Diversifikasi Jadi Kunci Pengembangan Dana

0
87

Pertama kali mengetahui kehadiran P2P Lending Akseleran dari salah satu influencer di media sosial, Novianti tergerak mencoba pengembangan dana dengan menjadi lender di Akseleran. Sejak melakukan registrasi pertama di bulan Oktober 2019 hingga sekarang, Novianti telah memberikan pendanaan kepada 50 campaign pinjaman.  

Mengawali dari Dana Kecil

“Saya mencoba dari dana kecil, sekitar Rp500.000. Awalnya saya awam sekali dengan P2P Lending ini seperti apa. Setelah membuktikan bahwa ini aplikasi yang bagus dan valid, saya memberanikan diri untuk menambah sejumlah dana,” ujar Novianti ketika berbincang dengan Rimba Laut selaku SVP Corcomm Akseleran di program Special Guest episode terbaru. 

Dalam perjalanannya menjadi lender Akseleran, Novianti mengungkapkan bahwa ia sempat mengalami risiko campaign yang tak tertagih. Kendati masih memiliki dana tak tertagih senilai Rp2 juta-an, Novianti mengaku tak lantas meninggalkan pengembangan dana yang telah ia jalankan.

“Dibilang menyesal, enggak terlalu sih. Karena total net interest yang saya terima berdasarkan hasil pengembangan dana di Akseleran, angkanya sudah jauh dari itu,” ujar Novianti seraya memperlihatkan dari aplikasi Akseleran miliknya, bahwa total pendapatan bunga yang diterimanya mencapai lebih dari Rp44 juta.  

Diversifikasi

Salah satu faktor keberhasilan memperoleh pendapatan bunga tersebut adalah dengan menerapkan diversifikasi pendanaan. 

“Menurut saya diversifikasi penting banget. Tidak menaruh semua telur dalam satu keranjang sehingga kita bisa membagi risiko,” tutur Novianti.

Sebelum memberikan pendanaan, Novianti biasanya mempelajari dulu rekam jejak borrower dan informasi seputar keuangan borrower. Adapun tenor pinjaman yang ia pilih, rata-rata kurang dari 3 bulan. 

Pendapatan bunga yang telah diperoleh digunakan Novi untuk kembali melakukan pendanaan. Hal ini dilakukannya karena percaya dengan perencanaan jangka panjang. 

Kode Referral

Dengan pengalaman awalnya menggunakan kode referral untuk memulai pendanaan di Akseleran, Novianti pun kini membagikan kode referral miliknya kepada teman dan kerabat. 

“Saya pada saat ada kesempatan untuk cerita tentang pengembangan dana, salah satunya saya cerita tentang pengalaman P2P Lending Akseleran. Yang saya ceritakan bukan hanya baiknya, melainkan juga buruknya. Membiarkan teman atau kerabat ini menilai apakah mereka cocok atau tidak menggunakan Akseleran. Sementara itu, saya sambil cerita, sambil tebar pesona, berbagi kode referral dan ada teman yang pakai,” ungkap Novianti.  

Profil Risiko Moderat

Berdasarkan pengalamannya, Novianti menilai P2P Lending seperti di Akseleran merupakan platform yang menarik sebagai sarana pengembangan dana. Ia menyebutkan beberapa alasannya.

“Profil risiko moderat, ada di tengah-tengah. Menurut saya pribadi, tidak perlu banyak di-maintain maupun di-manage. Sehingga untuk mereka yang sibuk seharusnya bisa coba dipikirkan kembali untuk bergabung dengan Akseleran,” saran Novianti. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]