Tips Mengontrol Waktu Luang

0
375
Tips Mengontrol Waktu Luang

Kita sering kali mengatakan bahwa kita tidak memiliki waktu untuk melakukan sesuatu. Padahal kita punya 168 jam dalam seminggu namun rasanya begitu sulit untuk menemukan waktu untuk melakukan apa yang kita inginkan

Pakar manajemen waktu dan produktivitas, Laura Vanderkam menawarkan cara berpikir baru tentang dilema ini dalam TED Talknya yang berjudul “cara mendapatkan kendali atas waktu luang”. Vanderkam menegaskan bahwa kita tidak membangun kehidupan yang kita inginkan dengan menghemat waktu. Kita membangun kehidupan yang kita inginkan dan kemudian waktu menyelamatkan dirinya sendiri.

Dalam sebuah studi dimana Vanderkam mengamati 1.001 hari dalam kehidupan seorang wanita yang sangat sibuk, seorang peserta merinci seminggu dimana pemanas air rumahnya rusak hingga membanjiri ruang bawah tanahnya yang akhirnya membutuhkan perbaikan selama 7 jam. Ketika ditanya apakah dia bisa meluangkan waktu 7 jam dalam seminggu untuk melakukan hal lain, jawabannya adalah ia tidak punya waktu.

Ini dapat menggambarkan bahwa waktu bersifat elastis. Ketika seseorang harus meluangkan 7 jam untuk memperbaiki rumahnya, dia bisa melakukannya. Menurut Vanderkam, kita tidak dapat meluangkan lebih banyak waktu, tetapi waktu akan terus bertambah untuk mengakomodasi apa yang kita pilih untuk dimasukkan ke dalamnya. Maka, kunci manajemen waktu adalah memperlakukan prioritas kita dan langkah pertama untuk melakukan ini adalah mencari tahu apa prioritasmu.

Membagi prioritas ke dalam karir, hubungan personal, dan diri sendiri dapat membantumu mengatur aktivitas dengan lebih baik. Baik itu berolahraga, mencari waktu untuk berlibur, atau menghabiskan waktu bersama keluarga, pastikan untuk menjadwalkannya sebelum minggu tiba.

Pada intinya, Vanderkam menggarisbawahi bahwa setiap menit yang kita habiskan adalah pilihan kita. Ketika kita mengklaim bahwa tidak punya waktu, hal ini biasanya identik dengan skala prioritas. Ketika kamu membuat sesuatu menjadi prioritas, kamu akan menemukan waktu untuk melakukannya.

Jika kamu berjuang untuk menemukan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu inginkan, coba pikirkan Kembali apa yang kamu prioritaskan saat ini. Apakah kamu berfokus pada apa yang benar-benar penting? Seperti yang dikatakan Vanderkam, “Waktu adalah pilihan. Kita memiliki kekuatan untuk mengisi hidup dengan hal-hal yang pantas ada di sana.”

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut