Ukuran Kertas F4 di Word dalam Berbagai Ukuran

0
20811
ukuran kertas f4

Pernahkah kamu mendengar orang yang bertanya seperti ini, “Ukuran kertas F4 Legal apa Letter, sih?” Pertanyaan ini umum dilontarkan oleh orang-orang yang  sedang menyusun dokumen di komputer, seperti mahasiswa yang mengerjakan tugas, karyawan yang membuat laporan, dan lainnya.

Hal itu terjadi karena kertas F4 cukup banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan dokumen. Namun, di pengaturan default aplikasi Microsoft Word, ukuran tersebut tidak ada. Sehingga, mau tidak mau orang yang membutuhkan kertas dengan ukuran F4 harus membuatnya secara manual.

Untuk itu, hal pertama yang harus diketahui ketika ingin membuat ukuran F4 di Microsoft Word adalah mengetahui ukuran F4 dalam ukuran lainnya yang lebih familier. Misalnya, seperti ukuran dalam centimeter (cm), milimeter (mm), maupun inci.

Ukuran Kertas F4 Serta Contohnya

Kembali ke pertanyaan di awal, apakah kertas F4 itu memang sama dengan kertas ukuran Legal atau Letter? Ternyata, kertas F4 tidak sama dengan kedua ukuran kertas tersebut.

Berdasar informasi dari beberapa sumber, berikut ukuran kertas-kertas tersebut:

  • Ukuran kertas Legal adalah 21,59 cm x 35,56 cm atau 8,5 inci x 11 inci.
  • Ukuran kertas Letter adalah 21,59 cm x 27,94 cm atau 8,27 inci x 11,69 inci.
  • Sementara itu, kertas F4 memiliki ukuran 21 cm x 33 cm atau 8,27 inci x 12,99 inci.

Secara umum dapat disimpulkan kalau ukuran F4 ini berada di tengah-tengah ukuran kertas Legal dan Letter. Sehingga, wajar jika banyak pihak yang kerap menggunakannya, karena ukuran tersebut tampak paling ‘standar’ untuk dokumen.

Perbandingan Kertas F4 dengan Ukuran Lainnya

Apakah kamu sudah tahu kalau ukuran kertas F4 ini sama dengan kertas folio? Ya, kertas folio memang nama lain dari kertas F4. Sama seperti kertas ukuran A4 yang memiliki nama lain kertas kuarto.

Microsoft Word punya banyak standar ukuran kertas, mulai dari Tabloid, Letter, Legal, Executive, A3, A4, dan sebagainya. Dari berbagai ukuran tersebut, kertas Letter, Legal, dan A4 adalah yang paling populer untuk kebutuhan dokumen.

Di samping itu, masyarakat Indonesia juga sering menggunakan ukuran F4, meski tidak masuk dalam standar ukuran Microsoft Word. Jika dibandingkan dengan ukuran standar lainnya, kertas F4 ini memang tampak paling pas untuk dokumen.

Dari sisi lebar, ukuran kertas ini sama dengan kertas A4 yang memiliki ukuran 21 cm x 29,7 cm atau 8,27 inci x 11,69 inci. Namun, dari sisi tingginya, kertas F4 sedikit lebih tinggi (panjang) dibanding kertas A4.

Sementara itu, ukuran kertas Legal di Word adalah ukuran populer dokumen paling luas jika dikomparasikan dengan ukuran populer lainnya. Kertas Legal sedikit lebih lebar dan tinggi dibanding kertas F4. Namun, jika dibandingkan dengan kertas Letter, kertas F4 masih jauh lebih tinggi.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Pamflet dan Leaflet

Kegunaan Kertas F4

Kertas ukuran F4 memiliki banyak sekali kegunaan, khususnya untuk berbagai proyek yang memerlukan data-data atau uraian dalam bentuk teks. Selain itu, kertas ukuran F4 juga bisa dipakai untuk keperluan-keperluan lainnya secara bebas.

Biasanya, alasan orang-orang memilih ukuran kertas F4 untuk membuat file dokumen mereka adalah karena kebiasaan. Di samping itu, tidak jarang mereka menggunakan ukuran tersebut karena aturan yang berlaku.

Cara Membuat Ukuran Margin F4 di Word

Selanjutnya, bagaimana cara membuat lembar kerja di Microsoft Word dengan ukuran margin F4 jika di pengaturannya tidak ada pilihan yang dimaksud? Tenang, ukuran ini bisa dibuat secara manual dengan langkah yang sangat mudah.

Pertama, tentu kita harus membuka program Microsoft Word. Jika sudah, segera klik tab Page Layout. Di sana, ada berbagai pilihan, kamu bisa mengklik Size untuk memilih berbagai ukuran kertas.

Untuk membuat ukuran F4 yang tidak ada di pilihan, tinggal klik More Paper Size. Jika sudah, akan muncul jendela Page Setup. Pada tab Paper, ubah ukuran Width dengan angka 21,59 cm, dan Height dengan angka 33 cm. Lalu klik OK. Kertas ukuran F4 pun sudah siap digunakan.

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah standar satuan yang digunakan. Pastikan program Microsoft Word kamu menggunakan satuan cm atau mm atau inci. Selain itu, pastikan juga soal penulisan koma, apakah dengan tanda koma atau titik. Jika sudah pasti, kamu tinggal menyesuaikan.Misal, Microsoft Word kamu menggunakan satuan inci, maka tinggal masukkan ukuran kertas F4 dalam inci untuk membuatnya. Demikian ulasan mengenai kertas F4 dan perbandingannya dalam berbagai ukuran. Semoga bermanfaat!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].