16 Ide Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari

0
10842
usaha yang menghasilkan uang setiap hari

Ingin punya usaha, tetapi masih ragu karena takut tidak laku dan berakhir gulung tikar? Tentu Anda harus mencari apa saja jenis usaha yang menghasilkan uang setiap hari. Kira-kira, jenis usaha apa yang banyak dibutuhkan orang saat ini?

Yuk, simak ide usaha yang selalu mendatangkan cuan di bawah ini!

Ide Usaha yang Menguntungkan Setiap Hari

Kalau Anda sudah niat ingin memulai usaha, jangan sampai takut gagal karena salah pilih. Anda bisa mempertimbangkan 16 jenis usaha di bawah ini yang akan terus dibutuhkan orang setiap harinya.  Apa saja?

1. Jualan Pulsa dan Kuota

Zaman sekarang di mana orang-orang gemar bermain media sosial, semua kegiatan online jelas butuh pulsa dan kuota, bukan? Nah, Anda bisa memulai untuk usaha yang satu ini karena modalnya juga murah. Cukup top up ke provider sesuai uang yang ada, selanjutnya Anda bisa kembali top up setelah ada yang beli.

2. Gorengan

Jualan gorengan bisa menjadi usaha sampingan yang menghasilkan setiap harinya. Ya, berjualan aneka jajanan yang digoreng memang bisa dilakukan di satu periode waktu saja, misalnya di sore hingga malam saja. Nah, kalau Anda menjalankan usaha ini, dari pagi sampai siangnya bisa Anda bisa pakai untuk usaha atau pekerjaan lain.

3. Martabak

Martabak bahkan bisa menjadi usaha yang menghasilkan di desa maupun kota, karena banyak peminatnya. Anda mungkin sering dengar jika sedang berkunjung ke rumah pasangan, sebagian besar membawa martabak, bukan? Istilah ini memang tak salah, sebab penyuka makanan ini sangat banyak, dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

4. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah penyelamat semua orang di kala lapar melanda saat malam. Mau itu nasi goreng di warung, tenda, atau di gerobak dorong, makanan yang satu ini hampir selalu jadi pilihan menu makan malam, bahkan tengah malam. 

Nah, ide berjualan nasi goreng ini bisa menjadi usaha yang Anda pertimbangkan. Namun untuk berjualan nasi goreng, penting memperhatikan lokasi agar posisi Anda terlihat dan strategis, agar pengunjung pun merasa nyaman.

5. Agen PPOB

Agen PPOB atau Payment Point Online Bank hampir sama dengan pulsa, di mana dua-duanya bisa Anda top up sedikit-sedikit, bahkan mendadak. Bedanya, biasanya agen PPOB butuh deposit lebih banyak karena harga produknya juga lumayan. Anda bisa mempertimbangkan usaha ini, sebab pembayaran tagihan kian dibutuhkan masyarakat saat ini.

6. Mini Katering

Apabila merasa katering biasa terlalu berat karena porsi masaknya yang besar, maka Anda bisa buka mini katering saja. Anda bisa menawarkan masakan yang fokusnya bukan ke acara besar, tetapi lebih ke menu sarapan, makan siang, atau makan malam. Buat variasi olahan makanannya agar banyak yang tertarik.

7. Warung Sembako

Warung sembako juga punya potensi usaha yang tidak pernah sepi, apalagi jika bukanya di kawasan padat penduduk. Anda bisa memperhatikan kebutuhan apa saja warga sekitar dan menjualnya di warung Anda. Pastikan harganya kompetitif agar tidak kalah dari warung sebelah.

8. Laundry

Usaha menghasilkan uang di rumah bisa dalam bentuk laundry. Jika sudah berniat menjalani usaha ini, pastikan ada papan nama dan berikan pelayanan ekstra seperti antar-jemput baju agar usaha ramai. Anda juga bisa menspesifikasi usaha laundry Anda, misalnya khusus baju, sepatu, atau tas.

9. Cuci Kendaraan

Usaha cuci kendaraan dari dulu sampai sekarang tetap bertahan dan ramai. Apalagi jika hasil cucian ekstra bersih dan kelihatan berkilau tanpa noda.

Untuk usaha cuci kendaraan ini, Anda bisa melakukan spesialisasi, misalnya khusus motor, mobil, atau menerima segala jenis kendaraan.

10. Pet Shop

Pet shop bisa menjadi usaha yang menjanjikan seiring dengan semakin tingginya minat masyarakat untuk memelihara hewan, baik anjing, kucing, bahkan burung dan kelinci. Nah, tentunya hewan peliharaan butuh makan setiap hari juga, bukan? 

Biasanya yang banyak disukai orang dari pet shop adalah kelengkapan jenis makanan hewannya. Beberapa pet shop juga bersebelahan dengan dokter hewan, yang bisa jadi simbiosis mutualisme.

11. Franchise Minuman

Franchise minuman memang lebih mahal dibandingkan dengan menjual minuman racikan sendiri. Akan tetapi, dengan menjalin kerja sama melalui franchise, Anda sudah terima beres saja. Franchise sudah punya nama, dan bahan serta peralatan umumnya juga sudah termasuk di dalamnya.

Kelebihan lain, Anda tidak perlu promosi dan pembeli juga bisa mengira-ngira kualitas dan rasanya.

Baca juga: 5 Franchise Minuman Tahun 2023 yang Laris

12. Perlengkapan Rumah Tangga

Toko perlengkapan rumah tangga juga umumnya tidak pernah sepi pembeli, apalagi jika toko Anda komplet. Agar lebih istimewa, Anda bisa sekalian menyediakan perlengkapan-perlengkapan umum, namun juga ada barang-barang spesifik lainnya, seperti shower, karpet, bak besar, dan barang-barang lainnya.

13. Agen Ekspedisi Barang

Tingkat belanja online cenderung meningkat setiap tahunnya, yang membuat  agen ekspedisi barang juga ikut ramai. Pedagang online mengirim barang mereka lewat agen ekspedisi dengan jumlah yang tidak sedikit. Nah, Anda bisa mencoba menjadi agen ekspedisi dan membukanya di rumah atau teras rumah. 

14. Makanan Ringan

Usaha makanan ringan juga berpotensi besar menghasilkan uang melimpah setiap harinya. Ini karena harga makanan ringan cenderung terjangkau, sehingga orang tidak segan membelinya. Nah, Anda bisa mempertimbangkan menjual makanan ringan, yang tak butuh modal besar.

15. Warung Makan

Warung makan banyak dicari orang terutama saat jam makan siang. Jadi, usaha in juga berpotensi cepat balik modal karena untungnya yang lumayan. Hanya saja, beberapa juga mengalami kerugian warung makan karena sepi. Oleh karena itu, pastikan mena sesuai dengan target pasar Anda dan selalu lakukan quality control.

Sebagai permulaan, Anda bisa mempertimbangkan membuka warung nasi dengan satu spesialisasi dulu, misalnya warung nasi pecel, warung lontong sayur, dan sebagainya. 

16. Sewa Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi hanya terpakai dalam waktu singkat karena pertumbuhan bayi memang cukup cepat. Alhasil, banyak orang tua yang ragu-ragu membelikan peralatan bayi. 

Oleh karena itu, kini banyak orang yang lebih memilih menyewa daripada beli sendiri. Lagi pula, menyewa juga lebih murah dari pada beli baru, jadi lumayan hemat.

Bagaimana usaha-usaha di atas? Apakah Anda sudah menentukan mana kiranya investasi yang cocok? Selain mendapat ide, Anda juga harus bisa membuat simulasi perhitungan usaha, sebelum benar-benar memulainya.

Contoh Perhitungan Usaha

Sudah ada niat ingin memulai tahu masih ragu dengan perhitungannya agar usaha benar-benar siap? Mudah kok, kami akan memberikan Anda contoh sebagai gambaran modal dan keuntungannya.

Modal Usaha Cucian Motor

Contoh yang akan disampaikan kali ini adalah perhitungan modal usaha cucian motor.

  • Kompresor Rp1.500.000
  • Drum tampungan air Rp150.000
  • Selang Rp50.000
  • Lap kanebo Rp40.000
  • Lap microfiber Rp 20.000
  • Sampo dove Rp 40.000
  • Semir Rp40.000
  • Total modal adalah RpRp1.67.900

Barang-barang di atas belum termasuk perawatan yang biayanya lumayan mahal. Jadi, tidak heran jika jika ada saja yang terlambat membayar pajak keberadaanya. Oh ya, Anda juga bisa memanfaatkan barang yang ada di rumah agar pengeluaran tidak terlalu banyak.

Bagaimana dengan perhitungan usaha cuci motor di atas? Meski hasilnya cukup menjanjikan, namun ternyata modalnya tidak terlalu besar.Apakah Anda sudah tertarik ingin membuka usaha sendiri? Ada banyak ide usaha yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan, jadi pertimbangkan sebaik mungkin dan pikirkan bagaimana mengelolanya. Satu lagi, setiap bisnis, walaupun itu adalah usaha yang menghasilkan uang setiap hari, pasti ada pasang surutnya. Jadi tetap semangat dalam mencoba, ya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].