Apa Keuntungan bagi Investor yang Mengikuti IPO?

0
332
Apa Keuntungan bagi Investor yang Mengikuti IPO?

Initial Public Offering (IPO) merupakan momen penting bagi sebuah perusahaan ketika sahamnya pertama kali ditawarkan kepada publik. IPO menjadi kesempatan bagi investor untuk memperoleh saham perusahaan tersebut sebelum sahamnya diperdagangkan secara luas di pasar sekunder. Lalu apa saja manfaat bagi investor yang mengikuti IPO?

1. Potensi Pertumbuhan Nilai Saham

Salah satu keuntungan utama bagi investor dalam mengikuti IPO adalah potensi pertumbuhan nilai saham. Ketika sebuah perusahaan baru meluncurkan IPO, biasanya ada minat yang besar dari para investor untuk membeli sahamnya. Jika perusahaan tersebut berhasil dan nilainya terus meningkat, investor yang membeli saham di awal dapat memperoleh keuntungan yang signifikan ketika mereka menjual saham tersebut di masa depan.

2. Akses ke Perusahaan yang Prospektif

IPO memberikan kesempatan kepada investor untuk memiliki saham perusahaan yang prospektif. Biasanya, perusahaan yang akan melakukan IPO telah melewati tahap pertumbuhan awal dan menunjukkan potensi pertumbuhan yang baik. Dengan mengikuti IPO, investor memiliki kesempatan untuk berinvestasi pada perusahaan yang dianggap memiliki prospek cerah di masa depan.

3. Likuiditas Investasi

Mengikuti IPO memberikan investor akses ke likuiditas investasi yang lebih tinggi. Dalam beberapa kasus, investor dapat memperoleh keuntungan yang cepat dengan menjual saham mereka setelah IPO karena minat pasar yang tinggi. IPO juga memberikan investor akses ke pasar sekunder, di mana mereka dapat membeli dan menjual saham tersebut sesuai kebutuhan.

4. Menaikkan Portofolio

Dengan mengikuti IPO, investor dapat mengembangkan dan diversifikasi portofolio mereka. Memiliki saham perusahaan yang baru go public dapat memberikan variasi pada portofolio investasi dan membantu mengurangi risiko investasi dengan membaginya ke berbagai perusahaan dan sektor.

5. Kesempatan untuk Terlibat dalam Keputusan Perusahaan

Sebagai pemegang saham perusahaan yang baru go public, investor memiliki hak suara dalam rapat pemegang saham dan dapat terlibat dalam keputusan perusahaan. Hal ini memberikan kesempatan kepada investor untuk mempengaruhi arah perusahaan dan menjadi bagian dari perkembangan dan pertumbuhan perusahaan tersebut.

TERUS IKUTI PERKEMBANGAN IPO GRUP AKSELERAN

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut