Wajib Punya 4 Tabungan Ini Sebelum Usia 40 Tahun!

0
358
Wajib Punya 4 Tabungan Ini Sebelum Usia 40 Tahun!

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan hidup kita cenderung meningkat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan tabungan untuk kebutuhan di masa depan. Tabungan tidak hanya untuk masa tua, tetapi juga untuk keperluan lainnya, termasuk dana darurat. Lalu apa saja empat jenis tabungan yang wajib kita miliki sebelum usia 40 tahun?

1. Tabungan Jangka Panjang

Pendidikan dan pensiun merupakan dua hal penting yang membutuhkan dana yang cukup besar. Sebaiknya kita mulai menyiapkannya sejak sekarang dengan membuka tabungan perencanaan atau tabungan jangka panjang. Dengan melakukan ini, kita dapat mengurangi beban keuangan di masa depan. Mulailah menabung secara teratur untuk mencapai tujuan jangka panjang ini.

2. Dana Darurat

Setiap orang wajib memiliki dana darurat dalam tabungannya. Hal ini berlaku baik untuk mereka yang masih single, yang sudah menikah, maupun yang memiliki anak. Karena kejadian yang tidak terduga dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, memiliki dana darurat yang mencukupi sangat penting. Tabungan ini dapat digunakan untuk mengatasi situasi darurat seperti kehilangan pekerjaan, kesehatan yang memburuk, atau kebutuhan mendesak lainnya.

3. Tabungan Jangka Pendek

Tabungan jangka pendek berfungsi untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan yang muncul dalam waktu dekat. Misalnya, ingin membeli tiket konser, dana liburan, atau membeli barang impian lainnya. Penting untuk menyisihkan dana tabungan sesuai dengan pengeluaran yang diperlukan. Dengan memiliki tabungan jangka pendek, kita dapat memenuhi keinginan tanpa harus mengganggu tabungan jangka panjang atau dana darurat.

4. Sinking Fund (Dana Besar)

Sinking fund merupakan tabungan jangka panjang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan masa depan yang bersifat besar. Misalnya, pembelian kendaraan, properti, atau bahkan untuk membayar utang. Sinking fund memiliki tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan masing-masing individu. Penting untuk menentukan jumlah yang harus ditabung secara teratur agar kita dapat mencapai tujuan tersebut tanpa harus terlilit utang atau mengalami kesulitan keuangan.

Menyadari pentingnya tabungan untuk masa depan, terutama sebelum usia 40 tahun, kita perlu mengatur keuangan dengan bijak. Mulailah menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk mengisi empat jenis tabungan ini. Dengan memiliki tabungan yang cukup, kita dapat merencanakan masa depan secara lebih baik, menghadapi situasi darurat dengan tenang, serta mewujudkan impian-impian kita. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut