5 Tips Merancang Rumah Tinggal untuk Mewujudkan Hunian Impianmu!

0
1193
Tips Merancang Rumah

Setiap orang tentunya mempunyai impian untuk memiliki rumah tinggal yang nyaman dan ideal untuknya. Namun, untuk mewujudkannya tentu memerlukan perencanaan yang matang agar terhindar dari risiko yang dapat terjadi.

Berbicara mengenai perencanaan serta perancangan rumah baru yang ideal, banyak dari kamu yang mungkin bingung bagaimana langkah terbaik untuk mempersiapkannya. Terutama rumah merupakan tempat yang kita tinggali dalam waktu yang panjang. Di bawah ini kita akan membahas tips mempersiapkan rancangan rumah tinggal ideal dengan lebih baik.

Tips Merancang Rumah Rumah Tinggal yang Ideal!

  • Budgeting untuk Merancang Rumah Tinggal

Budget merupakan hal yang seringkali membuat kita merasa terbeban dan tak jarang juga akhirnya banyak orang berusaha menghindarinya. Meski demikian, budgeting adalah hal terpenting dan harus diperhatikan secara cermat karena inilah yang menjadi salah satu faktor pendukung terbesar untuk mewujudkan rumah tinggal ideal.

Karenanya tahap pertama saat ingin merancang rumah tinggal adalah dengan memperhitungkan budget yang dibutuhkan secara lebih detail. Jangan sampai proses pembangunannya jadi terhambat dikarenakan dana yang dimiliki tidak mencukupi.

Untuk perhitungan budgetnya sendiri meliputi beberapa proses seperti perancangan, pembangunan, pengurusan surat-surat hingga pengisian perabotan rumah yang diperlukan. Saat menyusun budget juga akan membantu kamu dalam menyeimbangkan antara mana kebutuhan dan mana keinginan sehingga dana yang dikeluarkan juga akan lebih optimal.

  • Tentukan Konsep Desain Rumah Tinggal

Desain juga adalah hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari desain interior maupun eksterior menjadi kunci utama dalam mewujudkan rumah tinggal impian. Oleh karena itu, satu tips merancang rumah tinggal terlebih dahulu kamu harus menentukan konsep dari desainnya terlebih dahulu. Desainnya ini beragam, ada yang berkonsep minimalis, modern, sederhana, klasik, alami hingga kontemporer.

Apabila membutuhkan referensi, kamu dapat melihat beberapa desain rumah yang cocok di Dekoruma. Apabila diperlukan, kamu juga dapat melakukan konsultasi dengan desain interior yang ahli agar konsep yang sudah kamu pikirkan bisa tertuang dan tidak salah langkah. 

  • Memiliki Tenaga Ahli yang Baik

Memilih jasa dari tenaga ahli juga poin penting yang harus dipersiapkan karena dengan tenaga ahli yang profesional dan baik tentu akan menghasilkan hasil yang lebih baik. Apabila terjadi masalah atau kesalahan lainnya, akan dengan mudah kita melakukan claim sehingga mereka dapat memperbaikinya kembali.

Selain itu, tenaga atau tukang yang sudah ahli juga lebih paham mengenai bahan bangunan yang berkualitas untuk rumah tinggal sehingga kamu bisa mempercayakan semuanya kepada mereka. Maka dari itu, pastikan kamu tidak salah pilih tim yang nantinya akan membangun rumah tinggalmu.

  • Tentukan Ukuran Rumah Tinggal

Ukuran rumah tinggal yang ideal sebenarnya relatif tergantung pada setiap kebutuhan dari calon penghuninya. Bagi mereka yang memiliki anggota keluarga yang banyak tentu akan membutuhkan ukuran rumah tinggal yang lebih besar. Begitu juga sebaliknya untuk mereka yang memiliki anggota keluarga sedikit.

Tetapi, sebaiknya kamu jangan hanya menentukan ukuran rumah tinggal berdasarkan keadaan sekarang saja. Pikirkan juga untuk kedepannya, karena mungkin saja dalam beberapa tahun ke depan anggota keluargamu bertambah sehingga membutuhkan ruangan khusus yang lebih luas atau kedepannya kamu juga memiliki rencana untuk membangun bisnis sehingga membutuhkan lahan yang lebih luas.

  • Kriteria Rumah Tinggal yang Ideal

Saat ingin merancang rumah impian, pastikan kamu mengetahui kriteria rumah tinggal yang ideal. Hal ini sebenarnya kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing orang yang berbeda-beda, namun setidaknya ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi saat membangun rumah yaitu:

  1. Struktur dan pondasi rumah tinggal harus kuat dan kokoh.
  2. Rumah tinggal yang ideal harus selalu bersih supaya tidak menjadi bibit penyakit.
  3. Rumah tinggal harus memiliki sirkulasi udara yang baik supaya tidak pengap karena dapat berdampak pada kesehatan.
  4. Rumah tinggal yang ideal memiliki ruang terbuka untuk kegiatan sehari-hari, seperti menjemur pakaian atau bercocok tanam.
  5. Setiap saluran pipa di dalam rumah tinggal harus berjalan lancar supaya tidak mengalami mampet ataupun kebocoran.
  6. Jangan ada banyak perabotan yang tidak perlu di dalam rumah tinggal karena ini akan membuat rumah jadi berantakan dan akhirnya menyusahkanmu saat membersihkan rumah.

Nah, jika rumah tinggalmu sudah memenuhi semua kriteria di atas, maka kamu bisa langsung menghuninya dengan nyaman tanpa rasa khawatir. Ohya, kalau kamu memiliki kriteria rumah tinggal ideal sendiri, jangan lupa untuk dipenuhi juga, ya!

Begitulah tips merancang rumah tinggal yang bisa kamu ikuti. Mungkin pada awalnya akan sangat memusingkan, bahkan menguras pikiran dan tenaga, tapi semua itu akan terbayar saat rumah tinggal impianmu sudah jadi dan siap dihuni. 

Ingat untuk membangun atau merancang rumah memerlukan dana yang tidak sedikit loh karenanya kamu dapat mulai mempersiapkannya dengan mengembangkan dana melalui platform P2P Lending Akseleran.

Kembangkan Dana Untuk Membangun Rumah Impian yang Aman, Nyaman dan Ideal Untukmu!

Bagi kamu yang ingin membangun rumah impianmu yuk mulai kembangkan dana di P2P Lending Akseleran. Sebagai platform pengembangan dana dengan jangka waktu yang relatif pendek keuntungan yang bisa kamu terima hingga 18% per tahun dan dimulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]