10 Pinjaman Terpercaya yang Bisa Anda Ajukan dengan Mudah

0
298
Pinjaman Terpercaya

Meski kini Anda bisa menemukan penyedia pinjaman di mana-mana dengan syarat kian mudah, namun berhati-hatilah dalam memilih. Jika salah pilih, ini akan sangat merugikan Anda sebagai nasabahnya.

Sedang butuh dana dalam jumlah besar dengan waktu singkat? Saat ini, Anda bisa meminjam dana pada lembaga keuangan dengan syarat yang mudah. Namun pastikan Anda memilih penyedia dana pinjaman terpercaya. Selain menawarkan kemudahan dan kecepatan, penyedia dana juga memberikan keamanan bagi nasabahnya.

Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi penyedia dana pinjaman yang terpercaya untuk Anda. Simak selengkapnya di bawah ini!

Pertimbangan saat Memilih Pinjaman Terpercaya

Sebelum mengajukan pinjaman, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelumnya. Faktor-faktor ini sangat penting dan tidak boleh Anda abaikan agar nantinya tidak menyesal setelah melakukan pengajuan pinjaman.

Di antara faktor tersebut adalah:

1. Legalitas Penyedia Pinjaman

Legalitas merupakan tolak ukur penting yang jangan sampai Anda abaikan. Sebab, legalitas membuktikan apakah penyedia pinjaman sudah memiliki izin serta terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga hukum terkait lainnya atau belum.

Penyedia pinjaman yang memiliki legalitas, artinya mereka sudah memenuhi persyaratan dalam peraturan hukum yang berlaku. Selain itu, kegiatan operasionalnya juga diawasi secara langsung oleh OJK.

Penyedia pinjaman yang legal akan lebih aman dan tidak berpotensi merugikan nasabahnya. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu memastikan legalitas dari penyedia pinjaman. Berikut ini adalah cara memeriksa legalitas pinjaman:

  • Melakukan pengecekan secara langsung ke situs dan kontak resmi OJK melalui sikapiuangmu.ojk.go.id, 157 (telepon), dan 081-157-157-157 (WhatsApp).
  • Cek entitas dan status legalitas penyedia pinjaman melalui situs resmi Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) di fintech.id.
  • Silakan cek status keanggotaan penyedia pinjaman di situs resmi AFPI di afpi.or.id.

2. Besarnya Bunga dan Cicilan

Pastikan nominal bunga dan cicilan pinjaman sesuai dengan kemampuan bayar Anda pada jangka waktu yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu, Anda perlu membandingkan berbagai penyedia pinjaman.

Kemudian, pilih yang menawarkan bunga dan cicilan paling rendah dan sesuai dengan kemampuan bayar. Cara membandingkan bunga pinjaman bisa Anda lakukan dengan membaca ketentuan dari masing-masing penyedia pinjaman.

Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari website atau aplikasi penyedia pinjaman. Sama halnya juga dengan cicilan, ceki informasi detailnya terlebih dahulu.

Baca juga: 2 Cara Mudah Menghitung Bunga Pinjaman

3. Syarat dan Ketentuan Pinjaman

Syarat dan ketentuan pinjaman merupakan hal vital yang perlu Anda teliti dengan seksama. Pastikan syarat dan ketentuan tersebut tidak berpotensi merugikan Anda sebagai nasabah.

Secara umum, ada beberapa syarat yang harus Anda siapkan ketika mengajukan pinjaman. Di antaranya adalah:

  • KTP atau kartu identitas lainnya.
  • Kartu Keluarga.
  • Slip gaji atau keterangan penghasilan per bulan.
  • NPWP.

Selain persyaratan di atas, biasanya setiap penyedia pinjaman juga memberikan beberapa syarat dokumen pendukung lainnya. Sedangkan untuk ketentuan, setiap penyedia pinjaman berbeda.

Tapi, pastikan bahwa ketentuan tersebut disampaikan secara transparan dan mudah dipahami.

4. Reputasi Penyedia Pinjaman

Selain legalitas penyedia pinjaman, reputasi juga menjadi faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Anda harus memastikan bahwa penyedia pinjaman memiliki reputasi yang baik.

10 Rekomendasi Pinjaman Terpercaya

Setelah mengetahui apa saja pertimbangan sebelum memilih penyedia pinjaman, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasinya. Penyedia pinjaman yang kami rekomendasikan sudah banyak digunakan oleh masyarakat dan terbukti aman.

Untuk informasi selengkapnya, simak rekomendasinya berikut ini:

1. Akseleran

Akseleran adalah platform P2P Lending di Indonesia yang menghubungkan peminjam dan pemberi pinjaman. Terutama, bagi pelaku UMKM yang sedang membutuhkan dana untuk modal usahanya.

Platform penyedia pinjaman terpercaya ini sudah dipercaya oleh banyak nasabah dari berbagai kalangan. Sebab, Akseleran memberikan kemudahan akses bagi Anda untuk memperoleh pinjaman dengan suku bunga yang kompetitif.

Menariknya, Akseleran juga menawarkan fleksibilitas dalam tenor pembayaran pinjaman, model pembayaran, dan penyertaan agunannya. Selain bisa menjadi peminjam, Anda juga bisa memanfaatkan platform ini sebagai investor, di mana Anda bisa menanamkan modal dalam sistem investasi P2P Lending. Maka, Anda akan mendapatkan profit yang sangat sesuai dengan tingkat risikonya.

2. Akulaku

Akulaku menjadi salah satu platform penyedia pinjaman yang cukup populer di Indonesia. Platform ini memberikan dua opsi pinjaman tunai untuk nasabahnya, yaitu Dana Cicil dan KTA Asetku.

Proses pencairan di Akulaku cukup mudah dan cepat. Selain itu, tenor pembayaran yang ditawarkan juga cukup lama yaitu mencapai 12 bulan.

3. Kredivo

Kredivo merupakan penyedia pinjaman yang sudah legal dan terdaftar di OJK. Penyedia pinjaman ini memiliki limit yang cukup besar, yaitu mencapai Rp30 juta dengan tenor fleksibel.

Anda juga bisa berpeluang memperoleh bunga 0% jika berhasil melunasi pinjaman dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan. Selain layanan pinjaman, Kredivo juga menyediakan layanan Buy Now Pay Later.

4. Indodana

Indodana adalah platform fintech yang memberikan layanan pinjaman tunai, paylater, dan cicilan tanpa kartu kredit. Untuk urusan legalitas, Anda

tidak perlu khawatir karena platform ini sudah terdaftar di OJK dan tergabung dalam AFPI.

Untuk layanan pinjaman tunai, Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp12 juta. Tenor pembayarannya juga cukup lama, yaitu 12 bulan.

5. JULO

JULO menawarkan pinjaman dana yang sangat variatif, yaitu mulai dari Rp500 ribu hingga Rp15 juta. Tenor pembayaran pinjaman tersebut hingga 9 bulan dengan bunga kompetitif.

Selain itu, platform ini memberikan berbagai penawaran menarik lainnya untuk nasabah. Misalnya saja cashback saat pembayaran cicilan dan undian berhadiah.

6. Kredit Pintar

Kredit Pintar menawarkan bunga tahunan yang cukup rendah, yaitu mencapai 11%. Limit pinjaman dalam aplikasi ini juga cukup besar, yaitu mencapai Rp20 juta dengan tenor pembayaran selama satu tahun.

7. Tunaiku

Tunaiku memberikan tenor yang cukup lama jika dibandingkan dengan kompetitornya, yaitu dari 6 bulan hingga 20 bulan. Limit pinjamannya juga tergolong besar mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta.

Meski begitu, bagi Anda yang mengalami telat bayar akan dikenakan sanksi berupa denda keterlambatan. Besarnya denda tersebut adalah sekitar Rp150 ribu per bulan.

8. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat merupakan platform pinjaman tunai legal yang sudah terdaftar di OJK dan AFPI. Limit yang platform ini tawarkan mulai dari Rp400 ribu hingga Rp10 juta dengan tenor pembayaran hingga 365 hari.

9. OCBC NISP

OCBC NISP memiliki produk pinjaman tunai yang akan memberikan dana dengan limit hingga ratusan juga. Tenor pembayarannya juga tergolong panjang, yaitu mencapai 3 – 4 tahun dengan suku bunga kompetitif.

10. Investree

Investree merupakan platform P2P Lending yang menawarkan bunga kompetitif. Anda juga bisa menyesuaikan besarnya pinjaman sesuai kebutuhan. Semua informasi terkait pinjaman juga disampaikan secara transparan.

Tips agar Pengajuan Pinjaman Anda Disetujui

Mengajukan kredit pada penyedia pinjaman terpercaya, legal, dan memiliki kredibilitas tinggi memang tidak mudah. Banyak faktor yang akan menjadi pertimbangan penyedia.

Tapi tidak perlu khawatir, sebab kami memiliki tips agar pinjaman disetujui. Di antaranya adalah:

  • Lengkapi syarat pengajuan pinjaman sebaik mungkin.
  • Pastikan skor kredit yang Anda miliki bagus.
  • Tentukan tenor pembayaran yang masuk akal dan ideal.
  • Ajukan dana pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar.

Tips Mengelola Dana Pinjaman

Agar dana yang Anda pinjam bisa bermanfaat sebaik mungkin, maka perlu proses pengelolaan yang tepat. Ada beberapa tips dari kami yang bisa Anda terapkan dalam hal pengelolaan dana tersebut, yaitu:

  • Gunakan dana sesuai tujuan dan prioritas saat meminjam.
  • Jangan menggunakan dana pinjaman untuk kebutuhan yang tidak penting.
  • Putarkan dana untuk menghasilkan keuntungan, misalnya untuk bisnis atau mengembangkan usaha yang sudah ada.

Dana pinjaman harus dapat dikelola dengan baik agar memberikan manfaat yang optimal dan pastinya keuntungan. Untuk mendapatkan pinjaman terpercaya, Anda bisa menggunakan layanan yang ada di Akseleran sekarang juga.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].