Ini Perbedaan Vivo atau Oppo, Mana yang Lebih Berkualitas?

0
463
Vivo atau Oppo

Sejak era smartphone dimulai, produsen ponsel asal Cina mendominasi pasar ponsel pintar Indonesia. Bahkan, Samsung yang notabene salah satu raksasa teknologi dunia harus memberi panggung pada ponsel buatan Negeri Tirai Bambu, seperti Vivo atau Oppo. 

Uniknya, kedua merek ini berasal dari satu induk usaha sama, BKK Electronics. Walau lahir dari induk usaha yang sama, kedua merek smartphone tersebut tetap bersaing secara terang-terangan. Lalu, apa yang membedakan Vivo atau Oppo? Intip ulasannya berikut ini, yuk!

Mana yang Menawarkan Variasi Produk Lebih Banyak?

Oppo lebih dahulu masuk ke Indonesia, tepatnya tahun 2013. Selang satu tahun, baru Vivo turut meramaikan pasar smartphone tanah air. Perbedaan waktu masuk tersebut tentu membuat Oppo lebih dahulu dikenal publik. Meskipun begitu, spesifikasi dan harga kedua merek ini nyaris serupa. Mari kita bedah satu per satu.

Spesifikasi

Vivo atau Oppo sama-sama menawarkan varian RAM dan memori internal yang beragam pada ponsel buatannya. Hampir semua lini diisi setiap produk mereka, dari low end, menengah, hingga flagship, dari RAM 1 GB sampai 12 GB dengan beragam kapasitas memori internal hingga 512 GB.

Begitu pula dengan chipset yang disematkan. Setiap kelas ponsel memakai jenis prosesor berbeda sesuai kebutuhan pengguna. Hal serupa juga dapat dijumpai pada jenis kamera dan baterai yang digunakan. Bisa dibilang, baik Vivo maupun Oppo memberi banyak pilihan bagi konsumen di semua kelas pengguna.

Harga

Lantaran memiliki spesifikasi yang nyaris serupa, kisaran harga keduanya pun tidak berbeda jauh. Namun, rentang harga Vivo dan Oppo terbilang besar mengikuti kelas yang ditargetkan. Konsumen dapat membawa pulang salah satu varian merek keduanya mulai dari harga 1 jutaan hingga belasan juta rupiah. 

Variasi produk

Walaupun spesifikasi dan harga kedua merek ini nyaris serupa, Oppo menawarkan variasi produk lebih banyak di pasaran. Hal tersebut wajar karena Oppo lebih dahulu hadir di Indonesia. Selain lebih dahulu dikenal publik, Oppo juga menyasar konsumen secara spesifik berdasarkan kelas pengguna, spesifikasi, dan bujet.

Baca juga: Kredit HP Tanpa DP, Tanpa Survey, dan Cepat

Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing

Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Vivo atau Oppo? Poin-poin berikut bisa memberikan penjelasan komplit.

Kelebihan Vivo

  • Mengusung desain cover bodi yang lebih menarik.
  • Menyematkan teknologi Dual Engine Fast Charging sehingga proses pengisian daya berlangsung lebih cepat. 
  • Menawarkan keberagaman inovasi yang unik dan menarik. Contoh, pemasangan kamera tersembunyi yang bisa muncul saat dibutuhkan dan konsep dua layar yang tengah hits.
  • Kemampuan kamera depan dan belakang Vivo disebut sebagai salah satu yang terbaik, terutama jika dibandingkan merek lain di kelasnya.
  • Walau harga Vivo lebih mahal daripada Oppo, tetapi sepadan dengan spesifikasi yang dimiliki. Belakangan, harga Vivo pun semakin ramah di kantong dan berani bersaing dengan para kompetitornya.

Kekurangan Vivo

  • Material cover bodi berbahan plastik sehingga terlihat kurang kokoh dan solid. 
  • Interface buatan Vivo menyerupai iOS milik Apple sehingga bisa dibilang “meniru” Apple.
  • Vivo hadir di semua segmen pengguna, tetapi mereka fokus pada produk kelas menengah. Akibatnya, calon konsumen kurang mengetahui keberadaan variasi produk kelas low end. 

Kelebihan Oppo

  • Mengusung desain cover yang unik.
  • Selalu bergerak cepat mengikuti selera pasar.
  • Memiliki strategi pemasaran yang apik, seperti gencar beriklan di TV atau media online dan berani menggandeng artis papan atas sebagai brand ambassador. 
  • Pada ponsel kelas atas dan menengah, terdapat fitur VOOC Flash Charge yang mampu mengisi daya baterai empat kali lebih cepat.
  • Kualitas gambar kamera selfie Oppo lebih baik daripada merek kompetitor pada kelas yang sama berkat fitur teknologi terkini, AI Beautify. 

Kekurangan Oppo

  • Dengan spesifikasi yang dimiliki, harga Oppo dipandang lebih mahal.
  • Harga ponsel second Oppo cenderung anjlok ketika dijual kembali.
  • Cover bodi Oppo masih memakai material plastik.
  • Interface bawaan Oppo justru memberatkan kinerja beberapa seri ponsel ini.
  • Oppo jarang melakukan pembaruan atau update OS. 

Mana Lebih Berkualitas?

Vivo atau Oppo, mana yang lebih berkualitas?

Tergantung dari aspek mana kamu menilai kualitas suatu ponsel pintar. Karena kebutuhan setiap orang berbeda, maka standar yang digunakan untuk menilai kualitas ponsel pun berbeda. Ada yang mengutamakan kemampuan kamera, ketahanan bodi, kapasitas RAM dan memori internal, maupun daya tahan baterai.

Cermati kembali kelebihan dan kekurangan masing-masing merek, sesuaikan dengan kebutuhan, dan tentu saja bujet yang dimiliki. Lalu, selalu sempatkan diri mencari informasi lebih dahulu terkait produk yang diinginkan sebelum membeli. Jadi, kamu bisa mengambil keputusan terbaik mana smartphone yang lebih berkualitas, Vivo atau Oppo. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]