Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

1
180
Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Tanpa terasa bulan Ramadan akan segera tiba. Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu umat muslim untuk menjadi momen memperbanyak amalan ibadah. Menjaga tubuh tetap bugar saat puasa sangatlah penting untuk menjaga kondisi tubuh, sebab terjadi perubahan pola makan yang drastis yaitu tidak makan dan minum sehingga tubuh perlu beradaptasi dengan kondisi ini.

Berpuasa memiliki dampak positif pada tubuh seperti meningkatkan kekebalan imun, baik bagi kesehatan organ di dalam tubuh, mencegah diabetes dan bisa menurunkan berat badan. Agar tetap bugar di saat menjalani puasa sebetulnya mudah dilakukan. Berikut tips sederhana menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

1. Perbanyak makanan berserat dan minum air putih

Pilih menu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan utamakan asupan yang tinggi serat seperti sayur, buah dan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuatmu kenyang lebih lama. Jika pekerjaan yang kamu lakukan sehari-hari membutuhkan banyak gerakan fisik, maka kamu bisa perbanyak asupan karbohidrat dan protein di dalam menu sahur tapi tetap harus diseimbangkan dengan jumlah seratnya. Perbanyak minum air putih menjelang imsak agar tidak dehidrasi di siang hari. Usahakan untuk tidak terlalu memakan banyak makanan yang mengandung banyak gula karena bisa membuat lemas dan mudah haus.

2. Selingi dengan olahraga ringan

Aktivitas fisik tetap bisa dilakukan saat berpuasa agar badan Anda tetap fit. Tidak perlu melakukan olahraga berat, olahraga yang ringan pun sudah cukup ketika berpuasa seperti berjalan kaki di area tempat tinggal atau Gerakan senam ringan selama 15 – 30 menit. Hindari olahraga berat yang hanya akan membuat kamu cepat dehidrasi.

3. Istirahat di siang hari

Melakukan aktivitas dalam keadaan berpuasa bisa membuat tubuh akan lebih cepat lemas. Untuk itu kamu boleh menggunakan waktu istirahat untuk tidur siang setidaknya selama 30 menit untuk mengembalikan energi agar bisa kembali lagi beraktivitas. Kamu bisa memilih waktu dimana biasanya memasuki waktu saat otak sudah lelah dan sulit berkonsentrasi, seperti pada saat jam istirahat kantor. Namun sebaiknya kamu menghindari memaksakan tidur siang di saat sedang dalam keadaan yang sangat produktif.

4. Buka puasa secukupnya

Jangan lapar mata ketika akan membeli makanan untuk berbuka puasa. Karena ketika berbuka puasa nanti biasanya hanya dengan minum air putih saja sudah merasa kenyang. Awali berbuka dengan makanan yang manis dan sehat seperti buah kurma, buah-buahan segar atau jus buah. Memakan makanan yang mengandung gula pada saat berbuka puasa sangat dianjurkan guna mengembalikan kandungan gula dalam tubuh yang juga berfungsi sebagai sumber energi. Hindari memakan makanan berat saat berbuka karena justru akan membuat tubuh cepat lemas dan mengantuk. Beri waktu sebelum kamu akhirnya menyantap makanan berat. Idealnya, kamu bisa makan makanan berat setelah shalat Tarawih agar tubuh siap menampung makanan lebih lagi.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut