Memiliki Banyak Biaya Tak Terduga? Ini 5 Cara Mengatasinya!

0
437
Biaya Tak Terduga

Hidup memang tidak selalu berjalan mulus. Ada saatnya ketika harus menghadapi sesuatu yang di luar rencana. Hal ini termasuk kejadian-kejadian yang menuntut Anda untuk mengeluarkan biaya yang tidak disangka-sangka. Nominalnya pun beragam, sesuai dengan jenis permasalahannya. Walau seandainya hanya butuh biaya yang tak terlalu besar pun, dampak yang dihasilkan bisa jadi besar.

Nah, bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan biaya tak terduga? Berikut kami uraikan 5 masalah beserta solusinya. Mohon disimak baik-baik!

  • Perjalanan mendadak

Perjalanan dadakan bisa jadi sumber biaya tak terduga. Baik itu perjalanan untuk menghadiri pernikahan saudara di luar pulau maupun acara pemakaman sanak saudara, perjalanan mendadak bisa membuat pengeluaran membengkak. Belum lagi, jika keuangan bulan ini sedang menipis.

Ada beberapa cara untuk mengatasinya jika memang tidak bisa untuk mengabaikan masalah tersebut. Pertama, menggunakan kendaraan yang tepat. Jika memang Anda bisa bepergian menggunakan kendaraan darat seperti bus dan mobil, sebaiknya hindari membeli tiket pesawat. Jika memang harus menaiki pesawat, carilah tiket yang paling terjangkau. Jangan lupa siapkan perbekalan sendiri untuk mengurangi pengeluaran berlebih. Lalu, apabila harus menginap, pilih kamar penginapan yang sedang diskon dengan mencari secara online.

  • Pengobatan

Perawatan kesehatan, seperti pemeriksaan, obat-obatan, dan penyakit ringan, adalah hal yang dapat diprediksi. Namun, bagaimana dengan kecelakaan atau gejala penyakit kronis? Tentunya, itu sudah lain cerita. Dalam situasi ini, Anda harus menahan rasa sakit, stres karena beban pikiran tentang hidup dan mati, sekaligus bergegas mendapatkan perawatan.

Biaya tak terduga terkait kesehatan bisa diatasi dengan asuransi. Siapa pun membutuhkan asuransi kesehatan untuk menghindarkan dari pengeluaran yang membengkak sekaligus memperoleh biaya darurat. Asuransi memang tampaknya tidak murah. Namun, membayar premi per bulan lebih baik daripada Anda harus membayar tagihan rumah sakit yang langsung membengkak. Selain itu, bisa juga menggunakan jaminan kesehatan yang telah disubsidi oleh pemerintah.

  • Perbaikan kendaraan

Perbaikan kendaraan memang bisa diprediksi, misalnya, saat ingin mengganti ban atau oli baru. Anda dapat merencanakan hal tersebut jauh-jauh hari supaya kendaraan tetap bisa beroperasi dengan lancar. Namun, biaya tak terduga juga bisa mengintai. Apa yang bisa diprediksi dari sebuah kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan rusak parah? Tentu saja tidak bisa, bukan?

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan asuransi yang berlaku untuk kendaraan rusak akibat kecelakaan. Jika kerusakan terlalu parah, sebaiknya belilah mobil baru yang lebih murah atau mobil bekas. Lalu, apabila memiliki kendaraan di bawah tiga tahun, biasanya ada garansi yang menjaminnya. Sementara itu, bagi pemilik kendaraan lawas, tidak masalah menggunakan asuransi karena biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar.

Baca juga: Macam Macam Asuransi Yang Berkembang di Indonesia

  • Perbaikan rumah

Seperti halnya kendaraan, rumah memiliki estimasi pengeluaran yang pasti. Itu karena Anda mengetahui bagian apa saja yang harus dikerjakan. Namun, bagaimana jadinya jika rumah mengalami kerusakan akibat bencana alam? Pastinya kejadian ini tak dapat diprediksi.

Anda dapat memanfaatkan asuransi properti sebagai solusi. Biasanya, kebijakan asuransi ini menyangkut kerusakan akibat api, angin, badai, dan petir. Selain itu, tambahkan asuransi bencana alam jika memang tinggal di daerah yang rawan.

  • Hadiah

Terakhir, ada pula biaya tak terduga berupa pemberian hadiah untuk acara tertentu. Misalnya, pesta pernikahan, kelahiran bayi, atau pensiunan. Bisa jadi, sulit untuk menghindari hal ini, terutama apabila orang yang memiliki acara tersebut sangat dekat dengan Anda. Beli hadiah yang sudah jadi bisa sangat mahal dan merogoh kocek sangat dalam.

Jika memang perlu memberikan hadiah, ada beberapa tips yang dapat dicoba. Pertama, buatkan hadiah buatan tangan sendiri. Homemade gift akan sangat berkesan di mata penerima hadiah karena menunjukkan kerja keras dan waktu yang dihabiskan untuk membuatnya. Selain barang, Anda juga bisa memberi hadiah berupa jasa. Contohnya, jika ingin menghadiahkan lansia, Anda bisa membantu membersihkan dan mempercantik kebun belakang miliknya.

Itulah uraian tentang 5 cara mengatasi biaya tak terduga yang perlu Anda ketahui. Sekarang tidak perlu khawatir lagi ketika harus menghadapi masalah-masalah seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, Anda dapat meminimalkan risiko-risiko yang bisa saja terjadi. Semoga informasinya bermanfaat dan salam sukses!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 18% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]