4 Macam Tes Bakat yang Ada di Indonesia

0
616
Tes Bakat

Keinginan mengembangkan potensi pada dasarnya ada dalam diri semua orang. Namun, langkah pertama yang penting adalah memetakan di mana minat dan bakat kamu sesungguhnya. Kamu bisa mengikuti tes bakat Indonesia untuk mengetahui di mana bakatmu terletak agar bisa mengembangkan diri lebih maksimal.

Apa yang Dimaksud dengan Tes Bakat?

Banyak orang yang masih salah paham dan menganggap kalau tes bakat dan tes inteligensi itu adalah dua hal yang sama. Tes inteligensi mengukur inteligensi manusia secara umum. Berbeda dari tes tersebut, tes bakat berfokus untuk memetakan potensi individu di dalam bidang-bidang tertentu.

Berikut merupakan beberapa fungsi dari tes bakat yang membuat tes ini cukup populer baik di dunia pendidikan maupun pekerjaan:

  • Membantu seseorang di dalam memutuskan jenis karier yang paling sesuai dengan dirinya.
  • Membantu sebuah perusahaan dalam melakukan seleksi karyawan sesuai dengan posisi yang tersedia.
  • Membantu konselor untuk memberikan bimbingan atau coaching yang sesuai bagi siswa maupun karyawan.
  • Membantu institusi pendidikan untuk menjamin semua siswa bisa menjalani pendidikan dengan optimal.

Jenis-jenis Tes Bakat yang Tersedia di Indonesia

Tes bakat memiliki sifat yang kontekstual. Kontekstual di sini bukan hanya terkait bakat atau minat apa yang dilihat, tetapi juga situasi budayanya. Karena itu, ada yang disebut sebagai tes bakat Indonesia. Daftar di bawah ini menjelaskan beberapa macam tes yang tersedia:

1. Asesmen Calon Karyawan

Pada periode tertentu, perusahaan akan melakukan rekrutmen karyawan. Namun, karena terbatasnya posisi yang ditawarkan, tidak semua orang yang mendaftar akan diterima. Karena itu, perusahaan Indonesia saat ini banyak mengadakan tes minat bakat untuk menyeleksi siapa karyawan yang cocok di posisi tersebut.

Dalam contoh minat bakat ini, biasanya perusahaan akan membuat kriteria yang diharapkan dari calon karyawannya, baik secara potensi, keterampilan, maupun kepribadiannya. Tes bakat kemudian diberikan untuk mengetes calon karyawan sesuai dengan standar itu.

2. Tes Minat Bakat Anak

Membesarkan anak bukanlah hal yang mudah, apalagi di era yang makin kompetitif sekarang ini. Orang tua pun sejak kecil berusaha untuk melihat di mana bakat anak terletak agar bisa mengembangkan bakat tersebut dengan maksimal, apalagi masa kanak-kanak adalah masa ketika potensi manusia akan berkembang pesat.

Tes bakat Indonesia ini cocok diberikan untuk anak yang masih berusia 6 sampai 12 tahun. Dalam masa pertumbuhan ini, ada beberapa aspek yang akan dinilai seperti potensi inteligensi, minat anak, kepribadian anak, dan kondisi fisik anak. Tes ini bisa juga membantu orang tua mendeteksi masalah perkembangan anak.

3. Tes Penjurusan Sekolah/Kuliah

Kesulitan untuk memilih jurusan di jenjang pendidikan wajib maupun pendidikan merupakan masalah yang dihadapi oleh banyak pelajar. Padahal, risikonya cukup besar kalau kamu sudah memilih jurusan. Pertama, kamu cenderung tidak berhasil menunjukkan performa terbaik. Kemungkinan putus sekolah pun lebih besar.

Tes minat bakat jurusan kuliah dan sekolah biasanya akan melihat potensi kamu dari sisi inteligensi. Kemudian, ada aspek minat siswa yang juga dinilai di dalam tes. Jenis tes bakat Indonesia ini mengkaji kepribadian siswa. Penilaian komprehensif ini nantinya dapat mengarahkan siswa pada program pendidikan yang sesuai untuknya.

Baca juga: Pentingnya Memahami Fungsi dan Tujuan dari Pendidikan

4. Asesmen Minat Karir

Asesmen ini merupakan asesmen yang sifatnya personal pada diri individu, jadi berbeda dengan proses rekrutmen dan seleksi. Di era ini, banyak orang terjebak menjalani karier yang menurut mereka tidak sesuai dengan dirinya. Hal ini bisa berakibat pada burnout atau kelelahan kerja.

Seperti halnya tes minat bakat, kamu akan dilihat secara potensi, minat, dan juga kepribadian. Berdasarkan data tersebut, saran bisa dibuat mengenai jenjang karier yang sesuai dengan diri kamu. Kalau kamu melakukan follow-up dengan coaching, maka akan ada saran praktis yang diberikan untuk memulai atau mengubah karier.

Tentu saja setiap bentuk tes punya kelemahannya sendiri, tidak terkecuali tes-tes bakat yang disebutkan di atas. Limitasinya meliputi:

  • Kondisi ketika tes berperan besar terhadap hasil.
  • Bakat bukan satu-satunya faktor yang akan menjamin kesuksesan individu di masa depan.
  • Bakat seseorang sifatnya prediktif, jadi bisa terwujud atau tidak, tergantung dari pengembangan yang dilakukan.

Ada berbagai jenis tes bakat Indonesia yang bisa digunakan tergantung dari tujuan individu. Tes ini dinilai cukup bermanfaat terutama ketika seseorang mengalami kebuntuan dalam menentukan langkah yang tepat ke depannya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]