Tertarik Bisnis Apotek? Berikut Langkah-Langkah Untuk Memulainya

1
2664

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan saat ini, salah satunya yang jarang dilirik adalah bisnis apotek. Tapi tunggu, bukankah untuk memulai bisnis apotek harus lulusan farmasi? Ternyata tidak sepenuhnya, kamu yang bukan lulusan farmasi masih bisa kok belajar cara bisnis apotek, termasuk pengetahuan dasar soal perdagangan obat. Walaupun pada akhirnya membutuhkan seorang apoteker yang bertanggung jawab menjalankan bisnis tersebut.

Mendirikan apotek merupakan pilihan bisnis yang memiliki peluang sukses tinggi. Menurut KepMenKes No.1027/MENKES/SK/IX/2004, apotek adalah tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan kefarmasian, perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat. Melihat dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa apotek bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Mendirikan apotek cukup mudah, namun diperlukan strategi dan perhitungan yang matang agar pendirian apotek mendapat izin dari dinas kesehatan dan sukses di pasaran. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Sobat siapkan dalam mendirikan apotek: 

  • Menentukan Modal

Dalam membuka apotek, sama seperti bisnis lainnya tentu membutuhkan sebuah modal. Untuk besar kecilnya modal yang ingin digunakan bisa disesuaikan dengan strategi bisnis yang hendak dijalankan. Apabila memiliki modal terbatas, maka tidak ada salahnya untuk membuat apotek berskala kecil terlebih dahulu untuk menekan biaya pengeluaran maupun operasional. 

  • Memastikan Lokasi

Langkah pertama adalah dengan menentukan lokasi dimana Apotek akan dibangun. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu kepadatan penduduk dan transportasi umum yang tersedia di sekitar lokasi. Upayakan untuk membuka apotek di daerah ramai dengan lalu lintas dua arah. Kemudian, lengkapi semua perizinan dan legalitas yang diperlukan sesuai dengan peraturan di lokasi apotek didirikan.

  • Memiliki Dasar Pengetahuan Produk (product knowledge)

Dalam menjalankan bisnis apotek memerlukan pengetahuan tentang produk. Setelah lokasi sudah ditentukan, hal berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah pengetahuan mengenai obat-obatan. Jika Sobat tidak memiliki latar belakang pendidikan farmasi, maka Sobat harus mempersiapkan seorang apoteker yang bertanggung jawab menjalankan apotek.

  • Perizinan

Hal ini sangat penting dilakukan karena berkaitan juga dengan membangun kepercayaan konsumen. Proses perizinan juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Asalkan menyiapkan semua dokumen persyaratan, maka bisa dipastikan proses akan lancar. Dengan terbitnya izin, maka legalitas dari apotek kamu akan membuat pelanggan percaya. Persyaratan dan proses dalam mengajukan perizinan bisa Sobat baca di internet. 

  • Menyusun Strategi Bisnis

Lalu setelah masalah tempat dan juga perizinan telah selesai, maka saatnya untuk mulai menyusun strategi bisnis. Perhitungkan dan pertimbangkan matang-matang semua hal dimulai dari biaya pengeluaran sampai biaya pemasukan. Pertimbangkan juga bagaimana nantinya kegiatan promosi akan dilakukan, lalu berapa jumlah karyawan dan terapkan juga manajemen dalam pelayanan kepada pelanggan.

  • Melengkapi Sarana dan Prasarana Dengan Sebaik Mungkin

Kunci dalam sebuah usaha adalah pelayanan, maka berikanlah pelayanan yang optimal kepada setiap pelanggan yang berkunjung. Pelayanan ini juga bisa dilakukan dalam hal konseling dengan memanfaatkan metode offline maupun online. Buat juga ruang tunggu yang nyaman meskipun tempat apotek yang digunakan tidak terlalu besar. 

  • Menjalin Kerjasama Dengan Asuransi Kesehatan

Kerjasama dengan lembaga asuransi kesehatan memberikan kesempatan apotek dikenal dengan luas oleh masyarakat utamanya masyarakat bawah. Selain itu metode ini juga bisa digunakan sebagai metode membangun kepercayaan masyarakat bahwa apotek ini melayani orang yang menggunakan Askes maupun BPJS.

  • Merekrut SDM Terbaik

Karena apotek sifatnya krusial berhubungan langsung dengan obat, maka pastikan untuk merekrut SDM terbaik agar bisnis bisa dijalankan dengan baik. Tentukan juga kamu merekrut apoteker dalam menjalankan bisnis apotek ini. Selain itu juga kamu harus merekrut SDM terbaik untuk tentu mendukung dalam memberikan pelayanan optimal. 

  • Memilih Agen, Distributor, dan Supplier Obat 

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis apotek adalah menentukan agen, distributor dan supplier obat yang sesuai dengan kebutuhan dan modal yang Sobat punya. Pilihlah agen dan distributor yang terpercaya dan resmi, kemudian pilihlah yang berlokasi tidak jauh dari lokasi apotek. Sehingga Sobat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan dalam hal operasional maupun ongkos. Tentu akan sangat menguntungkan.

  • Pemasaran 

Terakhir adalah pemasaran, strategi pemasaran atau marketing merupakan suatu kegiatan yang penting bagi setiap unit bisnis tidak terkecuali unit bisnis apotek. Namun seringkali strategi pemasaran ini tidak terlalu menjadi kegiatan yang diutamakan oleh para pebisnis apotek. Dalam melakukan pemasaran apotek bisa dengan memanfaatkan sosial media ataupun metode offline seperti menyebarkan brosur, atau memasang pamflet dan baliho.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa pembahasan terkait cara membangun bisnis apotek dari nol, bagaimana prospeknya serta tips yang bisa dilakukan agar bisnis semakin sukses. Dengan menerapkan semua hal diatas, maka bisa dipastikan bisnis bisa dilakukan dengan lancar. Satu tips tambahan adalah sabar ketika membuka usaha ini, karena tentu tidak ada yang instan dan semuanya membutuhkan proses.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.