Tips Memulai Bisnis Sambil Kerja Kantoran

0
94

Banyak orang yang beranggapan bahwa menjadi karyawan memiliki kesempatan yang sedikit untuk membuka bisnis sebagai wirausaha. Sehingga untuk menjadi seorang pebisnis maka harus rela keluar dan meninggalkan pekerjaan kantoran yang digeluti. Seringkali memang seperti itu, tapi perlu diingat bahwa sedikit kesempatan bukan berarti tidak memiliki sama sekali. Bahkan ada juga beberapa pebisnis sukses yang merintis usahanya saat masih kerja kantoran. 

Bekerja dan berbisnis. Dua hal ini mungkin menjadi dambaan sebagian besar orang dan tak sedikit yang sudah menjalaninya. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, karena Sobat bisa membuka bisnis tanpa harus mengganggu pekerjaan di kantor asal mau menerapkan tips-tips berikut ini:

  • Memilih Bisnis yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk berwirausaha sambil tetap menjadi karyawan, kamu harus menentukan bisnis yang tepat terlebih dahulu. Pilihlah bisnis yang menurut kamu tidak akan mengganggu kerjaan kamu di kantor. Selain itu jangan langsung memilih skala bisnis yang besar. Mulailah melakukan bisnis dengan yang kecil terlebih dahulu. Pilihlah bisnis yang memiliki waktu fleksibel sehingga bisa kamu kerjakan kapan saja. Ingatlah bahwa kamu masih menyandang status karyawan sehingga kamu memiliki kewajiban untuk bekerja di perusahaan. Jika kamu masih pemula dalam bisnis, salah satu bisnis yang dapat kamu pilih adalah menjadi pedagang online. 

  • Perhatikan Kontrak yang Berlaku di Perusahaan

Kemudian yang harus kamu lakukan adalah memahami kontrak atau peraturan yang berlaku di dalam perusahaan. Bagi beberapa orang mungkin tips ini terlihat sepele namun tips ini sangat penting dan jika kamu mengabaikannya akan memberikan dampak yang sangat fatal. Sebagai seorang yang masih berstatus karyawan kamu wajib mematuhi segala peraturan atau kontrak yang berlaku. Sebelum kamu memutuskan menjadi karyawan sambil berbisnis, cobalah periksa mengenai peraturan-peraturan atau perjanjian di perusahaan apakah ada larangan bagi karyawan untuk memiliki pekerjaan sampingan. Jika tidak ada, kamu bisa segera memulainya.

  • Atur jadwal dan disiplin

Langkah berikutnya adalah mengatur jadwal dan disiplin dengan jadwal yang sudah dibuat. Hal ini untuk memastikan bahwa waktu bekerja dan mengurus bisnis tak bersinggungan, sehingga berisiko membuat semua berantakan. Sisihkan waktu sebelum dan setelah jam kerja untuk mengurus usaha sampingan. Coba juga pilih waktu libur nasional maupun akhir pekan dalam mengurus bisnis.

  • Rekrut Orang Kepercayaan yang kredibel dan berintegritas

Rekrut orang kepercayaan jika Sobat tidak sanggup menjalankan bisnis seorang diri. Selain meringankan pekerjaan, orang kepercayaan akan membantu untuk mengelola dan menjalankan bisnis. Rekrut orang yang memiliki dedikasi, komitmen, dan integritas yang tinggi. Sehingga kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan untuk menjalankan bisnis kamu. Ingat, karena kamu masih sambil bekerja di kantoran, nasib bisnis kamu bergantung di tangan orang kepercayaan.

  • Belajar kepada Orang yang lebih ahli

Di dunia ini pasti sudah banyak orang yang lebih dulu sukses. Kesuksesan orang lain seharusnya dapat menjadi semangat bagi kamu bukan malah menimbulkan rasa iri. Salah satu tips menjadi karyawan sambil bisnis adalah belajar dari orang yang lebih ahli atau berpengalaman dalam dunia bisnis. Carilah mentor yang cocok bagi kamu dan jangan sampai kamu beranggapan bahwa kamu bisa melakukan segala hal sendirian. Cobalah lihat orang-orang disekitar kamu, apakah ada orang yang cocok kamu jadikan sebagai role model. Kamu bisa meminta saran kepada orang-orang di sekitar kamu atau mencari referensinya secara online misalnya youtube. 

  • Tetap fokus bekerja

Tetaplah jadi karyawan yang profesional, selesaikan tugas setiap harinya dengan baik dan tepat waktu. Usahakan tidak sibuk mengurus bisnis ketika sedang bekerja di kantor. Jangan sampai karena alasan bisnis, pekerjaan utamamu jadi terbengkalai. Cari waktu luang di sela-sela jam istirahat saja jika mendadak harus merespon hal yang berkaitan dengan bisnismu. Mengingat jadwal kedepannya yang akan semakin padat, maka kurangi juga waktu untuk hal-hal yang kurang penting. Semua demi kinerja yang maksimal antara keduanya.

  • Pisahkan gaji dan hasil bisnis

Selain beberapa hal di atas, yang harus dilakukan selanjutnya adalah memisahkan keuangan yang dihasilkan dari gaji sebagai karyawan dan pendapatan bisnis. Kamu bisa menambahkan modal bisnis dari gaji yang diterima, maupun sebaliknya yaitu dari pendapatan bisnis. Dalam mengelola keuangan bisnis, buat pembukuan dengan mencatat modal, pendapatan, dan pengeluaran yang terjadi dalam bisnis. Bagi yang tak ingin hanya mengandalkan income dari bekerja sebagai karyawan, tentunya peluang untuk berbisnis akan sangat menggiurkan.

  • Jangan lupa istirahat!

Terakhir, sesibuk apapun pekerjaan dan sesemangat apapun Sobat dalam membangun bisnis, jangan lupa istirahat. Bagaimana pun, fisik yang sehat dan kuat menjadi penentu untuk menjalani pekerjaan sekaligus mewujudkan mimpi melalui bisnis yang kamu jalani. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut