2 Tahun Jadi Lender P2P Lending Akseleran, 0% NPL

0
265

Berawal dari ketertarikannya pada konsep pendanaan crowdfunding yang semakin populer di Indonesia, mendorong Anton Rifco Susilo untuk mengenal beberapa platform Peer to Peer (P2P) Lending di Indonesia. Tak butuh waktu lama, tepat pada 17 Januari 2019, Anton pun mencoba melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran. Dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun, Anton sudah memberikan pinjaman kepada 117 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan total dana tak tertagih atau Non Performing Loan (NPL) sebesar 0%.

Seperti apa kisah suksesnya? Anton Rifco Susilo berbagi pengalamannya secara lengkap kepada Rimba Laut selaku Senior Vice President Corporate Communication Akseleran dalam program Special Guest dengan judul 2 Tahun Jadi Lender, 0% NPL, berikut ini:

1. Kesannya selama menjadi lender Akseleran?
Jujur awalnya saya coba-coba karena penasaran dengan konsep pendanaan crowdfunding, yang kemudian pada awal tahun 2019 lalu, saya melihat ada beberapa P2P Lending yang muncul dan akhirnya saya coba di Akseleran. Tak butuh waktu lama, saya pun suka dengan Akseleran karena Akseleran fokus untuk membantu mengembangkan bisnis para pelaku UKM yang ingin mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar. Dari percobaan awal itu saya coba sebulan dua bulan dan sekarang tak terasa sudah hampir 2 tahun. Tak kalah menariknya, saya belum pernah terkena dana tak tertagih atau NPL saya 0%.

2. Dengan 0% NPL berapa total pendapatan bunga bersihnya?
Sejak awal registrasi hingga saat ini total pendanaan saya sudah mencapai Rp307.787.681 dengan mendanai 117 pelaku UKM. Untuk pendapatan bunga bersih yang saya dapat sebesar Rp8.573.929 yang artinya rata-rata imbal hasil saya sebesar 11,34% per tahun. Selama hampir 2 tahun tersebut, saya tidak pernah terkena dana macet atau NPL kumulatif saya sebesar 0%.

3. Kok bisa NPL dan dana tak tertagih 0%?
Hal pertama yang saya lakukan adalah diversifikasi pinjaman ke beberapa pinjaman karena hal itu penting. Kedua, karena di Akseleran kita disajikan profil peminjam atau borrower, mulai dari highlights keuangannya dan industrinya apa? Maka dari situ saya cari yang kira-kira keuangannya sehat dan bisnisnya sesuai dengan prinsip yang saya yakini. Sehingga tak heran yang berujung pada NPL 0%.

Selain itu, saya juga saya sendiri tipe orang yang aman atau konservatif, jadi mayoritas pinjaman atau sekitar 80% pendanaan yang saya lakukan adalah yang berasuransi.

Saksikan Juga:
Lender ini raih total pendapatan bunga bersih Rp182.856.033
Wow lender ini dapat bunga ratusan juta

4. Jadi benar-benar diuntungkan menjadi lender di Akseleran?
Iya, saya sangat diuntungkan dengan memberikan pinjaman di Akseleran. Artinya Akseleran membantu saya dalam menghasilkan pendapatan tambahan.

5. Bangga nggak turut mendukung pertumbuhan ekonomi negara?
Jujur, saya sangat align dengan visi Akseleran, yakni membantu UKM untuk berkembang lebih besar. Seperti diketahui banyak channel pendanaan salah satunya crowdfunding, di sini saya membantu dengan pendanaan dan kita ingin membantu UKM-UKM di Indonesia untuk berkembang lebih besar. Di sini saya sangat happy dan sangat mendukung program yang dilakukan oleh Akseleran.

6. Selama ini setiap kali payout digunakan apa saja dananya?
Saya bukan tipe orang yang konsumtif, jadi setiap kali penghasilan yang didapat, umumnya masukkan kembali atau saya diversifikasi ke channel yang lain dan sebagiannya saya tabung sebagai dana darurat.

Sejauh ini hampir 2 tahun ini, kebetulan ketika melakukan pendanaan selaku menggunakan dana yang alokasinya masuk dalam pos investasi bukan menggunakan dana darurat, artinya tidak mengganggu pos dana lainnya. Sehingga jika mendapatkan payout hasil dari pendanaan di Akseleran saya selalu lakukan pendanaan lagi atau diputar lagi ke UKM yang lainnya.

Sobat, itulah cerita sukses atas pengalaman pribadi Anton Rifco Susilo dalam mengembangkan dana di Akseleran dengan tingkat NPL 0%. Sobat tertarik mengikuti jejak Anton Rifco Susilo? Yuk mulai kembangkan danamu di Akseleran sekarang!

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]