Tips Menyusun Deck Presentasi

0
756
Tips Menyusun Deck Presentasi

Presentasi adalah salah satu bentuk komunikasi yang penting dalam dunia bisnis maupun akademis. Dalam menyusun sebuah presentasi, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar presentasi yang kamu buat dapat memberikan dampak yang baik pada audiens. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan dalam menyusun deck presentasi.

1. Tentukan Tujuan dari Presentasi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan dari presentasi yang akan kamu buat. Tujuan yang jelas akan membantumu dalam menentukan fokus presentasi, serta mempermudahmu dalam memilih informasi yang perlu disampaikan pada audiens. Apa pesan utama yang ingin kamu sampaikan pada audiens? Apa yang ingin kamu capai setelah presentasi selesai? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantumu menentukan tujuan presentasi.

2. Tentukan Audiens

Setiap presentasi harus disesuaikan dengan audiens yang akan melihatnya. Dalam menentukan audiens, kamu perlu mempertimbangkan usia, latar belakang pendidikan, dan minat audiens. Hal ini penting agar pesan yang ingin kamu sampaikan dapat disampaikan dengan efektif dan efisien.

3. Susun Outline dan Buat Slide

Setelah menentukan tujuan dan audiens, langkah selanjutnya adalah membuat outline dan slide presentasi. Outline presentasi akan membantumu dalam menyusun konten yang akan disampaikan pada audiens, serta membantumu dalam menjaga arah presentasi agar tetap pada topik yang telah ditentukan. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan tampilan slide presentasi agar dapat menarik perhatian audiens. Gunakan font yang mudah dibaca dan perhatikan warna yang digunakan.

4. Gunakan Gambar dan Grafik

Penggunaan gambar dan grafik dapat memperkaya presentasi yang kamu buat, serta membantu audiens untuk lebih memahami informasi yang kamu sampaikan. Pilih gambar dan grafik yang relevan dengan topik yang akan kamu sampaikan dan pastikan kualitas gambar dan grafik yang digunakan cukup baik.

5. Percaya Diri

Langkah terakhir adalah mempresentasikan materi dengan percaya diri. Pastikan kamu mempersiapkan materi dengan baik, mempraktikkan presentasi sebelumnya, serta melakukan relaksasi agar kamu merasa nyaman dan percaya diri saat mempresentasikan materi.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menyusun presentasi yang efektif dan efisien. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu presentasi agar tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan, serta memastikan audiens dapat mengerti dengan baik pesan yang ingin kamu sampaikan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut