Tujuh Karakter Penting untuk Jadi Entrepreneur

0
449

Punya dana memadai memang penting untuk membangun bisnis sendiri. Tapi, modal finansial saja tak cukup membuatmu mantap menjalani peran sebagai seorang entrepreneur. Kamu harus punya pola pikir alias mindset yang kuat dan berbeda dibandingkan ketika masih berstatus karyawan.  Untuk membangun mindset entrepreneur sejati, yuk kita kenali dulu karakteristik entrepreneur.

1. Mandiri

Seorang entrepreneur tidak mengikuti arus umum atau menunggu orang lain memberikan arahan. Sebaliknya, mereka berani mengambil gebrakan dan membuka jalannya sendiri. 

2. Bertanggung Jawab

Pemikiran yang mandiri lahir dari kesadaran untuk mengambil tanggung jawab penuh. Seorang entrepreneur tidak menyalahkan orang lain atas situasi yang dialami. 

3. Berperilaku Positif

Perilaku positif adalah keharusan untuk menjadi entrepreneur yang sukses. Pola pikir pemimpin perusahaan akan mengarahkan gerak dari seluruh perusahaan dan mempengaruhi budaya perusahaan. Membangun perilaku positif bukan berarti mengabaikan apa yang berjalan salah, melainkan belajar bagaimana membingkai ulang responmu. Tak ada gunanya berlarut-larut dalam kesalahan/kegagalan.

4. Kreatif

Kreativitas adalah pendorong lahirnya penemuan-penemuan baru. Kalau kita memperhatikan kisah-kisah para penemu, kita akan menemukan benang merah kreativitas dalam karya-karya mereka. Coba lihat Steve Jobs dengan iPhone atau Wright Bersaudara dengan karya pesawat mereka. Pola pikir entrepreneur selalu mencari ide baru dan inovasi. Tentunya dengan tetap mengarahkan bagaimana agar ide tersebut dapat dikemas menjadi produk atau jasa yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

5. Persuasif

Sebagai seorang entrepreneur kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang persuasif. Artinya, kamu harus bisa menyampaikan konsep maupun manfaat atas produk/jasa yang kamu hasilkan secara meyakinkan kepada konsumen maupun investor bisnismu. 

6. Berorientasi pada Target

Seorang entrepreneur harus mempunyai rencana untuk mencapai target. Namun, target tak bisa sembarangan dipasang melainkan harus ditentukan dengan sejumlah pertimbangan, antara lain spesifik, terukur, relevan dan terjadwal. 

7. Selalu Mau Belajar 

Seorang entrepreneur tak boleh cepat berpuas diri.  Menjadi entrepreneur berarti selalu siap membuka diri untuk mempelajari hal baru dan mengembangkan keterampilan baru.  

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]