Akseleran Diprediksi Menjadi Salah Satu Fintech Unicorn

0
716
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_fintech_unicorn

Artikel di bawah ini ditulis oleh Yoga Hastyadi Widiartanto, pada tanggal 29 Maret 2018 dan diambil dari situs Kompas.com (https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/29/143537926/13-fintech-ini-bisa-menjadi-calon-unicorn).

Artikel ini memberitakan perusahaan-perusahaan startup yang berpotensi menjadi calon unicorn berikutnya dari Indonesia.


Lembaga riset pasar IDC Indonesia memprediksi ada 13 perusahaan teknologi keuangan ( fintech) yang berpotensi semakin besar. Bahkan bila konsisten mereka bisa menjadi calon unicorn.

Senior Research Manager IDC Indonesia, Handojo Triyanto menyebutkan perusahaan-perusahaan tersebut adalah Go-pay, Midtrans, Xendit, Doku, serta T-Cash dari kategori Payment; Modalku, Akseleran, Investree, serta Uangteman dari kategori Lending; AturDuit dari kategori Marketplace; Finansialku dari kategori Wealth Management; Jojonomic dari kategori Company Solutions; serta Jurnal dari kategori Cloud-based Accounting.

“13 perusahaan ini belum mature, tapi kami lihat berpotensi menjadi mature dan lebih besar berdasarkan assesment pada kategori tertentu,” terang Handojo saat ditemui di Jakarta, Kamis (29/3/2018). Dia menambahkan, assestment yang dia maksud dilakukan oleh IDC Indonesia pada 2017 lalu dan baru diumumkan sekarang. Adapun kriteria yang diteliti adalah aspek utility, potential customer, business model, usability, competitiveness, serta valuation.

“Assestment dalam bentuk kualitatif, dan masing-masing aspek kami beri penilaian dari tingkat 1-5 dalam perbandingannya dengan kategori serupa,” ucap dia. Dan hasilnya menurut Handojo, menunjukkan bahwa 13 perusahaan teknologi keuangan itu telah memiliki nilai tinggi dengan strategi yang sudah diterapkan. “Maturity ini nanti akan jadi membuat perusahaan lebih menarik bagi investor. Selain itu, kalau konsisten dengan yang sudah dilakukan, nanti juga bisa mengarah ke unicorn,” sebutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here