Tips Investasi Barang Mewah

1
202
Tips Investasi Barang Mewah

Tahukah kamu bahwa barang mewah ternyata tak hanya bisa digunakan untuk flexing, tapi juga bisa menjadi investasi? Pasalnya barang-barang kualitas premium kini bisa memberi imbal hasil yang menguntungkan jika dijual kembali. Berdasarkan data The Knight Frank Luxury Investment Index, nilai jual kembali atas barang mewah digadang-gadang bisa meningkat hingga 13% dalam satu tahun. Jika kamu berniat membeli barang mewah untuk berinvestasi, simak beberapa tips berikut.

1. Harus tahu barang mewah yang bisa diinvestasikan

Label barang bermerk ternyata tidak semuanya bisa dijadikan investasi. Untuk tas misalnya, kebanyakan orang mengincar brand The Holy Trinity, yaitu Hermès, Louis Vuitton dan Chanel. Dari brand-brand tersebut, ada barang dengan edisi terbatas, atau tipe-tipe tertentu yang banyak diincar. Seperti tipe klasik dari tas Hermes Kelly yang menurut Forbes, nilai jual kembalinya bisa naik hingga 129%.

2. Beli di toko atau retailer asli

Selain bisa menjamin keaslian barang, membeli di toko asli juga punya manfaat lain yang bisa membantu kamu untuk mempelajari seluk beluk barang mewah tersebut. Umumnya setiap konsultan di toko resmi akan menjelaskan background, filosofi, serta material yang digunakan pada suatu produk. Dari situ kamu bisa memprediksi apakah barangnya akan diminati banyak orang atau tidak.

3. Tahu cara merawatnya

Nilai jual barang mewah juga bisa turun jika perawatannya tidak dilakukan dengan baik dan benar. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan fasilitas pendukung saat mengoleksi barang mewah. Fasilitas ini bisa berupa tempat penyimpanan yang aman dan nyaman, seperti alat pemutar (watch winder) untuk jam kinetic atau lemari khusus penyimpan sepatu dan tas mewah.

4. Riset harga jual

Kamu bisa cek harga jual kembali dari barang mewah yang dibeli melalui situs-situs online, sehingga fluktuasi harga bisa dicek dari tahun ke tahun. Untuk tas misalnya, bisa dicek melalui situs Vestiaire Collective, TheRealReal dan Rebag.

Pada dasarnya, jika kita ingin berinvestasi di barang mewah atau instrumen lain, kita harus memiliki pengetahuan atas hal tersebut. Pastikan juga kamu membeli barang tersebut dengan uang ‘dingin’ agar tidak mengganggu kondisi keuanganmu.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut