Tips Mudik Lebaran 2020 agar Perjalanan Aman dan Nyaman Hingga Tujuan

0
2097
Tips Mudik

Wabah Covid-19 yang belum mereda tampaknya akan membuat suasana lebaran tahun ini berbeda. Alih-alih pulang kampung pada perayaan Idulfitri di tanggal 24-25 Mei, pemerintah menyarankan kita untuk menggantinya di hari lain. Cuti bersama yang sedianya menjadi perpanjangan waktu libur lebaran yakni tanggal 26-29, digeser ke akhir tahun menjadi tanggal 28-31 Desember. Lalu, tips mudik apa yang sebaiknya dipersiapkan nanti?

Ada beberapa tips mudik yang harus kamu perhatikan agar perjalananmu aman dan nyaman sampai ke kampung halaman. Simak ulasannya berikut ini!

  • Pastikan Kondisi Sudah Kondusif

Tips mudik pertama yang wajib diperhatikan adalah situasi terkait pandemi. Pemerintah menggeser tanggal mudik ke akhir tahun dengan perkiraan saat itu wabah benar-benar sudah tertangani. Namun tidak ada yang tahu pasti bagaimana situasi dan kondisi pada saat itu nantinya. Karena itu, pastikan pemerintah sudah mencabut imbauan untuk tidak mudik dan wabah mulai mereda.  Selama mengikuti anjuran pemerintah, segalanya pasti akan berjalan kondusif.

  • Usahakan Mudik dengan Menggunakan Kendaraan Pribadi

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan ketika mudik setelah pandemi adalah kemungkinan virus masih tersebar. Sebaiknya hindari tempat-tempat umum dan interaksi dengan terlalu banyak orang. Jika memungkinkan, hindari perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum yang berpotensi mengharuskanmu berdesak-desakan. Menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil rental merupakan beberapa opsi yang bisa kamu ambil. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi kendaraan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

  • Jangan Naik Kendaraan dengan Muatan Berlebihan

Baik mudik dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum, kenyamanan adalah hal utama. Hindari mengangkut terlalu banyak penumpang atau barang. Apalagi kalau jumlahnya sampai melebihi kapasitas. Jika kendaraan yang kamu gunakan kelebihan muatan, keselamatan penumpang bisa berada dalam bahaya.

Baca juga: Awal Mula Munculnya Tradisi Mudik di Indonesia

  • Jaga Kesehatan Sebelum Berangkat

Dalam situasi normal sekalipun, tips mudik paling penting itu adalah berangkat dalam keadaan tubuh sehat dan fit. Mudik bukanlah perjalanan biasa. Selain volume kendaraan dan orang-orang yang tinggi di jalanan, banyak di antara kamu yang mungkin akan melakukan perjalanan jauh. Agar tak mudah sakit atau lelah di jalanan, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebelum berangkat mudik adalah sebuah keharusan.

Lakukan olahraga ringan, atur pola makan serta beristirahatlah yang cukup. Jika perlu, minum suplemen makanan atau tambahan vitamin agar daya tahan tubuh meningkat.

  • Bawa Barang-barang Secukupnya

Untuk kamu yang mudik dengan menggunakan mobil pribadi, bawaan yang banyak mungkin bukan masalah. Tapi jika kamu mudik dengan kendaraan umum atau sepeda motor, membawa terlalu banyak barang-barang akan sangat merepotkan. Pastikan kamu hanya membawa benda-benda yang penting saja. Kalaupun ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarga di kampung, bawalah dalam jumlah wajar. Jangan sampai tas atau kotak jinjingan kamu malah membuatmu repot dan kelelahan.

  • Bawa Makanan dan Minuman

Perjalanan mudik kerap diidentikkan dengan jalanan macet. Kemacetan tidak hanya terjadi di ruas-ruas jalan kota. Bahkan di jalan lintas dan jalan tol sekalipun, kemacetan bisa saja terjadi. Apalagi jika arus mudik sedang tinggi-tingginya. Akan sangat merepotkan jika kemacetan berlangsung hingga berjam-jam.

Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan-kemungkinan semacam ini, usahakan untuk membawa bekal makanan dan minuman. Selain stress, kondisi perut lapar dan haus akan membuatmu kehilangan konsentrasi menyetir. Agar lebih simpel, bawalah makanan ringan atau roti yang tidak mudah basi meski disimpan dalam waktu lama.

  • Bawa Uang Tunai Secukupnya

Uang tunai merupakan kebutuhan krusial saat mudik. Sebab mesin ATM tidak selalu ada di jalan menuju ke kampung halaman. Tidak semua tempat bisa menerima pembayaran dengan kartu baik debit atau kredit. Karena itu, menyiapkan uang tunai juga penting. Ingat, jangan membawa uang tunai terlalu banyak. Siapkan dalam jumlah cukup untuk berjaga-jaga selama di perjalanan.

Itulah beberapa tips mudik 2020 untuk kamu agar selamat sampai ke tujuan. Hal penting lain yang juga harus menjadi perhatian adalah keamanan selama dalam perjalanan. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan beristirahatlah jika kamu merasa lelah. Dengan begitu, mudik akan jadi lebih aman dan nyaman hingga tiba ke kampung halaman.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]