Tips Berpuasa untuk Pemula Agar Fisik Tetap Sehat dan Bugar

0
328
tips berpuasa untuk pemula

Menjalankan ibadah puasa adalah kewajiban bagi umat Islam selama bulan Ramadan. Ada tips berpuasa untuk pemula jika Anda belum terbiasa melakukannya. Terutama bagi mereka yang termasuk mualaf sehingga masih merasa kesulitan menjalankan aktivitas tersebut.

Puasa Ramadan berlangsung kurang lebih selama 13 jam, mulai sebelum subuh hingga magrib tiba. Anda tidak boleh makan dan minum sampai waktunya berbuka.

Hal tersebut membuat tubuh sering lemas karena tidak ada asupan makanan dan cairan. Wajar jika seseorang merasa mudah mengantuk dan lelah. Akan tetapi Anda harus tetap bersemangat agar dapat berpuasa genap satu bulan. Cobalah terapkan beberapa tips berikut supaya ibadahnya lancar!

Konsumsi Makanan dan Minuman Bergizi

Puasa Ramadan merupakan waktu sakral yang menyenangkan. Selain beribadah, Anda juga dapat merayakan suasana meriah. Misalnya seperti berkumpul bersama keluarga dan mempererat tali silaturahmi dengan teman-teman.

Itulah alasannya kenapa ada berbagai kegiatan selama bulan Ramadan seperti buka bersama, jalan-jalan dan budaya jajan takjil. Sedangkan takjil didominasi oleh makanan manis, asin dan berminyak. Padahal jika terlalu sering mengonsumsinya maka dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Setelah seharian penuh berpuasa, tubuh sebaiknya mendapatkan asupan nutrisi terbaik. Sumbernya berasal dari makanan dan minuman sehat. Hal ini bertujuan supaya tubuh Anda tetap terasa bugar dan terhindar dari risiko sakit.

Cobalah untuk membuat daftar menu berbuka dan sahur menggunakan makanan bergizi tinggi. Pola makan yang sehat bisa Anda ikuti seperti kebiasan berikut!

  1. Perbanyak sayuran dan buah-buahan terutama ketika berbuka puasa. Asupan serat tinggi akan mencegah risiko sembelit karena tubuh Anda kekurangan banyak cairan selama berpuasa.
  2. Cara selanjutnya dengan menghindari jenis makanan cepat saji atau junk food. Usahakan Anda sekeluarga memasak sendiri agar kualitas makanannya tetap terjamin.
  3. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi takjil yang terlalu manis. Akan lebih baik jika berbuka dengan buah-buahan dan air putih terlebih dahulu. Makanan mengandung kadar gula tinggi, berbahan tepung, gorengan dan berlemak justru menimbulkan dampak buruk pada kesehatan.
  4. Jika perlu Anda dapat mengonsumsi Vitamin C, D, atau zat besi untuk meningkatkan kebugaran. Beberapa orang mempunyai kondisi tubuh berbeda sehingga membutuhkan asupan vitamin tambahan.

Makan Sahur dengan Gizi Lengkap

Banyak orang hanya fokus pada waktu berbuka puasa bulan Ramadan sehingga sibuk menyiapkan menu makanan lengkap. Aneka makanan dan minuman tersedia di atas meja. Hal ini sering terjadi karena Anda sudah kelaparan dan ingin segera menyantap makanan.

Padahal kebiasaan tersebut kurang baik karena organ pencernaan masih kosong seharian. Sebaiknya makan secara perlahan dalam porsi kecil terlebih dahulu. Kalau bisa Anda mengonsumsi jenis makanan dengan tekstur lebih lembut supaya gampang dicerna.

Justru Anda harus fokus pada waktu sahur untuk melengkapi gizi makanan. Menu lengkap meliputi karbohidrat, serat dan protein akan menghasilkan energi lebih besar. Dengan begitulah tubuh Anda menjadi lebih kuat selama berpuasa dari subuh sampai maghrib.

Sementara itu menu makan sahur dapat Anda atur sendiri sesuai kebutuhan. Tidak perlu selalu mewah karena ada berbagai macam bahan makanan bergizi. Misalnya mengganti protein hewani dari daging merah ke protein nabati seperti tahu dan tempe.

Sedangkan sayuran mudah sekali Anda beli di tukang sayur. Aneka masakan seperti tumis, sayur berkuah hingga lalapan rebus bisa menjadi pilihan alternatif. Pemilihan menu beragam tidak akan membuat Anda dan keluarga bosan selama berpuasa.

Pastikan Jam Tidur Anda Cukup

Selain memerhatikan pola makan sehat, tips berpuasa yang benar juga berkaitan dengan pola tidur. Jam tidur yang cukup akan memengaruhi kualitas tubuh manusia apalagi selama melakukan puasa.

Hindari kebiasaan begadang yaitu tidur diatas jam 10 malam. Terlebih lagi Anda memiliki aktivitas keesokan harinya seperti bekerja atau belajar. Tubuh yang sedang berpuasa akan kekurangan cairan sehingga mengurangi konsentrasi otak. Jika Anda kurang tidur maka akan memperparah kondisi tersebut.

Selain itu tubuh juga merasa mudah lelah dan mengantuk. Akibatnya pekerjaan Anda terhambat karena performa fisik yang tidak mendukung. Jadi cobalah untuk beristirahat secara tertib agar mendapatkan jam tidur setidaknya 7 hingga 8 jam.

Mencoba Berolahraga Ringan Selama Puasa

Bugar dan sehat selama puasa bisa Anda capai dengan rutin berolahraga. Tidak perlu setiap hari asalkan konsisten dan terprogram sesuai kebutuhan masing-masing orang.

Kegiatan berolahraga selama puasa dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Kemudian Anda merasa lebih bugar dan segar ketika menjalani berbagai macam kegiatan sehari-hari. Supaya tidak mudah lelah maka pilihlah jenis olahraga ringan seperti bersepeda, yoga dan jalan santai.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh memilih olahraga berat seperti kardio dan gym. Tips agar tubuh tidak merasa lemas yaitu dengan menentukan jadwal olahraga tepat. Anda dapat memulainya setelah makan sahur atau mendekati waktu berbuka.

Bagaimana dengan durasi waktunya? Karena masih dalam kondisi berpuasa maka setidaknya Anda berolahraga 30 sampai 50 menit sehari. Lakukan aktivitas fisik setidaknya 3 sampai 5 kali seminggu sesuai kebutuhan.

Baca juga: Rekomendasi Olahraga Hemat di Akhir Pekan

Perbanyak Air Putih daripada Minuman Manis

Hasrat ingin minum manis terasa besar ketika Anda melakukan puasa seharian penuh. Akan tetapi akan lebih baik jika mengonsumsi banyak air putih. Inilah salah satu tips puasa agar tetap bugar untuk memenuhi kekurangan cairan dalam tubuh.

Ketika berpuasa, metabolisme manusia melambat karena tidak mendapatkan asupan air yang cukup. Minuman manis mengandung gula dan sifatnya pekat sehingga membuat kerja ginjal semakin berat. Sedangkan konsumsi air putih mampu memperlancar metabolisme sekaligus membersihkan organ tersebut.

Anda dapat mengatur konsumsi air putih meskipun sedang berpuasa. Terapkan pola 2-4-2 yaitu minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas ketika sahur.

Tidak hanya mencegah dehidrasi, manfaat konsumsi banyak air putih selama puasa juga bermacam-macam. Salah satunya menyehatkan organ pencernaan serta terhindar dari sembelit.

Cairan tubuh yang cukup mampu mempertahankan energi sehingga Anda tidak mudah lemas. Alasannya karena cairan tersebut merangsang sel-sel darah merah untuk menghasilkan oksigen serta energi.

Perbanyak Konsumsi Makanan Berprotein

Cara sehat selama puasa untuk pemula bisa dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Akan tetapi perhatikan dahulu riwayat kesehatan Anda, apakah mempunyai risiko penyakit tertentu atau tidak. Misalnya seperti asam urat karena tidak disarankan mengonsumsi banyak protein.

Bagi pemula, puasa seharian penuh sering membuat tubuh mudah lemas dan mengantuk. Cobalah untuk makan makanan berprotein seperti daging ayam, daging sapi, telur, susu, dan sayuran tertentu.

Kekurangan kalori memicu hilangnya massa otot dan lemak. Wajar jika tubuh lebih lemas karena kehabisan cadangan energi. Oleh sebab itu, protein yang cukup akan membantu mempertahankan massa otot. Jadi tubuh Anda akan terasa bugar dan tidak cepat lelah.

Selama berpuasa terdapat jaringan tubuh yang rusak. Sedangkan salah satu fungsi protein adalah memperbaiki jaringan tersebut dengan cepat. Tidak mengherankan jika sebagian orang mudah sakit saat bulan puasa karena kekurangan kandungan penting ini.

Penutup

Adanya tips berpuasa untuk pemula di atas akan membantu Anda dalam menjalankan ibadah selama satu bulan penuh. Terutama ketika ingin merasakan tubuh tetap sehat dan bugar tanpa kendala kesehatan.

Pada intinya Anda harus menerapkan pola hidup sehat termasuk pola makan, tidur, dan berolahraga. Jika kebiasaan ini terus diterapkan maka kegiatan puasa di bulan Ramadan menjadi lebih mudah.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].