Tips Menghemat Listrik di Rumah

1
179
Tips Menghemat Listrik di Rumah

Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama yang menunjang masyarakat dalam beraktivitas. Mulai dari belajar, bekerja, bahkan menikmati hiburan, ketersediaan listrik sangat berpengaruh pada kelancaran kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Penggunaan listrik yang efisien sangat berpengaruh terhadap minimnya tagihan listrik sebulan. dan penggunaan listrik di rumah. Walaupun terlihat sederhana, namun ternyata banyak konsumsi listrik yang tidak kita sadari turut berkontribusi dalam meningkatnya penggunaan daya listrik setiap hari. Untuk itu, ada baiknya kita lebih mencermati setiap penggunaan daya listrik khususnya di rumah agar tidak hanya menghindari pemborosan energi listrik, tetapi juga mengurangi tagihan daya listrik yang harus dibayar. Yuk, simak beberapa tips untuk menghemat listrik yang dapat kita lakukan dengan mudah.

1. Matikan perkakas elektronik jika tidak dibutuhkan

Tips ini memang klise tapi masih banyak yang abai akan hal ini. Ketika baru bangun tidur, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mematikan semua lampu yang tidak diperlukan. Selalu cek listrik yang tidak dibutuhkan ketika hendak meninggalkan rumah.

2. Biasakan melepas kabel dan peralatan dari saklar setiap selesai digunakan.

Biasakan melepas kabel dan peralatan dari saklar setiap selesai digunakan. Sebab arus listrik akan tetap mengalir pada perangkat yang masih terhubung pada saklar. Kebiasaan membiarkan baterai ponsel ataupun laptop terus-terusan terhubung dengan charger tidak baik dan bisa merusak perangkat.

3. Pertimbangkan jenis perangkat elektronik sebelum membeli

Pertimbangkan besarnya watt atau daya dan teknologi peralatan elektronik yang digunakan sehari-hari di rumah sebelum dibeli. Watt mempengaruhi besar kecilnya biaya listrik, begitu juga inovasi dan fitur. Teknologi yang terdepan biasanya mengutamakan minimnya konsumsi listrik.

4. Hindari mengisi daya peralatan elektronik saat tidur

Hindari mengisi daya saat tidur, baik itu ponsel, kamera, power bank atau perangkat lainnya. Membiarkannya terus mengisi walau sudah penuh juga akan membuat daya listrik terkuras. Sangat disarankan juga saat sedang membersihkan rumah, gunakan alat tanpa mesin sehingga tidak akan memakan listrik.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.