Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Berolahraga

0
1140
Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terlebih di masa pandemi. Namun, terkadang ada beberapa kondisi yang menyebabkan kamu merasa cepat lelah dan kehabisan tenaga sehingga memutuskan untuk berhenti berolahraga. Banyak faktor yang menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah saat berolahraga, seperti faktor makanan yang dikonsumsi, kondisi kesehatan, ataupun kurangnya waktu istirahat. Ada beberapa tips berolahraga tanpa merasa cepat lelah dan kehabisan tenaga.

1. Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan adalah hal yang wajib dilakukan ketika olahraga untuk mencegah kram, serta bisa mencegah timbulnya kelelahan dengan cepat. Tidak hanya pemanasan, pendinginan juga menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan saat selesai berolahraga. Pendinginan memiliki fungsi untuk meregangkan dan melemaskan otot-otot, serta memperlancar aliran darah yang menegang selama olahraga berlangsung.

2. Tingkatkan Intensitas Perlahan

Agar tak cepat lelah, kamu perlu mengatur napas dan stamina. Caranya adalah dengan menambah intensitas olahraga secara bertahap. Kamu bisa mulai latihan beban bakar lemak dengan berat beban minimal, atau latihan dengan interval pendek seperti lari, bersepeda atau berenang. Seiring dengan rutinnya kamu berolahraga, pelan-pelan kamu dapat menambah berat beban atau durasi lari dan berenang. Lama-lama tubuh akan terbiasa dengan intensitas yang cukup berat sehingga tidak akan merasa cepat lelah saat latihan.

3. Banyak Minum Air Putih

Air putih ternyata mampu meningkatkan stamina saat berolahraga. Stamina inilah yang berfungsi untuk memperkuat tubuh sehingga tidak mudah lelah. Air putih juga dapat menekan rasa lelah yang ada di otot. Saat otot mengalami dehidrasi, maka kinerjanya tidak bisa maksimal.

4. Perhatikan Kondisi Tubuh

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar memang menjadi hal yang ingin dicapai ketika berolahraga. Namun, tetap ingat bahwa tubuh kamu juga memerlukan istirahat. Saat kamu merasa sangat lelah dan merasa tidak kuat untuk melanjutkan olahraga tersebut, berhentilah dan jangan memaksakan diri. Jika kamu memaksakan diri untuk berolahraga, bukan tubuh berstamina yang didapat justru tubuhmu akan semakin loyo, bahkan berdampak bahaya.

5. Konsisten dalam Berolahraga

Membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin adalah kunci penting agar kamu tidak cepat kelelahan. Saat kamu mulai berolahraga, atur durasi sesuai kemampuan yang kamu miliki dan jangan memaksakan diri. Kamu bisa menambahkan durasi olahraga secara perlahan. Maka dari itu diperlukan konsistensi dalam melakukan olahraga agar tubuh terbiasa dengan latihan-latihan yang dilakukan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut