Ini Beberapa Fungsi dan Tugas Bank Indonesia yang Perlu Kamu Tahu!

2
13262
Tugas Bank Indonesia

Kita mengetahui bahwa banyak masyarakat Indonesia yang memang belum memahami sejarah serta peran dari Bank Indonesia. Seperti yang kita ketahui untuk mengetahui sejarah dari Bank Indonesia, Tugas Bank Indonesia dan lainnya yang menyangkut BI kamu bisa mencari lengkapnya di museum Bank Indonesia.

Museum Bank Indonesia sendiri diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 Juli tahun 2009.  Di sini juga siapapun bisa mengunjunginya secara gratis dan juga di museum BI ini kamu bisa melihat berbagai macam informasi, sejarah hingga tugas Bank Indonesia. 

Mengenal Museum Bank Indonesia

Banyaknya fasilitas pada museum Bank Indonesia juga membuat BI membuat museum mini Bank Indonesia di daerah Sumatera Barat tepatnya di Padang. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh museum BI adalah pusat informasi Bank Indonesia, perpustakaan dan lainnya. Di sini kamu akan diberikan informasi dari masa ke masa yang merangkum semua perjalanan Bank Indonesia.

Tidak hanya informasi yang berada di dalam negeri, pusat informasi Bank Indonesia juga menyediakan beragam informasi yang berasal dari luar negeri. Namun, seiring perkembangan zaman juga Bank Indonesia membuat pembaharuan dengan menyediakan virtual museum sebagai sarana untuk mengakses informasi.

Tujuan Serta Tugas Bank Indonesia

Bank Indonesia memiliki satu tujuan dan memiliki 3 pilar utama untuk mendukung tercapainya tujuannya. Peran dan kapasitasnya sebagai Bank Sentral, memiliki tugas untuk mencapai serta kestabilan nilai rupiah. 

Karenanya, tugas Bank Indonesia lainnya diantaranya seperti:

  • Menjaga kestabilan nilai rupiah terhadap barang dan jasa
  • Menjaga kestabilan nilai rupiah terhadap mata uang negara lain
  • Membuat serta melakukan pengawasan regulasi untuk semua bank yang ada di Indonesia
  • Melakukan penelitian serta pemantauan
  • Menyimpan uang kas negara dan memberikan bantuan dana kepada bank-bank di Indonesia yang sedang mengalami permasalahan finansial.

Aspek pertama yang dapat dilihat untuk mengukurnya adalah melalui perkembangan dari laju inflasi sedangkan aspek lainnya adalah nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lainya.

Baca juga: Suku Bunga pada Sertifikat Bank Indonesia

Tujuannya hanya satu dengan harapan Bank Indonesia dapat memfokuskan langkah serta memperjelas dan batasan dari tanggung jawab yang harus dilakukan. Sehingga masyarakat juga dapat langsung melihat bagaimana kinerja dari BI.

Untuk memelihara nilai rupiah agar tetap stabil, maka Bank Indonesia memiliki tiga pilar yaitu:

  1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
  2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
  3. Menjaga stabilitas sistem keuangan

Bank Indonesia hadir untuk mewujudkan perekonomian Indonesia yang lebih baik dengan cara menjaga nilai rupiah untuk tetap stabil. Dengan mengenal memahami tugas Bank Indonesia lebih jauh juga setidaknya ikut membantu mewujudkan fungsinya sesuai dengan posisi kita masing-masing.

Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan rupiah untuk melakukan serta menggunakan produk lokal.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.