Ini 7 Unsur Manajemen yang Perlu Diketahui

0
489
Unsur Manajemen

Apakah kamu pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini, “Apa yang dimaksud dengan 6M dalam manajemen?” Jika pernah, artinya kamu sedang diajak membahas soal unsur manajemen dalam bisnis.

Ya, 6M dalam manajemen memang berkaitan erat dengan unsur-unsur pada manajemen bisnis. Namun, sebenarnya manajemen usaha bukan hanya punya enam unsur, melainkan tujuh atau biasa dikenal sebagai 7M. Unsur-unsur tersebut meliputi man, machine, material, method, money, market, serta minute.

Apa Itu Manajemen?

Sebelum membahas unsur-unsur tersebut secara lebih lanjut, mari kita pahami dulu pengertian manajemen. Dalam KBBI, manajemen dijelaskan sebagai suatu proses untuk menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien demi mencapai tujuan atau sasaran yang ingin dicapai.

Sederhananya, manajemen adalah suatu proses yang dijalankan untuk mengatur suatu hal. Suatu hal di sini bisa berupa apa saja, mulai dari manusia, organisasi, kegiatan, sumber daya, keuangan, dan lainnya. Inilah yang selanjutnya disebut sebagai contoh unsur manajemen.

Dalam bisnis, ada 7M atau tujuh unsur penting yang harus diatur dengan baik agar bisnis dapat berjalan lancar, sesuai dengan visi, misi, serta tujuannya.

1. Man atau Manusia

Dalam manajemen bisnis, keberadaan manusia memegang peran yang amat urgen. Manusia adalah sumber daya yang mampu mengomandoi unsur-unsur yang lain. Manusia bisa menjadi pemimpin, mengerahkan pekerja atau karyawan, juga memberikan ide-ide dan tenaga demi mencapai tujuan bisnis.

Keberadaan manusia menjadi unsur manajemen yang paling pokok. Tanpa manusia, bisnis akan menjadi ‘pincang’, bahkan tidak bisa berjalan sama sekali.

2. Machine atau Mesin

Suatu bisnis bisa berjalan apabila ia dilengkapi dengan alat atau media yang bisa menghasilkan suatu produk untuk diperjual-belikan. Maka dari itu, mesin menjadi salah satu bagian dari unsur dalam manajemen bisnis.

Keberadaan mesin atau alat pembuat produk harus diatur dan dijaga dengan tepat, sehingga proses bisnis bisa berjalan tanpa kendala. Jika mesin sampai rusak, pastinya ada beberapa kegiatan bisnis yang akan mengalami masalah.

3. Material atau Bahan

Selanjutnya, salah satu unsur manajemen adalah material alias bahan baku yang akan diolah menjadi produk. Ketika pengusaha punya mesin, tapi tidak punya bahan baku, maka ia tak akan bisa melakukan produksi. Begitupun sebaliknya. Artinya, kedua unsur ini saling melengkapi dan harus selalu ada dalam manajemen bisnis

4. Method atau Metode

Salah satu tujuan dari manajemen adalah mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan efisien. Maka, keberadaan metode menjadi penting dan sangat diperlukan dalam bisnis. 

Pengelolaan metode yang tepat akan membantu proses kegiatan bisnis menjadi semakin efektif dan efisien. Tidak akan ada waktu, bahan, modal, tenaga, dan sebagainya yang terbuang sia-sia.

Baca juga: Gunakan 5 Metode Smart Goals Untuk Menggapai Target Kamu!

5. Money atau Uang

Unsur-unsur manajemen menurut para ahli juga menyebutkan kalau uang termasuk unsur dalam manajemen yang penting dan tidak boleh sampai dilewatkan. Hal ini karena uang adalah modal untuk menjalankan segala proses bisnis, baik produksi, distribusi, maupun promosi dan pemasaran.

Tanpa uang, mungkin bisnis tetap bisa berjalan, dengan cara-cara tertentu. Namun, jika ada uang, dalam hal ini modal yang besar, tentunya kegiatan bisnis akan jauh lebih lancar.

6. Market atau Pasar

Pasar dalam manajemen bisnis merupakan salah satu unsur yang krusial. Secara sederhana unsur ini dapat dimaknai sebagai tempat untuk bertemunya penjual dan pembeli. 

Makna tersebut juga berlaku dalam kegiatan bisnis, pasar adalah tempat yang bisa mempertemukan pengusaha sebagai pembuat sekaligus pemilik produk dengan konsumen sebagai pengguna. Kini, bentuk pasar pun beragam, bisa berupa online maupun offline

7. Minute atau Waktu

Setiap tujuan yang ingin dicapai dari usaha atau bisnis memerlukan jangka waktu tertentu agar semuanya bisa berjalan sesuai aturan. Jika tidak, semuanya bisa kacau. Bayangkan, antara proses produksi hingga produk sampai ke tangan konsumen memerlukan waktu yang terlalu lama, hal tersebut tentu akan membuat konsumen kecewa.

Maka, manajemen waktu menjadi salah satu hal penting yang harus selalu diperhatikan agar bisnis tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Demikian penjelasan mengenai 7M yang kerap ditanyakan dalam proses bisnis. Tujuh hal tersebut merupakan bagian dari unsur manajemen bisnis yang akan membantu berjalannya proses bisnis dengan lancar. Jika satu unsur saja tak terpenuhi, bersiaplah untuk menghadapi masalah yang siap menanti.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]