Bisakah Merubah Utang Menjadi Untung?

0
438
Bisakah Merubah Utang Menjadi Untung?

Utang sering dianggap sebagai beban yang menekan keuangan dan menghalangi kemajuan finansial. Pada dasarnya utang memang bisa memberikan dampak yang tidak baik untuk finansialmu jika jenis utang yang kamu miliki adalah utang untuk keperluan konsumtif demi memenuhi keinginan semata. Namun tidak selamanya utang adalah hal yang buruk, ada juga utang yang menjadikan kita untung. Ada beberapa jenis utang bisa menjadi alat yang efektif untuk memajukan keuangan jika dikelola dengan bijak.

1. Berutang untuk membeli aset

Membeli aset seperti rumah atau tanah merupakan salah satu contoh utang produktif yang dapat menghasilkan keuntungan jangka panjang. Kamu bisa memilih untuk mengambil kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit tanah untuk membeli aset tersebut. Dengan membeli aset, kamu dapat menikmati manfaat dari apresiasi nilai aset tersebut di masa depan, serta dapat memanfaatkan aset tersebut untuk investasi lebih lanjut.

2. Berutang untuk modal bisnis

Jika kamu memiliki rencana untuk memulai bisnis atau memperluas bisnis yang sudah ada, berutang untuk modal bisnis dapat menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa memilih untuk mengambil kredit modal usaha atau mengajukan pinjaman modal pada bank atau lembaga keuangan lainnya. Dengan modal yang cukup, bisnismu akan lebih mudah berkembang dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

3. Berutang untuk kebutuhan edukasi

Pendidikan merupakan salah satu investasi yang sangat penting. Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi namun tidak memiliki biaya yang cukup, kamu bisa memilih untuk mengambil kredit pendidikan. Dengan memiliki pendidikan yang lebih tinggi, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi atau bahkan memulai bisnis sendiri.

Dalam mengambil utang produktif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk membayar kembali utang tersebut, sehingga tidak menambah beban keuangan mu di masa depan. Selain itu, pilihlah sumber pembiayaan yang tepat dan memahami dengan baik syarat dan ketentuan dari utang yang kamu ambil.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut