4 Tips Melakukan Investasi P2P Lending yang Aman!

0
885
Tips Investasi P2P Lending

Tips Investasi P2P Lending – Adanya teknologi membuat membuat segalanya menjadi lebih mudah. Salah satu yang terbantu dengan teknologi adalah investasi. Sekarang proses melakukan investasi menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi, namun disamping itu hal yang pertama dapat dipastikan untuk melakukan investasi awalmu adalah keamanan. Salah satu yang sudah memberikan proteksi lebih terhadap investasinya adalah investasi di P2P Lending.

Namun yang perlu diperhatikan adalah mencari platform P2P Lending yang menjamin keamanan dari pendanaan yang kamu lakukan. Karenanya kamu dapat melakukan beberapa hal di bawah ini agar pendanaan yang kamu lakukan di P2P Lending dapat lebih aman dan terjaga.

Ini 4 Tips Investasi P2P Lending yang Aman!

  • Pilih Platform P2P Lending yang Memiliki Izin

Setiap bulannya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis beberapa platform P2P Lending yang sudah terdaftar dan memiliki izin. Kamu sebagai calon pemberi pinjaman dapat memantau dan melihat nih apakah platform pilihan kamu sudah terdaftar atau belum di OJK. Hal ini juga cukup penting, mengingat banyak sekali platform P2P Lending yang ‘abal-abal’ alias fiktif

Apabila kamu melakukan pendanaan di platform P2P Lending yang tidak memiliki izin dari OJK, risiko dari investasi yang kamu lakukan juga akan meningkat. Per Agustus 2019, 127 Fintech P2P Lending sudah terdaftar di OJK dan 7 diantaranya sudah berizin.

  • Pilih Konsep Platform yang Paling Sesuai

Selain memilih platform P2P Lending yang sesuai, konsep dari platform P2P Lending juga perlu diperhatikan hal ini diperlukan untuk menentukan preferensi dari tujuan pendanaan yang kamu lakukan. Salah satunya Mohammad Gumilar yang sudah menentukan konsep platform pilihannya “Saya sangat terkesan! Karena Akseleran memiliki sistem investor relationship management yang sangat baik dimana saya sebagai investor selalu diberikan informasi oleh relationship manager Akseleran” 

Karenanya penentuan konsep platform yang kamu pilih ini dapat kamu sesuaikan dengan preferensi pilihanmu agar hasilnya dapat lebih optimal.

  • Lakukan Diversifikasi

Diversifikasi investasi menjadi penting apabila kita ingin risiko yang ada di dalamnya dapat ditekan. Diversifikasi juga dapat mengoptimalkan pendanaan yang kamu lakukan. 

Seperti contoh apabila kamu memiliki dana senilai Rp 5 juta, lalu terdapat 5 UKM yang membutuhkan dana dan sedang dalam proses penggalangan dana, maka kamu bisa membagi dana tersebut ke 5 UKM dengan masing-masing Rp 1 juta. Dengan melakukan diversifikasi ini kamu dapat menekan adanya risiko gagal maupun telat bayar yang dapat kamu alami.`

  • Putar Kembali Hasil Pendanaan

Salah satu daya tarik dari investasi adalah konsep berbunga atau compounded interest. Artinya, jika bunga yang didapatkan sebagai hasil pemberian pinjaman dipinjamkan kembali ke UKM lain untuk mengembangkan usahanya, maka disitu akan menghasilkan bunga lagi. Dengan konsep seperti ini juga, dana akan berkembang lebih cepat dan potensi investasi dapat lebih optimal.

Mulai Pendanaan Awal di Akseleran dengan Imbal Hasil Hingga 21% per Tahun!

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here