7 Tips Mencegah Laptop Cepat Panas

1
641
Tips Mencegah Laptop Cepat Panas

Penggunaan laptop akrab dengan keseharian kita dalam bekerja, sekolah, ataupun dalam kebutuhan sehari-hari. Performa laptop yang maksimal tentunya akan membantu kita dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna laptop adalah panas berlebih. Selain menurunkan performa, masalah panas berlebih pada laptop juga berpotensi menimbulkan gangguan lain yang berakibat berkurangnya masa pakai sebuah laptop. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan agar laptop tidak cepat panas dan bisa menjaga performa laptop tetap baik.

1. Gunakan di permukaan datar

Menggunakan laptop di atas meja atau tempat datar lainnya sangat dianjurkan. Dengan demikian, panas dari perangkat tersebut bisa dikeluarkan secara maksimal. Sistem pendinginan yang bekerja maksimal tentu membuat laptop bisa bekerja tanpa ada gangguan seperti panas berlebih.

2. Jauhkan laptop dari tempat yang panas

Laptop yang digunakan di tempat dengan suhu terjaga cenderung terhindar dari masalah panas berlebih. Menjauhkan laptop dari tempat panas seperti dibawah sinar matahari atau ruangan pengap bisa memberikan performa maksimal pada perangkat yang sedang digunakan.

Meski jarang disadari, penggunaan laptop pada tempat dengan suhu tinggi bisa menyebabkan perangkat tersebut mengalami peningkatan suhu. Gangguan ini tentunya membuat kinerja sebuah laptop menjadi tidak maksimal.

3. Hindari memangku laptop ketika digunakan

Tidak hanya berbahaya bagi perangkatnya saja, memangku laptop juga berbahaya bagi kesehatan empu dari perangkat tersebut. Ketika memangku laptop, jalur udara keluar terhalang oleh kaki yang membuat kinerja fan cooler menjadi tidak maksimal. Tentu masalah ini bisa berakibat pada performa laptop. Selain mengalami penurunan performa, umur pakai dari sebuah laptop tentunya akan berkurang.

4. Angkat bagian exhaust fan pada laptop

Exhaust atau area buang udara pada laptop tentunya berbeda-beda. Beberapa laptop mungkin menggunakan sistem buang udara yang berada pada sisi belakang. Namun sebagian lainnya menggunakan sisi kiri dan kanan. Dengan mengangkat sedikit bagian pembuangan udara, suhu perangkat tersebut bisa lebih terjaga berkat panas yang dihasilkan ketika laptop digunakan bisa dibuang secara maksimal.

5. Gunakan pendingin tambahan

Alat yang bisa digunakan untuk membantu mendinginkan laptop sudah banyak beredar di pasaran. Cooling pad adalah nama dari alat tersebut. Dengan menggunakan cooling pad, suhu dari gadget ini bisa terjaga. Sistem fan tambahan yang terselip pada cooling pad membuat kinerja laptop menjadi lebih maksimal berkat tidak adanya panas ketika proses pemakaian.

6. Hindari penggunaan terlalu intens

Pada dasarnya laptop merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan. Namun menggunakan alat ini secara terus menerus juga bisa menyebabkan berbagai masalah seperti panas berlebih. Jika terpaksa menggunakan laptop setiap hari untuk keperluan pekerjaan, setidaknya istirahatkan perangkat ini dengan mematikannya kurang lebih 30-60 menit untuk kemudian digunakan kembali.

7. Periksa performa kipas

Pada setiap laptop tentu terdapat kipas yang berfungsi untuk menjaga suhu perangkat ketika digunakan. Seiring bertambahnya umur penggunaan, performa kipas laptop tentu akan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti debu yang menyumbat, penggunaan terlalu berat seperti render, hingga gangguan lainnya. Melakukan pemeriksaan pada kipas laptop menjadi salah satu cara ampuh untuk menjaga suhu perangkat tersebut agar terhindar dari panas berlebih.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.