Webinar Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contoh Aplikasinya

0
1335
Webinar Adalah

Pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya peralihan dari kegiatan tatap muka menjadi kegiatan online. Salah satunya adalah kegiatan web seminar atau sering disingkat webinar. Webinar adalah cara alternatif untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi online agar kegiatan tetap berjalan. 

Ingin tahu lebih detail tentang webinar, manfaat, dan contoh aplikasi yang digunakan? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Webinar

Webinar adalah jenis seminar yang memanfaatkan aplikasi atau media digital sebagai ruang pertemuan. Kelebihan kegiatan ini adalah peserta webinar tidak perlu datang ke tempat seminar. Mereka bisa mengikuti seminar online dengan cara mendaftarkan diri dalam satu aplikasi yang terkoneksi dengan internet. Para pembicara dan peserta dapat berinteraksi seperti yang mereka biasa lakukan di seminar konvensional.

Manfaat Webinar

Sering mengikuti webinar? Ternyata webinar adalah kegiatan yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan skill. Apalagi, Anda bisa mengikuti kegiatan ini dari mana saja. Cukup berbekal gawai elektronik yang terhubung dengan koneksi internet, Anda bisa langsung terhubung dengan para narasumber dan peserta lainnya. 

Jika belum pernah ikut webinar, simak apa saja manfaat webinar di bawah ini.

Mendapatkan informasi yang bermanfaat

Sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak perusahaan dan institusi menggunakan media digital untuk kegiatan online. Salah satu kegiatan online yang sering dilakukan adalah webinar. Dengan mengikuti webinar, Anda akan mendapatkan berbagai informasi terbaru dan bermanfaat untuk diri sendiri. Apalagi banyak webinar gratis maupun berbayar menyajikan ragam topik teranyar. Tinggal pilih topik yang sesuai dengan kebutuhan.

Menghemat biaya, waktu, dan tenaga

Ketika mengikuti seminar konvensional, banyak hal yang harus dipersiapkan. Sebut saja uang, waktu, dan tenaga. Hal tersebut berbanding terbalik ketika mengikuti webinar. Anda tidak perlu pusing meninggalkan rumah atau kantor, membayar biaya akomodasi dan transportasi, atau menyiapkan energi untuk menghadiri kegiatan. Semua bisa dilakukan secara daring.

Menambah jaringan kerja

Menambah jaringan kerja menjadi lebih praktis dan mudah. Hal ini merupakan salah satu manfaat webinar. Banyak peserta webinar dari berbagai kota bahkan provinsi ikut menghadiri. Bahkan beberapa pembicara merupakan ahli bidang profesi dihadirkan. Seminar online ini bisa sebagai media untuk Anda mencari kenalan baru untuk menambah kenalan baru dan memperluas lingkup jaringan kerja.

Mendapatkan e-sertifikat

Selain menambah wawasan, Anda akan mendapatkan e-sertifikat. E-sertifikat ini sebagai bukti bahwa Anda telah mengikuti webinar dan melakukan pengembangan diri. Pengembangan diri akan bermanfaat untuk meningkatkan karier di masa depan. Hal ini akan menjadikan poin plus bagi perusahaan untuk mempercayai Anda untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih besar dan menantang.

Baca juga: Ini 5 Ciri Aplikasi Fintech yang Patut Diwaspadai

Contoh Aplikasi Webinar

Aplikasi webinar adalah salah satu unsur pendukung untuk membuat kegiatan berjalan lancar. Berikut ini merupakan beberapa contoh aplikasi yang umum digunakan untuk seminar online.

Skype for Business

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk kegiatan webinar adalah Skype for Business. Aplikasi ini cukup canggih karena memiliki keamanan yang ketat dan dapat memuat peserta hingga 250 orang. Selain itu, aplikasi ini bisa diintegrasikan dengan program dari Microsoft Office.

Demio

Aplikasi Demio memiliki fitur yang keren untuk kegiatan webinar, termasuk layanan chat. Fitur ini bisa digunakan oleh peserta untuk bertanya tanpa mengganggu pembicara. Untuk mencoba layanan, Demio menyuguhkan versi demo gratis. Namun, jika ingin penggunaan dalam jangka panjang, Anda harus melakukan upgrade aplikasi ke versi berbayar. 

Zoom

Zoom menjadi media online favorit tidak hanya untuk belajar dan mengajar, tetapi juga sebagai ruang untuk mengadakan rapat terbatas dan webinar. Apalagi gambar dan video didukung dengan kualitas gambar dan video yang jernih. Durasi penggunaan berkisar antara 40 menit hingga 24 jam dengan muatan peserta mulai dari 100 hingga 1000 orang.

Google Meet

Kemudahan penggunaan menjadikan Google Meet aplikasi yang relevan untuk kegiatan meeting online ataupun tujuan webinar. Aplikasi ini menawarkan fitur voice call dan video konferensi berkualitas tinggi dengan muatan peserta mencapai 250 orang. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur live streaming untuk menyiarkan kegiatan kepada 100.000 penonton dalam satu domain.

Kesimpulan

Webinar adalah kegiatan seminar yang sering diadakan dengan mengoptimalkan penggunaan aplikasi atau media digital sebagai ruang pertemuan. Karena mudahnya akses ke aplikasi, banyak penyelenggara mengadakan webinar gratis maupun berbayar dengan beragam konten terkini. Dengan mengikuti webinar, Anda tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan, tetapi juga e-sertifikat sebagai bukti pernah mengikuti seminar.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]