Tips Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Mudik

0
61
Tips Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Mudik

Mudik yang menempuh jarak perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi perlu persiapan yang sangat baik agar perjalanan menemui keluarga dan kerabat aman dan nyaman. Hal ini dianggap penting karena faktor kondisi kendaraan menjadi salah satu penyebab kecelakaan terbesar saat mudik. Jika kamu berencana untuk pulang ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi, simak beberapa poin di bawah terkait apa saja komponen mobil yang harus dipersiapkan.

Ban

Ban merupakan salah satu komponen mobil yang paling penting sebab bersinggungan langsung dengan jalan. Oleh karenanya kita wajib memperhatikan kondisinya. Pastikan ban dalam kondisi siap pakai dan tekanan angin sesuai.

Oli mobil

Sebelum berangkat, periksa kondisi oli mobil. Mulai dari oli mesin, oli transmisi hingga oli gardan. Oli adalah cairan yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen dan butuh penggantian secara berkala.Jika kondisi oli sudah tidak layak pakai atau habis dapat menimbulkan masalah pada mobil.

Rem

Rem juga merupakan salah satu komponen terpenting untuk mencegah kecelakaan fatal. Periksa kelayakan rem mobil seperti mengecek kecukupan minyak rem. Pastikan juga tidak ada kotoran seperti endapan lumpur yang dapat menurunkan performa rem. Selain itu pastikan tidak ada kebocoran pada selang yang ditandai rembesan pada sambungan atau lekukannya. Periksa juga kondisi kampas rem sebagai bagian yang menanggung beban berat saat rem mobil beroperasi.

Lampu

Periksa kondisi lampu mobil, seperti lampu utama, lampu kabut, lampu rem, dan lampu sein terlebih jika akan berkendara di malam hari. Cek juga soket lampu dan segera ganti bila mulai bermasalah. Kamu juga bisa membawa lampu cadangan, terutama lampu utama dan lampu rem belakang untuk berjaga-jaga.

Aki mobil

Aki adalah salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga. Jangan sampai kita kehilangan daya listrik dalam perjalanan yang membuat mesin mobil tidak bisa hidup. Periksa kinerja komponen tersebut dan pastikan aman untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

Filter

Periksa kondisi saringan atau filter pada mobil, seperti filter oli, filter udara, filter bensin, dan juga filter AC.  Dampak buruk filter tidak diganti seperti oli, bensin, dan udara yang terkontaminasi kotoran sehingga mengganggu kerja mesin. Sementara untuk filter AC jika tidak diganti dapat mengakibatkan udara AC yang berembus menjadi kotor dan menyebabkan saluran AC tersumbat.

Shock absorber mobil

Pastikan juga komponen peredam guncangan atau shock absorber dalam keadaan baik. Saat perjalanan mudik, komponen ini cukup punya peran penting menjaga kenyamanan penumpang.

Cairan lainnya

Cairan pendukung lainnya yang tidak kalah penting untuk menunjang perjalanan juga perlu diperiksa. Misalnya air radiator yang berfungsi sebagai pendingin agar temperatur mesin stabil. Selain itu cek juga air washer agar wiper dapat berfungsi secara maksimal untuk menjaga visibilitas pengemudi, pastikan wiper dalam kondisi layak pakai. Jika kamu menggunakan mobil dengan transmisi manual, pastikan minyak kopling dalam kondisi baik dan tidak bocor.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut