Tips Liburan Sekolah Hemat yang Terjangkau dan Seru

0
262
tips liburan sekolah hemat

Mau liburan tapi anggaran terbatas? Anda tak perlu khawatir. Ada tips liburan sekolah hemat yang bisa membantu Anda tetap bisa memberikan suasana liburan yang berkesan pada anak-anak di saat anggaran sedang sedikit. 

Penting Anda catat, liburan tidak selalu identik dengan kemewahan, sebab esensi liburan adalah memberikan penyegaran, semangat, dan hal-hal baru yang berkesan.

Liburan dengan mengunjungi suatu tempat yang baru banyak jadi pilihan orang. Perjalanan yang seru, menghibur akan jadi dambaan setiap orang. Namun, bagaimana caranya jika di musim liburan ini budget Anda terbatas? Siasati liburan berkesan dengan biaya yang terbatas.

Tips Liburan Hemat dan Tetap Seru

Tips liburan hemat ini penting Anda perhatikan bukan hanya karena alasan anggaran Anda sedang terbatas. 

Membiasakan diri bersikap efisien dalam segala hal menjadi hal positif yang perlu Anda biasakan. Anak-anak juga berlatih untuk bisa memilih liburan yang bermanfaat, seru, baru, dan punya nilai positif.

Sebagai referensi buat Anda, berikut ini tips buat yang ingin liburan seru tetapi biayanya terbatas:

1. Mencari Promo dan Paket Liburan yang Sesuai dengan Budget

Mau tips liburan sekolah hemat dan seru dengan biaya hemat, cobalah mencari paket liburan promo. Promo biasanya mulai dari tiket perjalanan, penginapan, dan transportasi.

Buat Anda yang suka travelling, ada banyak promo liburan seru yang bisa Anda manfaatkan sesuai budget. Informasi promo ini bisa Anda lihat di beberapa platform, sosial media, atau mungkin dari rekan Anda yang mengelola bisnis travelling.

Manfaatkan juga voucher-voucher diskon yang ada di kartu kredit. Biasanya ada promo-promo seru yang sangat membantu akomodasi liburan.

Bisa juga mengikuti kompetisi dengan hadiah liburan. Ada banyak platform di bidang tour and travelling yang mengadakan kompetisi tertentu dengan hadiah paket liburan. Misalnya lomba blogging, lomba membuat konten video, fotografi dan lainnya. Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini jika benar-benar ingin liburan hemat.

2. Memilih Destinasi yang Lebih Dekat dan Murah

Bagaimana cara liburan hemat? Cara paling mudahnya adalah menjadi destinasi wisata yang paling dekat dan murah untuk Anda jangkau.

Mungkin risikonya tempat tersebut sudah sering Anda kunjungi. Namun, walaupun sudah sering Anda kunjungi, Anda bisa membuat momen dan cara yang berbeda untuk liburan kali ini.

Misalnya berkunjung ke pantai yang sudah sering Anda kunjungi. Caranya agar lebih menarik, cobalah membuat konsep liburan yang beda. Bisa dengan camping di tepi pantai, menikmati kuliner yang belum pernah Anda coba dan sejenisnya. Jadi, walaupun tempatnya sudah biasa, ciptakan momen dan cara yang berbeda.

Cara ini supaya Anda dan anak-anak tidak bosan. Tetap merasakan suasana liburan yang beda walaupun tempatnya sudah biasa. Lokasinya mungkin ada di dalam kota Anda dengan biaya yang murah dan hemat.

3. Menyiapkan Rencana Perjalanan dan Anggaran yang Matang Sebelum Berangkat

Tahukah Anda apa yang menjadi penyebab kadang-kadang liburan menghabiskan anggaran yang besar? Salah satunya karena Anda tidak memiliki rencana liburan yang matang dan terkonsep.

Oleh karena itu, tips travelling hemat selanjutnya adalah sebelum berangkat liburan buatlah jadwal dan rencana yang terkonsep dan matang sehingga setelah di lapangan Anda tidak ceroboh membuat keputusan.

Misalnya mau berapa hari di tempat A, penginapannya tipe apa, transportasinya bagaimana, mau beli oleh-olehnya apa saja, mau kuliner di mana, dan seterusnya.

Rencanakan semua itu dengan matang sejak dari sebelum berangkat. Cara ini akan membuat rencana liburan Anda lebih bisa Anda prediksi biayanya sesuai dengan budget yang ada.

