Ini Daftar UMK dan UMR Tertinggi di Indonesia 2021!

0
649
UMR Tertinggi di Indonesia

Masyarakat Indonesia pasti mengenal istilah Upah Minimum Regional (UMR) dan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK). Istilah tersebut digunakan untuk menyebut standar pembayaran upah pekerja di sebuah perusahaan. Setiap kawasan, pasti memiliki standar yang berbeda.

Standar tersebut dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan pemerintah daerah setempat. Sampai saat ini, UMR dan UMK masih menjadi isu penting di kalangan pekerja. Termasuk di antaranya upaya untuk menaikkan standar UMR dan UMK daerah yang dinilai tidak layak jika dibandingkan dengan sejumlah daerah lain.

Berdasarkan data dari beberapa lembaga tepercaya, kebanyakan kota dengan UMR tinggi berasal dari Provinsi DKI Jakarta. Sisanya berasal dari luar Jawa seperti Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Lalu, daerah mana sajakah yang termasuk dalam daftar UMR tertinggi di Indonesia?

UMR Tertinggi berdasarkan UMP

Berdasarkan Upah Minimum Provinsi (UMP), daerah dengan UMR tertinggi adalah:

DKI Jakarta

Salah satu provinsi terpadat di Jawa ini berada di posisi pertama dengan UMR sekitar Rp4.416.186. Nilai tersebut dinilai sepadan mengingat biaya hidup dan tempat tinggal di kawasan ini cukup tinggi. Beberapa daerahnya juga dikenal sebagai kawasan industri dengan berbagai pabrik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Papua

Meskipun terletak jauh dari Ibu Kota, Papua berhasil menduduki peringkat kedua dengan UMR sekitar Rp3.516.700. UMR kawasan ini termasuk salah satu yang paling tinggi di kawasan timur Indonesia.

Sulawesi Utara

Memiliki UMR sekitar Rp3.310.723, Sulawesi Utara berhasil mendapatkan peringkat ketiga sebagai salah satu daerah dengan UMR tertinggi di Indonesia. Meskipun tidak dikenal sebagai kawasan industri, kita bisa menemukan beberapa pabrik multinasional di Sulawesi Utara.

Bangka Belitung

Sebagai satu-satunya provinsi asal Sumatera di posisi 5 besar, Bangka Belitung tercatat memiliki nilai UMR sekitar Rp3.230.023. Nilai tersebut cukup wajar mengingat SDA (Sumber Daya Alam) yang dimiliki kawasan ini sangat kaya.

Sulawesi Selatan

Bersama Sulawesi Utara, provinsi ini menduduki 5 besar daftar UMR tertinggi di negara kita. Nilai UMR Sulawesi Selatan sendiri sekitar Rp3.165.870 tidak berbeda jauh dengan rekan se provinsinya.

UMR Tertinggi Berdasarkan UMK

Sedangkan berdasarkan UMK, beberapa kota di Jawa Barat justru menduduki posisi 5 besar daftar UMR tertinggi di Indonesia meskipun UMP tertinggi ada di Provinsi DKI Jakarta. Berikut ulasannya:

Kabupaten Karawang

Menduduki posisi pertama, UMR Kabupaten Karawang diketahui berada pada angka Rp4.798.312. Kabupaten Karawang memang dikenal sebagai kawasan industri dan menjadi lokasi didirikannya beberapa pabrik atau perusahaan multinasional. Jadi jangan heran apabila UMR di kota ini cukup tinggi.

Kabupaten Bekasi

Berada di posisi kedua, UMR Kabupaten Bekasi tidak berbeda jauh dari Karawang yaitu sekitar Rp4.791.843. Seperti halnya Karawang, Bekasi juga diketahui sebagai kawasan industri dan memiliki beberapa pabrik multinasional, salah satunya PT. Suzuki Indomobil Motor.

Kota Bekasi

Kota Bekasi juga cukup beruntung berada di posisi 5 besar bersama tetangganya, Kabupaten Bekasi. Dengan UMR sekitar Rp4.782.935, kota ini menduduki posisi ketiga pada daftar UMR tertinggi di Indonesia.

Baca juga: Memahami Market Share Sebelum Memulai Bisnis

Kota Depok

Dengan UMR sebesar Rp4.339.514, Depok menduduki posisi keempat. Kota yang termasuk dalam Provinsi Jawa Barat ini termasuk salah satu kawasan dengan biaya hidup cukup tinggi. Jadi nilai UMR yang dimiliki dinilai cukup sepadan.

Kota Cilegon

Kawasan “seribu pabrik” ini juga diketahui memiliki UMR cukup tinggi, yaitu Rp4.309.772. Hal tersebut membuat Kota Cilegon menduduki posisi kelima dan termasuk salah satu kota yang sering menjadi jujugan para pencari kerja dari seluruh Indonesia.

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa beberapa daerah dengan UMR tertinggi di Indonesia biasanya dikenal sebagai kawasan industri atau memiliki standar biaya hidup cukup tinggi. Meskipun begitu, dua hal sebelumnya tidak serta merta menjadi patokan utama.

Ada beberapa alasan yang mendasari keputusan pemerintah daerah untuk menerapkan angka UMR di sebuah kawasan berbeda dengan kawasan lainnya. Termasuk di antaranya regulasi pemerintah daerah, kompensasi dari industri terhadap pemerintah setempat, kemampuan perusahaan, hingga peranan serikat buruh setempat.

Demikian ulasan tentang daftar UMR tertinggi di Indonesia, semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]