Inilah Tips Mengatur Keuangan selama Ramadan

0
337
Tips mengatur keuangan selama Ramadan

Tips mengatur keuangan selama Ramadan tidaklah sulit. Untuk melakukannya, selain perlu memenuhi pengeluaran rutin bulanan. Anda juga perlu memperhatikan berbagai kebutuhan yang muncul dalam bulan Ramadhan.

Budgeting atau melakukan perencanaan dan mengatur anggaran merupakan salah satu kebiasaan yang baik. Tidak hanya selama bulan Ramadhan, jika telah terbiasa mengelola keuangan, Anda dapat siap menghadapi berbagai situasi kondisi yang berkembang.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mengatur keuangan selama bulan Ramadhan.

1. Buat Rencana Anggaran Khusus Ramadan

Membuat rencana anggaran memastikan Anda tidak membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan. Sehingga kegiatan ini adalah cara yang mudah dan bermanfaat bagi setiap orang dengan berbagai tingkat pendapatan dan pengeluaran untuk menjaga kondisi keuangan mereka.

Untuk membuat rencana anggaran khusus keperluan Ramadan, Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini.

  • Susun Rencana Kegiatan

Anda perlu mengidentifikasi dan merencanakan berbagai kegiatan yang akan Anda lakukan pada bulan Ramadhan. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan pengeluaran rutin bulanan yang sudah berjalan.

  • Atur Skala Prioritas

Tetapkan skala prioritas dari rencana kegiatan Ramadhan yang telah Anda buat. Urutkan menurut skala urgensinya, dari yang paling penting sampai yang tidak terlalu urgen.

  • Catat Sumber Pemasukan dan Pengeluaran

Ketahui sumber penghasilan dan berapa besar anggaran yang Anda miliki. Serta hitung juga pengeluaran rutin bulanan yang sudah berjalan.

  • Kelola Pengeluaran Khusus Ramadan

Susun rencana anggaran untuk berbagai kegiatan dari rencana kegiatan Ramadhan Anda. Sesuaikan dengan skala prioritasnya.

2. Buat Skala Prioritas Berdasarkan Kebutuhan

Pada umumnya akan ada lebih banyak pengeluaran selama Ramadhan daripada bulan-bulan lainnya. Karena selain pengeluaran rutin bulanan, pada bulan Ramadhan juga terdapat keperluan khusus yang sulit Anda hindari.

Untuk menjaga kondisi keuangan Anda tetap aman, dahulukan apa yang menjadi kebutuhan Anda maupun keluarga selama bulan Ramadhan. Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan dalam menyusun rencana anggaran Ramadan.

Kebutuhan adalah segala sesuatu baik baik berupa barang atau jasa yang harus terpenuhi untuk suatu tujuan tertentu. Misalnya Anda perlu makan, minum dan tidur untuk menjaga kesehatan.

Pada umumnya selama bulan Ramadhan, selain kebutuhan pokok, ada beberapa kebutuhan yang perlu Anda penuhi. Misalnya busana muslim, perangkat ibadah, makanan tambahan dan lain-lain.

Namun, untuk mengatur keuangan, Anda perlu membuat skala prioritas dari kebutuhan tersebut sesuai situasi dan kondisi Anda. Misalnya jika busana muslim Anda masih baik kondisinya, pertimbangkan kembali sebelum membeli yang baru.

3. Manfaatkan Voucher dan Promo Khusus Ramadan

Banyak pedagang memberikan diskon maupun bonus khusus Ramadan. Sehingga Anda dapat menggunakan kesempatan tadi untuk mengurangi pengeluaran belanja kebutuhan Ramadan Anda.

Untuk itu berikut ini beberapa hal yang dapat Anda perhatikan dalam menggunakan voucher atau diskon Ramadan.

  • Fokus pada Skala Prioritas

Fokus hanya kepada produk yang menjadi kebutuhan prioritas Anda. Sehingga Anda tidak tergiur oleh promosi yang ditawarkan. Dengan demikian pengeluaran belanja Anda dapat terjaga.

  • Perhatikan Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Pada umumnya voucher maupun diskon memiliki masa berlaku dan syarat yang spesifik. Misalnya diskon pembelian setelah membeli produk dalam jumlah tertentu. Sehingga agar bisa lebih hemat, Anda perlu mempelajari syarat maupun ketentuan yang berlaku.

  • Cari Penjual Terdekat

Membeli dari lokasi terdekat dapat mengurangi ongkos belanja yang Anda lakukan. Demikian juga jika Anda membeli dari marketplace, ongkos pengiriman produk yang Anda beli akan lebih murah dari pada penjual yang lebih jauh.

Seandainya tersedia voucher ongkos kirim gratis, memilih penjual yang lebih dekat, dapat membuat waktu pengiriman menjadi lebih singkat. Hal ini akan berpengaruh kepada rencana waktu penggunaan barang yang Anda beli.

4. Hindari Belanja Barang yang Tidak Diperlukan

Menjelang Ramadan dan Idul Fitri, banyak promosi besar-besaran yang dilakukan. Jika Anda tidak dapat mengendalikan keinginan belanja dan tergiur dengan promosi tadi, dapat berdampak pada membengkaknya pengeluaran.Agar dapat terhindar dari pemborosan akibat belanja yang tidak perlu, selain tetap fokus pada rencana yang telah Anda buat sebelumnya. Ada beberapa hal yang dapat Anda perhatikan.

  • Disiplin pada Rencana

Sebagus apapun rencana keuangan yang Anda buat, tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kedisiplinan. Disiplin di sini adalah konsisten dalam pelaksanaan rencana yang ada.

  • Lakukan Evaluasi Berkala

Selalu lakukan evaluasi dari rencana yang telah Anda buat, yaitu pada awal, saat pelaksanaan dan setelah salah satu rencana terlaksana. Karena situasi dan kondisi belum tentu sama setiap saat. Sehingga agar rencana dapat berjalan dengan baik, Anda perlu melakukan reevaluasi dan penyesuaian.

  • Lakukan Penyesuaian Bila Rencana Tidak Berjalan Baik

Menyesuaikan rencana bukan berarti mengubah rencana sesuai keinginan belanja Anda. Tetapi lebih memperhatikan prioritas kebutuhan dari situasi dan kondisi yang berkembang.

5. Buat Menu Makanan yang Simpel dan Lezat

Bagi yang menjalankan puasa, banyak yang tergoda untuk mempersiapkan makanan berbuka yang berlebihan. Padahal belum tentu makanan yang sudah tersedia tadi dapat habis termakan. Karena tidak sedikit yang mengalami gangguan selera dampak dari perubahan pola makan pada awal-awal puasa.

Untuk menghindari pemborosan makanan selama Ramadan, Anda juga perlu membuat rencana menu makanan. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan menu makanan yang praktis dan hemat.

Banyak pilihan menu makanan yang mudah pembuatannya dan hemat tersedia melalui internet. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan selera maupun kebutuhan Anda.

Selain itu, persiapkan terlebih dahulu kebutuhan bahan makanan untuk menyiapkan menu yang Anda rencanakan. Serta merencanakan menu dan bahan makanan sesuai jadwal menu maupun daya tahan bahan makanan.

6. Buat Komitmen untuk Berzakat

Banyak orang meyakini bulan Ramadan sebagai bulan yang penuh berkah. Terutama umat muslim percaya jika melakukan kebaikan pada bulan ini akan mendapat balasan yang lebih baik lagi. Sehingga banyak umat muslim berlomba untuk berbuat kebaikan dengan memperhatikan sesamanya.

Untuk itu Anda perlu membuat komitmen dalam berdonasi selama Ramadan. Serta menyiapkan anggaran khusus untuk hal tersebut. Dengan demikian hal tersebut tidak mengganggu aktivitas maupun kebutuhan lain.

Salah satu usaha yang dapat Anda lakukan dalam hal ini adalah dengan menabung sebelumnya. Dengan demikian pada saat Ramadhan tiba, Anda dapat lebih leluasa menggunakan anggaran yang Anda perlukan.

Penutup

Tips mengatur keuangan selama Ramadan dapat Anda gunakan untuk membantu pengelolaan keuangan Anda maupun keluarga. Selain membuat rencana anggaran khusus Ramadan, kedisiplinan adalah faktor penting agar rencana yang telah Anda buat dapat berjalan dengan baik.

Untuk dapat disiplin dalam menjalankan rencana anggaran Ramadan, Anda dapat fokus pada tujuan pelaksanaan ibadah Ramadhan. Dengan demikian rencana anggaran tersebut juga merupakan bagian dari rencana ibadah Ramadhan Anda.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].