Wajib Disiapkan Saat Gelar Pernikahan di Masa Covid-19

0
190
Ilustrasi Melaksanakan Pernikahan di Masa Pandemi Covid-19 - Sumber Kompas

Menggelar pernikahan di masa pandemi Covid-19 tentu memiliki serangkaian protokol kesehatan yang harus diterapkan. Hal ini guna menjaga kesehatan dirimu sendiri maupun tamu undangan. Mengingat virus Covid-19 masih menyebar di Indonesia.

Nah, bagi Sobat yang berencana melangsungkan pernikahan di masa pandemi Covid-19 dalam 1-3 bulan ke depan, ada beberapa hal yang harus Sobat perhatikan. Berikut hal-hal yang wajib disiapkan saat gelar pernikahan di masa Covid-19, yang berhasil Akseleran rangkum dari artikel-artikel tepercaya.

1. Periksa kembali daftar tamu undangan
Memeriksa kembali daftar tamu yang akan diundang perlu dipertimbangkan secara matang. Baik lokasi acara pernikahan dengan tempat tinggal tamu undangan yang berjauhan, maupun teman yang dirasa kurang dekat. Mengingat kapasitas tamu undangan memiliki kapasitas yang sangat terbatas.

Sehingga pastikan hanya mengundang beberapa orang yang paling dekat saja dan usahakan tidak lebih dari 10 orang. Jika misalnya sebagian besar orang terdekat berhalangan hadir, ada baiknya untuk menunda pernikahan tersebut.

2. Koordinasi dengan vendor secepatnya
Mengutip tempo, Head of Integrated Marketing Bridestory Nathalia Isadora mengatakan, mempersiapkan pernikahan idealnya memakan waktu delapan bulan hingga setahun sebelumnya. Tetapi pandemi Covid-19 membuat persiapan bisa jadi serba kilat. “Di masa pandemi semua lebih cepat, ada yang bisa disiapkan dua minggu,” kata Nathalia dalam Instagram Live, pada Senin 12 Oktober 2020.

Bagi Sobat yang sudah merencanakan pernikahan delapan atau setahun sebelumnya, lalu Sobat dan pasangan memutuskan untuk melakukan perubahan pada pesta pernikahan, baik itu menunda atau mengurangi tamu, orang pertama yang dihubungi adalah para vendor pernikahan. Mereka harus memahami keputusanmu dan bisa membantu memberikan panduan tambahan untuk langkah selanjutnya, mulai dari mengamankan tanggal mendatang hingga menghubungi tamu.

Namun, perlu diingat bahwa vendor pernikahanmu juga mungkin berurusan dengan masalah yang sama, jadi cobalah bersabar. Mereka juga mungkin terkena dampak oleh hal-hal seperti anjuran bekerja di rumah dan menjaga karyawan mereka tetap aman dan sehat.

3. Pesan gaun dan cincin kawin secara online
Jika Sobat belum sempat memesan gaun dan cincin kawin, Sobat bisa melakukannya secara online. Pastikan Sobat memesannya lebih awal, agar penjual bisa cepat memperbaiki pesananmu jika ada perubahan.

Agar tidak terjadi kesalahan, pastikan Sobat memberikan ukuran badan dan jarimu dengan lengkap. Sobat bisa mencari panduannya di internet atau bertanya langsung pada penjual. Pastikan juga mereka memberi garansi untuk gaun pernikahan dan cincin kawin yang Sobat beli.

4. Membuat perencanaan darurat
Bagi siapa saja yang melangsungkan pernikahan di masa yang tidak pasti ini, mungkin saatnya untuk membuat beberapa rencana darurat untuk pernikahanmu. Pertimbangkan semua opsi sebelum Sobat membatalkan sepenuhnya.

Rencana cadangan pernikahanmu mungkin bergantung pada tingkat keparahan penyebaran virus Covid-19, serta area di mana acaramu berlangsung.

Baca Juga:
Negosiasi Gaji di Masa Pandemi Covid-19
Geliat Bisnis UKM di Tengah Pandemi Covid-19

5. Komunikasi dengan kerabat dan sahabat
Mulai berkomunikasi dengan kerabat dan sahabat sekarang juga. Beri tahu pada mereka jika Sobat akan melaksanakan pernikahan, namun hanya dengan orang terdekat untuk menjaga keselamatan bersama.

6. Siarkan secara langsung momen pernikahan
Agar keluarga atau teman-teman yang tidak turut hadir bisa merayakan pernikahanmu, siarkan pernikahanmu secara langsung. Minta seseorang mengatur Facebook Live atau Instagram Live untuk mengabadikan acara tersebut.

7. Sediakan tempat sanitasi dan jaga jarak
Sediakan pembersih tangan dan sabun antibakteri yang cukup untuk digunakan para tamu untuk mencuci tangan. Selain itu, pilih tempat yang cukup luas agar setiap tamu bisa menjaga jarak sosial. Usahakan Sobat dan para tamu tidak perlu berpelukan, cium, atau berjabat tangan.

8. Hindari makanan prasmanan
Diskusikan pilihan layanan makanan dengan kateringmu. Menyajikan hidangan prasmanan berpotensi membahayakan lebih banyak orang. Tanyakan kateringmu alternatif lain yang bisa diambil dalam situasi seperti sekarang.

Sob, itulah hal-hal yang wajib disiapkan saat gelar pernikahan di masa pandemi Covid-19. Semoga acara pernikahanmu berjalan lancar dan selalu patuhi protokol kesehatan.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]