Utang Produktif dan Utang Konsumtif: Apa Perbedaannya?

0
887
utang produktif dan utang konsumtif

Istilah utang sering terdengar terlebih dalam dunia keuangan. Utang bisa menjadi salah satu keputusan yang berdampak pada keuangan. Pada dasarnya, utang adalah bentuk kredit atau pinjaman dana baik tunai maupun surat berharga guna memenuhi kebutuhan, keinginan, atau tujuan keuangan. Secara garis besar, ada dua jenis utang yang harus diketahui sebelum kamu memutuskan untuk berhutang, yaitu utang produktif dan utang konsumtif.

Apa itu utang produktif dan utang konsumtif?

Utang produktif adalah utang yang dipergunakan untuk membeli barang atau aset yang nilainya bisa naik dan menambah penghasilan, atau dengan kata lain utang yang menciptakan nilai tambah di masa depan. Misalnya utang modal usaha, utang untuk Pendidikan, utang untuk kredit kepemilikan rumah (KPR). Namun kamu harus tetap berhati-hati, utang produktif yang terlalu banyak juga bisa memberatkan cashflow yang bisa berujung pada menipisnya tabungan atau bahkan bisa timbul utang konsumtif. Jadi pastikan rasio utang sehat, ketahui berapa bunga yang akan dibayar, dan buat rencana pelunasan utang.

Selanjutnya, utang konsumtif adalah utang yang dipergunakan untuk membeli barang yang tujuannya untuk konsumsi atau digunakan, di mana suatu saat nilainya akan turun. Misalnya utang untuk membeli gadget mahal, utang untuk memberi barang mewah, atau cicilan kartu kredit. Karena tujuannya hanya untuk konsumsi, maka jenis utang tersebut akan lebih cepat habis dibanding utang produktif yang pada akhirnya hanya akan menggerus tabungan saja. Kamu harus berhati-hati agar tidak terjebak utang konsumtif. Hal ini dapat dilakukan dengan mengendalikan diri untuk tidak berperilaku impulsif agar bisa mengontrol jumlah utang yang dimiliki. Jika kamu memang ingin membeli sesuatu yang bersifat konsumtif, maka menabunglah terlebih dahulu. Kamu juga bisa membuat anggaran dari pemasukan bulanan, sehingga kamu bisa mengalokasikan dana untuk setiap pos pengeluaran dan kamu tidak perlu berhutang untuk membayar kebutuhan yang bersifat konsumtif.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut