6 Tips Investasi Emas Ini Akan Membuat Keuntungan Optimal

0
1474
Tips Investasi Emas

Siapa yang tidak ingin berinvestasi emas? Sudah sejak lama instrumen satu ini populer karena berbagai alasan dan fungsi. Tidak hanya berperan sebagai simbol kekayaan, emas juga bisa berfungsi sebagai investasi guna melindungi nilai kekayaan seseorang. Harga stabil dan keuntungan menjanjikan kerap jadi alasan seseorang mulai berinvestasi emas.

Meski relatif aman, kamu tetap perlu memperhatikan tips investasi emas supaya tidak merugi di kemudian hari. Bagaimanapun juga, risiko selalu datang bersama setiap jenis instrumen investasi. Sekalipun emas digadang-gadang sebagai instrumen teraman, nyatanya risiko akan tetap ada. 

Lalu, apa yang membuat seseorang tertarik mengembangkan dananya dengan membeli emas? Bagaimana pula tips berinvestasi emas yang aman? Mari simak ulasan berikut. 

Begini Keuntungan Investasi Emas

Emas memang punya pesona tersendiri. Bisa dipastikan orang dari berbagai kelas ekonomi memiliki simpanan emas, entah dalam bentuk perhiasan maupun logam mulia. Kesukaan masyarakat pada instrumen investasi ini boleh jadi diperkuat oleh sederet keuntungan di bawah ini.

  • Investasi bebas pajak

Saat kamu berinvestasi saham, keuntungan yang diperoleh akan dipotong pajak sebesar sekian persen. Hal tersebut tidak terjadi pada emas. Ketika kamu membeli nominal tertentu, beberapa tahun mendatang kamu jual kembali ketika harga emas meningkat 5%, kamu akan menerima semua keuntungan tanpa potong pajak. Tak heran banyak orang mengandalkan emas sebagai instrumen investasi pertamanya.

  • Likuiditas tinggi alias mudah dicairkan

Butuh dana mendesak dan punya simpanan emas? Jual saja emas tersebut. Ya, berbeda dengan instrumen lainnya, kamu bisa leluasa mencairkan emas kapan saja. Proses pencairan terbilang relatif cepat dan mudah, sehingga kamu dapat mengantongi dana segar dalam waktu singkat.

  • Berfungsi melindungi nilai kekayaan

Kenaikan nilai emas setiap tahun membuatnya tepat sebagai investasi pelindung nilai kekayaan. Kestabilan inilah yang mendorong empunya emas menilai investasi tersebut punya imbal hasil cukup menjanjikan.

  • Modal kecil bisa mulai investasi

Kamu tidak perlu modal besar untuk mulai mengembangkan dana dengan instrumen satu ini. Beberapa lembaga pembiayaan keuangan menawarkan alternatif cicil emas atau tabungan emas bermodalkan dana terjangkau. Boleh dibilang, siapa saja bisa berinvestasi emas, berapa pun besar modal awal yang dimilikinya. 

Baca juga: Ini Untung dan Rugi Melakukan Investasi Emas!

Tips Investasi Emas Secara Aman

Supaya kamu bisa menikmati keuntungan sebenarnya berinvestasi emas, coba terapkan 6 tips investasi emas berikut ini.

  • Teliti kemurnian emas

Beli emas dalam bentuk perhiasan? Boleh-boleh saja, asal jangan lupa meneliti kadar emas di dalamnya. Campuran emas dan logam lain bisa menghasilkan nilai berbeda, malah bisa menjatuhkan nilai jual kembalinya kelak. 

  • Lebih aman investasi emas batangan

Oleh karena itu, jika tujuan kamu membeli emas untuk berinvestasi, lebih baik pilih emas murni berbentuk batangan, seperti emas Antam. Perusahaan milik negara ini merilis emas batangan dalam berbagai pecahan. Varian termurah bisa kamu dapatkan lewat pembelian emas 1 gram, sedangkan emas batangan tertinggi mencapai 100 gram.  

Baca juga: Bukan Cuma Emas Batangan, 5 Jenis Investasi Emas Ini Juga Menguntungkan!

  • Pastikan tempat penyimpanan memadai

Lantaran emas mudah dipindahkan dan dibawa, kamu wajib memastikan punya tempat penyimpanan memadai. Hal ini penting guna menghindari risiko kehilangan maupun dicuri. Pertimbangkan tempat seperti apa yang aman menyimpan investasi kamu. Contoh, kamu bisa menyewa tempat penyimpanan di Pegadaian atau bank, maupun menyediakan brankas besi sendiri di rumah.

  • Bandingkan harga untuk memperoleh harga terbaik

Tak sabar ingin beli logam mulia? Jangan lupa bandingkan dulu penawaran harga emas batangan dari beberapa vendor. Beda tempat penjualan, bisa berbeda harganya, sekalipun harga emas yang dijadikan patokan sama. Cari vendor emas terpercaya dengan reputasi baik. Sekalipun kamu tidak memantau pergerakan harga emas, jangan mudah tergiur jika ada penjual menawarkan harga emas di bawah harga pasaran.

  • Cermati lagi tujuan investasi

Untuk apa kamu membeli emas? Jika tujuannya adalah berinvestasi, membeli emas batangan jelas lebih menguntungkan. Namun, jangan terburu-buru menjualnya, simpan selama minimal 2 tahun supaya bisa memperoleh imbal hasil lebih optimal. 

  • Pantau pergerakan harga emas

Sebelum memutuskan jual beli emas, cek lebih dulu pergerakan harga emas hari itu. Pastikan kamu membeli emas ketika harga rendah dan menjualnya tepat sewaktu harga meningkat. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari kerugian akibat salah kalkulasi waktu tepat membeli dan menjual emas.

Demikian 6 tips investasi emas yang perlu kamu cermati ketika sedang berinvestasi emas. Ingat, emas tergolong jenis instrumen investasi jangka panjang. Investasi emas lebih dari 2 tahun akan membantumu memperoleh imbal hasil menguntungkan di kemudian hari. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].