Tips Agar Tidak Terjebak Barang Diskon

0
138
Tips Agar Tidak Terjebak Barang Diskon

Pernahkah kamu membeli barang yang sebetulnya tidak kamu butuhkan hanya karena barang tersebut sedang diskon? Nyatanya, diskon tidak selamanya tepat kita terapkan atau bahkan justru bisa membuat kita jadi lebih boros. Hal itu tergantung dari apa yang akan kita beli. Pasalnya, jika kita melihat ada pakaian seharga Rp300 ribu yang sedang diskon menjadi Rp200 ribu, maka artinya kita bukan sedang berhemat Rp100 ribu, melainkan kita sedang menghabiskan uang Rp200 ribu di hari itu. Terlebih lagi kalau ternyata saat itu kita sebenarnya sedang tidak terlalu butuh membeli pakaian baru tersebut.

Meski begitu, membeli barang diskon akan memberi keuntungan ketika digunakan dengan tepat. Membeli barang diskon paling tepat digunakan ketika kita membeli kebutuhan pokok yang naik turunnya harga hanya sedikit pengaruhnya terhadap jumlah yang akan kita beli. Contohnya, ketika kita membeli beras untuk satu bulan adalah 5 kg seharga Rp65 ribu dan saat itu diskon menjadi Rp50 ribu, kita jadi hemat Rp15 ribu dari anggaran awal.

Membeli barang diskon tidak tepat dilakukan ketika kita membeli barang yang naik turunnya harga mempengaruhi jumlah yang akan kita beli. Contohnya ketika kita dalam satu bulan memberikan anggaran untuk membeli sebuah pakaian seharga Rp150 ribu dan saat itu diskon menjadi Rp100 ribu lalu kita membeli 2 buah, artinya kita melebihi anggaran awal yang sudah kita persiapkan. Maka barang diskon tersebut justru membuat kita boros, apalagi jika kita melakukan secara berulang.

Lalu bagaimana menyiasatinya? Tentu kita jangan langsung bernafsu membeli barang dalam jumlah banyak ketika diskon. Kita harus tetap membeli barang kebutuhan dengan jumlah konsisten lebih baik daripada dalam jumlah banyak karena belum tentu bermanfaat jika dibeli dalam jumlah banyak. Kita juga harus memperhitungkan apakah beberapa waktu kedepan kita akan bosan mengkonsumsinya atau menggunakannya lagi. Kita bisa menabung sisa anggaran untuk berjaga-jaga jika harga kebutuhan naik dikemudian hari. Dan yang terpenting, bedakan kebutuhan dan keinginan

Sejatinya, barang kebutuhan akan tetap kita beli sekalipun tidak ada diskon karena memang dibutuhkan, sehingga harus benar-benar diperhitungkan dengan baik. Jangan sampai diskon bikin kita malah boros!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut