Tips Sukses dalam Membangun Bisnis Event Organizer

1
154

Pesatnya perkembangan zaman kini membuat tumbuhnya berbagai macam bisnis. Salah satunya adalah bisnis event organizer atau lebih disingkat EO. Bisnis kreatif yang satu ini merupakan jasa yang menggelar atau menjalankan suatu acara. Biasanya, jasa event organizer digunakan pada acara musik, seminar, hingga pernikahan menggunakan jasa EO. 

Bisnis Event Organizer semakin menjanjikan belakangan ini, semakin banyak orang yang menggunakan jasa EO untuk berbagai keperluan karena lebih mudah dan praktis jika menggunakan EO. Saat ini bisnis EO merupakan peluang usaha yang menguntungkan dan banyak orang yang pada akhirnya membuat bisnis EO. Namun, untuk membuka bisnis EO ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan tips-tips tertentu agar bisnis ini bisa sukses, berikut ini adalah beberapa tips sukses dalam membangun bisnis EO. 

  • Membangun tim yang solid

Hal pertama yang mesti dilakukan yaitu membentuk tim inti yang solid. Karena untuk menggelar acara besar tidak bisa dilakukan sendirian. Bentuk tim yang terdiri dari orang-orang yang memang mampu bekerja keras, kreatif serta tanggung jawab dalam sebuah tim EO. Tim yang kamu siapkan  bisa disesuaikan dengan besar-kecilnya skala acara. Karena makin banyak orang biasanya juga makin susah mengambil keputusan karena akan semakin banyak ide yang disampaikan. 

  • Pengalaman yang cukup

Pada umumnya bisnis di bidang jasa akan sangat membutuhkan keahlian khusus dan juga pengalaman yang kuat, hal ini juga berlaku ketika berniat untuk menjalankan bisnis EO. Sangat penting untuk memiliki sejumlah pengalaman yang banyak sebelum akhirnya memutuskan untuk mulai berbisnis EO. Pengalaman yang minim, akan sangat mungkin membawa kamu pada berbagai masalah di bisnis EO, mengingat bisnis ini akan membutuhkan penanganan sejumlah kegiatan yang mungkin memerlukan keahlian khusus yang tidak semua orang dapat melakukannya.

  • Modal awal yang cukup

Hampir semua bisnis akan membutuhkan sejumlah modal, termasuk bisnis EO yang akan dijalankan nanti. Pastikan memiliki sejumlah modal awal yang cukup untuk menjalankan bisnis ini, sebab pada umumnya setiap acara yang ditangani oleh EO akan melakukan pembayaran bertahap dan tidak sekaligus. Kebanyakan dari acara hanya akan dibayar separuhnya saja di awal, lalu sisanya akan dibayar di akhir acara. Untuk itu kamu perlu melakukan antisipasi dengan baik, di mana kamu harus memiliki sejumlah modal yang cukup untuk menutupi berbagai kebutuhan acara tersebut lebih dulu, hingga akhirnya mendapatkan pembayarannya secara penuh di akhir.

  • Bangun relasi yang kuat

Dalam bisnis EO relasi adalah sebuah hal yang begitu penting dalam mendapatkan klien atau konsumen. Buatlah sebuah jaringan seluas-luasnya, Adapun tipsnya adalah kamu bisa sering menghadiri acara-acara yang berkaitan dengan festival musik, acara pernikahan, dan acara-acara lainnya kemudian berkenalanlah dengan banyak orang. Melalui perkenalan terhadap banyak orang, maka kemungkinan kamu akan  mendapatkan klien akan semakin besar. Selain itu kamu juga memanfaatkan media social dalam membangun relasi.  

  • Tidak berhenti berkreasi

Event organizer adalah pekerjaan kreatif dan inovasi, untuk itu kamu perlu terus menjaga kreativitas dalam menjalani bisnis ini.   Tips yang bisa dilakukan adalah mengupdate desain promosi agar calon klien lebih tertarik saat proses pitching berlangsung.

  • Lakukan promosi

Sebagaimana yang juga sudah dijelaskan sebelumnya diatas, kamu harus melakukan promosi melalui berbagai media yang tepat. Sangat penting untuk memiliki sebuah website dan juga sosial media resmi, di mana kamu dapat menunjukkan dan mempromosikan portofolio dari acara yang telah kamu gelar sebelumnya. Media ini bahkan akan sangat membantu untuk bisa mendatangkan lebih banyak klien dan juga relasi yang akan membantu kesuksesan di masa yang akan datang.

  • Evaluasi Tim secara berkala

Di dalam bisnis EO, tim adalah aset paling berharga yang kamu miliki. Sangat penting untuk memastikan bahwa tim kamu adalah yang terbaik dan berada pada komposisi yang paling tepat.  Lakukan evaluasi secara bertahap kepada tim kamu agar dapat terus bekerja maksimal sehingga acara yang sedang kamu jalani dapat berjalan lancar dan sukses. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro | Editor: Rimba Laut

 

1 COMMENT

Comments are closed.