Tips Sukses dalam Bisnis Kos-Kosan

1
133

Hampir setiap orang tentunya mendambakan kehidupan yang baik di hari tuanya, khususnya dalam hal finansial. Kesadaran untuk bisa mendapatkan kesejahteraan finansial di hari tua harus dipikirkan sejak dari sekarang. Memulai bisnis kos-kosan adalah salah satu solusi untuk berinvestasi di hari tua. 

Seperti namanya, bisnis kos adalah bisnis yang menyewakan ruangan kamar pada orang lain dengan biaya tertentu yang telah ditetapkan. Biaya yang ditetapkan adalah berupa kontrak bulanan atau ada juga yang tahunan. Seperti investasi lainnya, bisnis sewa kos ini juga mampu memberikan keuntungan yang terus meningkat di setiap tahunnya, bahkan bisnis ini adalah salah satu dari sekian banyak model bisnis properti dengan keuntungan yang menjanjikan.

Bisnis kos-kosan masih menarik minat banyak orang karena mempunyai potensi yang besar dalam berinvestasi. Berikut beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan dalam memulai bisnis kos agar berjalan dengan baik: 

  • Pilih Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam membangun bisnis kos-kosan adalah lokasi.  Pastikan lokasinya strategis dan mudah diakses oleh berbagai transportasi umum.  Pilihlah lokasi yang dekat dengan area kampus atau perkantoran/industri, karena lokasi yang seperti itu punya potensi konsumen yang lebih besar. Selain lokasi yang strategis, pastikan calon rumah kos harus terbebas dari potensi bencana alam seperti banjir dan memiliki sertifikat rumah resmi, serta kejelasan dalam hal perizinan kos-kosan dari Ketua RT/RW setempat.

  • Harga yang Kompetitif

Harga sewa menjadi salah satu faktor penting bagi calon penghuni dalam memilih kos-kosan.  Sesuaikan harga sewa yang sesuai dengan target dan fasilitas yang Sobat tawarkan. Misalnya kamar kos dengan fasilitas AC dihargai sebesar Rp1,5 juta, sementara kamar kos tanpa AC dikenakan biaya Rp800 ribu. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang bisa menjangkau karena terdapat beragam pilihan harga. 

  • Fasilitas 

Fasilitas yang disediakan juga menjadi dasar konsumen dalam memilih, pastikan fasilitas yang ada memang berjalan dengan baik seperti air bersih, dan aliran listrik yang cukup.  Tak hanya fasilitas yang ada di kamar kos, pikirkan juga berbagai fasilitas tambahan agar penghuni kos betah. Misalnya dengan menyediakan WiFi gratis, laundry, katering, dan lain sebagainya. 

  • Kebersihan 

Rumah kos yang bersih dan aman akan membuat penghuni kos merasa nyaman dan aman. Pekerjakan karyawan yang bertanggung jawab untuk urusan kebersihan seperti menyapu dan mengepel lantai hingga membersihkan area parkir. Namun yang cukup penting juga, terapkan aturan agar seluruh penghuni kos menjaga kebersihan pula seperti mencuci peralatan makan sendiri sesuai makan hingga membuang sampah di tempatnya.

  • Jamin Keamanan 

Tips berikutnya agar bisnis kos-kosan bisa berjalan lancar dan tidak kehilangan konsumen adalah dengan menjamin keamanan penghuni. Mulai dari memberikan kunci pribadi ke setiap pemilik kamar hingga memasang CCTV di lorong kamar dan parkir, untuk mencegah terjadinya tindakan kriminalitas. Begitu pula dengan tamu penghuni kos, hanya izinkan sampai ada di ruang tamu atau bagian teras saja, jangan boleh ada yang ke kamar. Jika perlu, sewa petugas keamanan yang akan memantau gerbang kos selama 24 jam.

  • Promosi Melalui Media Sosial 

Jika kamu bisa memastikan seluruh tips nomor 1-5 maka yang selanjutnya kamu lakukan adalah promosi. Berbagai promosi online maupun offline bisa Sobat lakukan. Misal kamu memasang pamflet atau poster dalam promosi offline, untuk promosi secara online tentunya menggunakan social media agar efektif dan efisien. Pastikan Sobat memasang foto rumah kos terbaik dan berbagai fasilitas yang tersedia, supaya menarik.

  • Tunjuk Orang Terpercaya

Nah, hal terakhir yang bisa diterapkan agar bisnis kos-kosan berjalan lancar dan selalu cuan adalah tunjuk orang terpercaya. Seperti namanya, orang ini akan bertanggung jawab penuh kepada operasional kos-kosan, apalagi kalau Anda tak bisa berkunjung setiap waktu. Biasanya orang terpercaya ini harus tinggal di rumah kos, supaya tetap dapat memantau dan memberikan laporan harian.

Itulah beberapa tips yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis kos agar dapat berjalan dengan baik dan benar, sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal dan tentunya dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sobat, jika ingin mendapatkan penghasilan passive income lainnya, bisa mulai mengembangkan dana di Fintech Peer to Peer (P2P) Lending Akseleran. Mengembangkan dana di Akseleran mudah, menguntungkan dan aman.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.