Nantinya Anda harus disiplin dengan konsep yang Anda buat. Jika harus berubah pun hanya beberapa persen saja. Beda dengan liburan yang tidak terkonsep. Mungkin Anda akan membeli apa saja barang yang Anda temukan, menginap di penginapan yang di luar budget, atau waktu liburan yang menjadi lebih panjang sehingga biaya lebih banyak habis.

Rencanakan, buat konsep dan perencanaan untuk memastikan biaya liburan Anda bisa lebih hemat dan sesuai dengan alokasi.

4. Menghindari Liburan di Momen Libur Nasional

Tips liburan yang juga perlu Anda perhatikan adalah soal memilih waktu liburan. Secara umum jika Anda liburan di musim hari libur biayanya akan lebih mahal ketimbang hari kerja.

Jika Anda seorang pekerja atau freelance yang ingin liburan, maka pilihlah waktu di hari-hari efektif untuk liburan. Hari libur nasional atau akhir pekan biasanya semua biaya akan naik.

Biaya tiket masuk tempat wisata, biaya penginapan, kuliner, tiket pesawat, tiket transportasi lainnya, rental mobil, dan lainnya akan ikut naik pada momen hari libur. Sudah pasti ini akan berdampak serius bagi biaya liburan Anda.

Jika Anda memilih hari kerja, maka Anda bisa mendapatkan peluang promo-promo diskon seperti penginapan hotel, transportasi dan lainnya.

Memang tidak semua orang bisa liburan di saat momen hari efektif, tetapi jika memungkinkan sebaiknya Anda memilih cara ini untuk liburan.

5. Memilih Transportasi yang Hemat

Salah satu hal yang membuat biaya liburan menjadi besar adalah pilihan transportasi. Jenis dan level transportasi ini akan mempengaruhi biaya liburan Anda.

Nah, kalau Anda ingin liburan hemat, bisa memilih beberapa cara ini dalam hal transportasi:

  • Menggunakan mobil pribadi ketimbang pesawat.
  • Memilih transportasi umum seperti kereta, bus, angkot, dan lainnya.
  • Pilih jenis transportasi yang hemat di tempat wisata misalnya motor.
  • Rental bus ketimbang mobil pribadi.
  • Pilih jenis mobil yang lebih murah seperti Avanza atau tipe city car jika harus rental mobil.
  • Jika memilih transportasi online cobalah pilih kendaraan roda dua.

Transportasi yang hemat bukan berarti Anda mengabaikan kenyamanan. Apalagi jika liburan Anda bersama keluarga yang membawa anak-anak. Pastikan juga kenyamanan dan keamanan semua anggota keluarga.

Jika ingin mencoba transportasi ala backpacker, tentunya jadi pengalaman hemat dan menarik untuk Anda coba. Jadi, sebelum Anda tiba di suatu tempat yang akan Anda tuju, pastikan dulu soal transportasinya sehingga Anda bisa membuat pilihan jenis dan tipe yang sesuai. Hemat tetapi tetap aman dan nyaman.

Estimasi Budget Liburan Sekolah Hemat

Jika Anda ingin liburan keluarga, maka perlu memperhatikan estimasi budgetnya. Misalnya Anda tinggal di Jakarta dan ingin berwisata keluarga ke Bandung, berikut contoh simulasi budgetnya:

  • Biaya transportasi travel Rp200 ribu/orang. Jika menggunakan kendaraan sendiri lebih hemat.
  • Penginapan di Lembang rata-rata Rp200 ribu/ malam untuk penginapan standar. Bisa Anda kali dengan kebutuhan jumlah orang.
  • Tiket masuk wisata bisa mencari yang gratis seperti wisata di alun-alun, Jalan Asia Afrika, Jalan Braga, Taman Lansia, Gedung Sate, Taman Balai Kota Bandung, dan lainnya.
  • Rental mobil Bandung tipe murah jenis city car mulai dari Rp300 ribuan/ 24 jam.
  • Biaya makan standar per orang rata-rata Rp20 ribu untuk sekali makan. 
  • Belanja oleh-oleh di Pasar Baru Rp200 ribu sampai jumlah tak terbatas. Oh ya di tempat ini banyak produk murah berkualitas. 
  • Total biaya per orang sekitar Rp1 juta di luar biaya tak terduga. 

Kesimpulan

Nah, momen liburan sudah tiba. Saatnya Anda merencanakan liburan seru, hemat, dan bermanfaat. Tips liburan sekolah hemat di atas bisa Anda praktikkan. Orang tua bisa mencobanya dan anak-anak bisa tetap liburan walaupun dengan budget yang minim. Jangan lupa untuk selalu menabung agar tidak bingung dikala mau beraktivitas di liburan sekolah.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].