Tips Membuat Password Mobile Banking yang Aman

1
1030
Tips Membuat Password Mobile Banking Yang Aman

Jika kamu sering bertransaksi secara digital, misalnya berbelanja di ecommerce dan membutuhkan transfer antar bank melalui aplikasi mobile banking, sebaiknya kamu harus ekstra menjaga keamanannya. Kehadiran mobile banking memang membuat transaksi perbankan semakin praktis, mudah dan cepat. Namun, kita juga harus pintar dalam memanfaatkan fasilitas perbankan secara online ini. Artinya, kita harus senantiasa waspada menjaga data-data diri pribadi agar transaksi yang kita lakukan aman. Sebab, fasilitas transaksi berbasis internet ini juga rentan terhadap penipuan dan pembobolan.

Modus kejahatan di dunia perbankan internet ini sering terjadi, biasanya hal ini terjadi karena nasabah tidak mengetahui atau lalai terhadap informasi tentang cara aman transaksi mobile banking. Salah satu cara untuk mendukung kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi adalah dengan membuat password mobile banking yang kuat dan aman, dan mengubahnya secara berkala untuk meminimalisir pencurian data serta bahaya lainnya. Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara membuat password yang aman? Yuk simak tipsnya!

1.    Hindari menggunakan tanggal lahir atau nama pribadi

Kombinasi password pertama yang akan dicoba pembobol adalah data pribadi si pemilik akun, seperti nama dan tanggal lahir. Jika kamu tetap ingin menggunakan kombinasi tanggal agar lebih mudah diingat, coba gunakan tanggal penting selain tanggal lahirmu.

2.    Kombinasikan angka, simbol, huruf kapital, dan huruf kecil

Perpaduan antara angka, simbol, huruf kapital dan huruf kecil akan mempersulit jika ada yang ingin meretas akun mu. Oleh karena itu, usahakan ada kombinasi tersebut ya!

3.    Hindari menggunakan password yang sama di beberapa akun berbeda

Meski akan lebih mudah diingat, namun menyamakan password mobile banking dengan akun lainnya, misalnya dengan e-mail, justru berbahaya. Seandainya e-mail mu berhasil diretas, maka besar kemungkinan peretas akan lebih mudah masuk ke akun perbankan mu.

4.    Hindari menggunakan angka yang berulang

Deret angka yang berulang lebih dari dua kali sebaiknya dihindari saat kamu membuat password, karena hal ini akan lebih mudah ditebak. Cobalah kombinasi angka lain yang lebih acak agar keamanan mu terjaga.

Ingat, selalu jaga kerahasiaan password mu dan manfaatkan fitur pengunci aplikasi yang ada pada ponsel agar tetap aman.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.