Memahami Time Value of Money Lebih Dalam

0
25581
Time Value of Money Adalah

Sadarkah Anda bahwa uang dewasa ini nilainya lebih rendah dibandingkan dengan uang pada beberapa tahun lalu? Contohnya, sekitar dua dekade yang lalu, tepatnya di awal 2000-an, harga 1 kg telur hanya berkisar Rp8.000. Kini, harga sekilo telur sudah naik menjadi sekitar Rp20.000. Artinya, nominal uang tertentu nilainya dapat berubah dari waktu ke waktu. Nah, time value of money adalah suatu konsep yang menggambarkan kondisi tersebut. 

Pengertian Konsep Nilai Waktu atas Uang

Time value of money adalah sebuah konsep kalkulasi nilai uang berdasarkan waktu. Konsep ini diterapkan karena nilai nominal uang pada saat ini dapat berbeda dengan nilai nominal uang di masa yang akan datang. Dengan kata lain, dalam hal ini, waktu berubah menjadi fungsi dari uang. 

Salah satu penyebab dari pengurangan nilai uang di masa mendatang ialah inflasi (kenaikan biaya). Hal ini bisa jadi didasarkan pada teori ekonomi yang pernah dikemukakan oleh seorang ekonom asal Austria, Eugen von Böhm-Bawerk (1851 – 1914). Menurut beliau, terdapat tiga alasan di balik berkurangnya nilai suatu barang di masa depan, yakni:

  1. Keuntungan yang akan diperoleh di masa mendatang dipertanyakan kepastiannya, sementara keuntungan di masa kini dianggap sangat jelas.  
  2. Rasa puas manusia terhadap suatu keinginan atau kehendak yang hadir di masa kini dianggap lebih bernilai dibandingkan rasa puas akan keinginan atau cita-cita di masa depan.
  3. Barang-barang yang tersedia di waktu sekarang dinilai lebih bermanfaat dan dibutuhkan daripada barang-barang yang masih diprediksikan kelak muncul di masa depan.

Manfaat dari Konsep Nilai Waktu atas Uang

Sejatinya, konsep time value of money adalah metode penghitungan ekonomi yang sangat diperlukan guna merencanakan keuangan masa depan. Pada umumnya, konsep ini diterapkan dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Dengan begitu, seorang manajer keuangan sangat dianjurkan untuk memahaminya dalam mengambil keputusan finansial, seperti menjalankan investasi pada sebuah aktiva serta mencari sumber dana pinjaman.

Contoh Soal dari Konsep Nilai Waktu atas Uang

Perlu Anda ketahui, time value of money adalah konsep penghitungan keuangan yang terdiri dari tiga rumus untuk penghitungan nilai uang sekarang, masa depan, serta anuitas (pembayaran secara bertahap). Berikut ini adalah rumus beserta beberapa contoh soalnya: 

  • Present Value (Nilai Uang Sekarang)

Nilai uang sekarang merupakan nilai nominal sejumlah uang yang dimiliki saat ini dan dapat dibungakan guna meraih jumlah uang yang lebih besar pada masa depan. Rumus kalkulasi present value tersebut, yaitu:

Pv = Fv / (1 + i) n

Keterangan:

Pv = present value (nilai uang sekarang)

n = jumlah tahun

Fv = future value (nilai uang masa depan) di tahun ke-n

i = interest (tingkat suku bunga)

Di bawah ini ialah contoh soal penghitungan present value:

Bapak X hendak menabung uangnya di bank dengan tujuan mendapatkan uang sejumlah Rp10.000.000 setelah dua tahun menabung. Jika tingkat suku bunga yang didapatkan sebesar 10%, penghitungan uang yang Bapak X harus tabungkan adalah:

Pv = Fv / (1 + i) n

Pv = Rp10.000.000 / (1 + 0,10) 2

Pv = Rp10.000.000 / (1,21)

Pv = Rp8.264.463

  • Future Value (Nilai Uang Masa Depan)

Future value dalam time value of money adalah nominal uang yang akan diterima di masa depan dari uang yang disimpan saat ini, ditambah tingkat suku bunga tertentu. Ciri-ciri dari future value adalah terdapatnya kemungkinan jumlah uang menjadi berkali-kali lipat. Rumus matematis yang diterapkan sama dengan rumus present value:

Fv = Pv (1 + i) n

Berikut contoh soalnya:

Ibu Y menyimpan uangnya di bank tahun ini sebesar Rp10.000.000 dengan tingkat suku bunga hingga 5% dalam setahun. Maka, untuk mengetahui total nilai tabungan Ibu Y pada dua tahun ke depan adalah seperti diuraikan di bawah.

Fv = Pv (1 + i) n

Fv = Rp10.000.000 (1 + 0,05) 2

Fv = Rp10.000.000 (1,1025)

Fv = Rp11.025.000

Baca juga: Miliki 4 Prinsip Ini Untuk Masa Depan Lebih Sukses!

  • Anuitas (Pembayaran secara Bertahap)

Anuitas ialah suatu pembayaran yang dilakukan secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Anuitas dapat didefinisikan sebagai sebuah kontrak saat suatu perusahaan asuransi membayar imbalan premi kepada nasabahnya secara berkala. 

Kesimpulan

Sebagai penutup, time value of money adalah sebuah fakta bahwa suatu nilai uang kita yang sekarang lebih berharga daripada nilai uang kita di masa depan. Perlu diketahui juga bahwa makin besar nilai bunga secara relevan, makin besar pula selisih di antara nilai uang saat ini dan nilai uang masa depan. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]