari seluk-beluknya dengan cermat. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]