Tips Menyimpan Daging Kurban Supaya Awet

1
461
Tips Menyimpan Daging Kurban Supaya Awet

Perayaan hari raya Idul Adha tentunya sangat identik dengan daging kurban. Masyarakat akan menerima daging dengan kuantitas yang cukup banyak pada hari raya kurban ini untuk dikonsumsi. Daging kurban tersebut mungkin tidak dapat langsung dihabiskan dalam sehari. Agar tetap segar dan awet, daging kurban harus disimpan dengan cara tertentu. Berikut ini adalah beberapa teknik dan juga tips untuk menyimpan daging kurban agar tetap tahan lama.

1. Jangan Cuci Daging

Hal pertama yang biasanya dilakukan secara insting adalah mencuci daging kurban agar bersih. Namun, ternyata daging akan mengeluarkan bau tidak sedap jika dibilas dengan air. Selain itu, air akan menyerap ke dalam serat-serat dan dapat merusak daging sehingga menurunkan kualitasnya. Jika memang terdapat kotoran pada daging, gunakan tisu dapur untuk membersihkannya. Pastikan juga tangan tetap kering atau gunakan sarung tangan saat menyentuh daging.

2. Potong Daging Menjadi Beberapa Bagian

Sebelum dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan, potong-potong daging terlebih dahulu menjadi beberapa bagian. Hal ini dilakukan agar mempermudah proses pencairan daging dan mempersingkat waktu memasak. Kamu bisa potong-potong daging menjadi kotak-kotak atau sesuai porsi yang diinginkan.

3. Simpan di Wadah Kedap Udara

Sebelum dimasukan ke dalam kulkas, lebih baik jika daging disimpan dalam wadah yang kedap udara. Hal ini disebabkan paparan udara dalam kulkas yang dapat memicu berkembangnya bakteri di permukaan daging. Selain wadah kedap udara, kamu juga bisa membalut daging dengan pembungkus plastik. Agar lebih aman, kamu bisa menambahkan lapisan kantong plastik gelap untuk meminimalisir paparan cahaya.

4. Simpan di Freezer

Setelah daging disiapkan, daging harus dimasukkan ke dalam freezer yang bersuhu minus 18 derajat celcius. Pembekuan daging akan menidurkan bakteri di dalamnya. Di suhu ini, bakteri tidak akan bereaksi sehingga daging akan awet secara alami.

5. Pindahkan ke Rak Khusus Daging Ketika akan Dimasak

Jika ingin menyiapkan daging untuk dimasak, kamu bisa memindahkan daging dari freezer ke rak khusus daging untuk dicairkan. Cara ini dilakukan agar daging dapat mencair tanpa kehilangan suhu dinginnya. Jika daging dicairkan di luar ruangan, maka daging akan bereaksi dengan bakteri di dalam udara sehingga dapat menurunkan kualitas daging.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.