Tips Hemat di Bulan Ramadan

1
181
Tips Hemat di Bulan Ramadan

Perencanaan keuangan selama bulan Ramadan sangat penting karena nyatanya pengeluaran di bulan ini bisa jadi lebih besar dibanding bulan-bulan biasa. Bulan ini merupakan moment di mana harga-harga barang pokok biasanya naik, belum lagi tradisi buka bersama, membeli pakaian baru di Hari Raya, dan juga pengeluaran THR yang juga harus dipersiapkan. Hal ini tentu saja bisa mengganggu arus kas jika tidak dipersiapkan dengan baik. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk berhemat di bulan Ramadan.

1. Sahur dan berbuka dengan menu sederhana

Cara ampuh pertama agar bisa berhemat di bulan Ramadan adalah dengan mengontrol menu pengeluaran untuk makanan. Usahakan memilih menu sahur dan berbuka yang sederhana agar dapat menghemat pengeluaran. Kamu juga bisa menentukan budget tertentu untuk keperluan ini agar tidak melebihi anggaran yang telah disisihkan.

2. Batasi budget buka Bersama

Di bulan Ramadan, mungkin kamu akan menerima banyak ajakan buka puasa bersama untuk menyambung tali silaturahmi. Hal ini sebetulnya boleh-boleh saja, namun usahakan menentukan budget tersendiri untuk acara buka bersama. Kamu harus cermat memilih ajakan mana yang menjadi prioritas dengan memilah 3 hingga 6 ajakan berbuka saja.

3. Pakai baju lebaran yang sudah ada

Meski seperti menjadi tradisi, sebetulnya kita tak perlu harus membeli pakaian baru untuk lebaran. Kamu bisa memakai baju lebaran tahun sebelumnya ataupun pakaian yang sudah ada untuk menghemat pengeluaran. Kalau kamu memang harus membeli pakaian baru karena satu dan lain hal, usahakan untuk membelinya jauh hari sebelum lebaran seperti di awal bulan Ramadan dimana harganya masih relatif bersahabat.

4. Alokasikan budget THR

Jika kamu memiliki sanak saudara yang masih duduk di bangku sekolah atau kerabat dan berencana akan meberikan mereka tunjangan hari raya, maka alokasikan budget yang ada. Ambil perkiraan jumlah keponakan, sepupu, atau kerabat yang akan dihadiahi THR dengan nominal yang menurutmu tidak memberatkan.

5. Jangan lupa bersedekah

Terakhir yang tak kalah penting adalah bersedekah. Kamu bisa menyisihkan dari penghasilanmu untuk berbagi ke sesama sesuai dengan kemampuanmu. Meskipun harus berhemat, jangan lupakan urusan yang satu ini untuk memperbanyak amalan baik dan memperoleh berkah di bulan yang suci ini.

Itu lah tips yang bisa kamu lakukan untuk berhemat di bulan Ramadan. Minimalisir pengeluaran yang tidak penting agar pundi-pundi masih tersisa untuk ke depannya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut